Carilah Tuhan Selama Ia Berkenan Ditemui

SATE 29 October 2020 – **

 

Bacalah terlebih dahulu: Roma 8:10-11 Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

 

Jika manusia roh kita bergelora, maka tubuh kita seketika langsung merasakan dampaknya. Oleh karenanya, kembali lagi, membangun manusia roh merupakan bentuk pelatihan bagi tubuh kita sebagai dasar dari segala aktivitas agar tubuh kita dapat tetap maksimal melakukan kehendakNya. Bahkan saat gaya hidup ilahi terbangun, maka keberadaan kita akan menjadi tempat kediaman yang disukai oleh RohNya, dan kuasa maut tidak lagi berhak mengganggu tubuh kita.

 

*#1. Gaya hidup yang seperti apa yang harus terbangun dalam diri kita?*

 

Kita harus memiliki gairah terhadap firman. Gairah yang sama ketika kita  mengalami kasih yang mula-mula terhadap Tuhan dan mengalami lahir baru. Gairah ini harus terus dipertahankan sebagai minyak yang membuat roh kita menyala-nyala. Mengapa gadis-gadis bijak itu membawa persediaan minyak, sedangkan gadis-gadis bodoh tidak memilikinya? Mereka membeli minyak itu. Mereka mau bayar harga bukan untuk melakukan pekerjaan Tuhan (sebab Tuhan sudah membayar penuh bagi pekerjaan-Nya sendiri, sudah genap), tapi bayar harga untuk memperoleh firman itu.  Gadis-gadis bodoh sudah terdesak waktu, baru mau membelinya dengan terpaksa. Mereka gagal mencapai garis akhir, karena kehabisan waktu.

 

_*Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat! Yesaya 55:6*_

 

 

*#2. Perhatikan Roma 8:11, pemahaman apa yang bisa kamu tuliskan berkenaan dengan kebangkitan tubuh?*

 

Roh Kudus membangkitkan Yesus dari orang mati. Sekarang Roh Kudus diam di dalam kita, berarti TUBUH kita adalah bait Allah. Menurut Rom 8:11 KEBANGKITAN tubuh yang fana ini, tidak harus kita mengalami kematian dulu secara fisik. Tidak dikatakan kita dibangkitkan dari antara orang mati. Tapi Roh Kudus yang sama MENGHIDUPKAN juga TUBUH kita SEKARANG. Artinya, Roh Kudus memberdayakan dan memberikan kekuatan kepada TUBUH kita yang fana dari sekarang sampai seterusnya. Dengan demikian: roh, jiwa dan tubuh kita terpelihara sampai kedatangan Yesus Kristus.

 

_1 Tesalonika 5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita._

 

*#3. Bagaimana cara membangun manusia roh kita?*

 

_Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya. 1 Tawarikh 28:9_

 

Kita harus ikuti arahan dari bapa rohani dan sumber anugerah kita. Salomo mendapat nasehat paling penting dari Daud, yang menjadi sumber anugerahnya. Tidak ada jalan pintas, tapi lewat bergaul dengan firman dan bekerjasama dengan Roh Kudus saja kita dapat mengenal Allah; walau pun kita secara rohani adalah keturunan Abraham yang berhak menerima janji dan warisan.  Hanya ketika kita memposisikan diri dan mengkondisikan diri, maka kita akan menerima realita dan wujud dari berkat Abraham itu (Kej 12:1-3).

 

 

 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman