LAHIR BARU

 SATE 11 October 2020

 

Bacalah terlebih dahulu : Yesaya 11:1-2, Kejadian 1:26, 2:15-19

Ayat di atas adalah merupakan suatu nubuatan tentang keberadaan Yesus Sang Kristus. Dalam keberadaanNya ada termanifestasi 7 Roh Allah: Roh Tuhan sendiri, roh hikmat, roh pengertian, roh nasihat, roh keperkasaan, roh pengenalan akan Tuhan dan roh takut akan Tuhan. Di dalam hidup kita sebagai orang percaya, juga ada 7 Roh ini karena kita mewarisi Roh Kristus. Saat ke-7 Roh ini bertumbuh dalam hidup orang percaya, kepenuhan Kristus menjadi nyata dalam kehidupan sehari-hari orang percaya. Keberadaan dari Roh Tuhan di dalam hidup kita, sesungguhnya adalah merupakan wujud pemulihan yang terjadi melalui korban Kristus. Saat manusia pertama dijadikan serupa dan segambar dengan Tuhan sendiri, manusia memiliki Roh Tuhan dalam hidupnya, sehingga dapat berfungsi sama seperti Tuhan sendiri saat harus mengerjakan tugas dari Tuhan: memelihara dan mengusahakan Taman Eden, serta memberi nama kepada binatang-binatang. Tapi saat kejatuhan manusia pertama, Roh Tuhan meninggalkan manusia, dan baru dipulihkan saat manusia mengalami karya Roh Kudus yang disebut dengan lahir baru.

 

*#1.  Apakah terima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat disebut dengan lahir baru? Jelaskan!*

 

Menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat adalah keputusan yang dibuat oleh seseorang, bukan langsung  merupakan karya Roh Kudus, yang menyebabkan orang lahir baru. Orang itu harus merespon kepada firman dengan benar, sebab Roh Kudus menggunakan firman sebagai material untuk Dia dapat bekerja dan berkarya di dalam kita, termasuk untuk memproses kelahiran baru.  

 

Ketika kita merespon firman-Nya, berarti kita TELAH melihat Pembanding, yaitu pengharapan dalam firman-Nya dan dalam kehidupan Yesus dan menaruh percaya apa yang telah dilakukan-Nya bagi keselamatan kita dan menaruh percaya kita di dalam Dia. Kita mau mengakui-Nya, kita yang tadinya hidup dalam perbudakan dosa, kita bertobat dan dengan pengakuan dan tindakan kita. Kita membuat pengakuan  dan dibaptis dalam penderitaanNya di salib, kematian-Nya, dan kebangkitan-Nya.  Maka, Tuhan membebaskan kita dari perbudakan dan perhambaan kepada dosa dan maut, sebab kita dibawa oleh kuasa-Nya mengalami kematian manusia lama kita dan kemudian bangkit, diberikan kuasa kemenangan untuk mengalahkan dosa dan maut. Kita telah memenuhi syarat untuk melihat ke dalam Kerajaan Sorga dan mulai condong untuk mentaati firman-Nya, maka kita akan mengalami kelahiran baru.

 

Anak muda yang kaya dan cemerlang itu telah menerima dan mengakui Yesus dan pengajaran-Nya. Ia sengaja datang kepada Yesus dan mengakui Yesus sebagai Guru, tapi ia tidak mau mentaati apa yang Yesus katakan. Ia tidak dapat dilahirkan kembali (Mat 19:16-26).

 

Roh Kudus yang SUDAH dicurahkan 2000 tahun yang lalu akan DIKARUNIAKAN kepada semua orang yang  mentaati Dia (Kis 5:32). Jadi jika kita sudah memenuhi syarat, maka kita berhak menerima janji Bapa itu untuk menerima Roh Kudus.

_Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga._

 

*#2.  Mengapa kita harus mengalami “Lahir Baru”?*

 

Tanpa roh kita dilahirkan kembali, tidak mungkin kita dapat percaya kepada firman-Nya dan menerima kebenaran-Nya bagi pertumbuhan manusia roh atau manusia batiniah kita. Tanpa dilahirkan baru, kita tidak akan kemana-mana dan hanya berputar, tidak bertumbuh, tidak mengalami perjalanan rohani.

 

_1 Petrus 2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan_

 

Kepenuhan dan kesempurnaan iman kita pada AWAL PERTUMBUHAN hanya dari  firman Kristus yang murni yang diumpamakan sebagai air susu yang murni dan rohani. Penting sekali kita memperoleh air susu yang murni dan itu hanya kita peroleh dari  rumah rohani di mana ada seorang bapa rohani yang berfungsi sebagai sumber anugerah bagi kita, membuat iman kita tidak stagnan, tidak cebol dan tidak lamban, tapi terus maju dan bertumbuh ke arah pengenalan akan Kristus secara penuh (Ibr 5:12).

 

Beroleh keselamatan yang dimaksud Petrus adalah beroleh hidup yang kekal.  Dengan pertumbuhan manusia roh kita tidak mengandalkan lagi manusia jiwani kita, karena kita sudah menjadi manusia yang merdeka. Kita tidak lagi dibawah perhambaan dosa dan maut. Roh kita harus terbukti berkuasa atas jiwa kita, menguasai seluruh ‘tanah’ hati kita, termasuk pikiran dan kehendak; sehingga seluruh hidup dan gerak tubuh kita diselaraskan dan sepakat berjalan bersama dengan kehendak Tuhan.  Firman akan membebaskan kita dari kebodohan (pikiran sia-sia, imajinasi, khayalan, falsafah dunia, prinsip-prinsip dunia, aturan-aturan yang dibuat karena keangkuhan hidup manusia) dan dari melakukan perbuatan sia-sia (yang tidak patut, yang cemar, yang melelahkan badan, yang menjauhkan kita dari Tuhan) 2 Pet 2:20. Dan kita akan ber-JALAN dalam KEBENARAN dan HIDUP secara ilahi menurut cetakan-Nya (pola) Tuhan.

 

Roh Kudus adalah jaminan keselamatan dan seluruh penggenapan janji Tuhan dalam hidup kita.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman