Hidup Yang Berasal dan Dibangkitkan oleh Roh

 SATE 22 September 2020 – 

 

Bacalah terlebih dahulu: Galatia 5:18, Roma 8: 5, Kolose 3:1-4

Mengalami kepenuhan Roh adalah sebuah gaya hidup yang dapat dilatih dan terus dibangun dalam kehidupan kita sehari-hari. Saat kita memberi diri untuk terus dipimpin oleh Roh “be led of the Spirit” dalam bahasa Yunani Agō yang juga dapat diterjemahkan sebagai “dipimpin secara di tuntun, untuk membawa sampai ke titik tujuan seperti menuntun seekor binatang; di pimpin dengan cara di temani hingga tiba di tempat tujuan”. Mereka akan mengalami bagaimana Roh Kudus akan terus memakai suara hati nurani, impresi maupun imajinasi untuk membawa orang yang bersangkutan hidup dalam standar Ilahi. Walau nampaknya butuh waktu, tapi secara pasti, akan mulai terbangun suatu pola hidup yang Ilahi di dalam kehidupan kita sehari-hari. Selama kita terus men-setting pikiran kita untuk memikirkan hal-hal yang dari Roh, otomatis akan terus menikmati suatu level kepenuhan Roh dalam suatu skala tertentu dan terus bertumbuh didalam takaran kepenuhan Roh yang ada.

 

*#1. Apa yang dimaksud tidak hidup di bawah hukum taurat?*

Semua orang  yang berbuat dosa dan berada di bawah hukum Taurat dan DIHAKIMI hukum Taurat (Rom 12:2).

PRA-SYARATNYA:  Kita yang beriman di dalam Yesus TIDAK LAGI DIKUASAI OLEH DOSA, jadi TIDAK LAGI HIDUP DI BAWAH HUKUM TAURAT, melainkan di bawah kasih-karunia-Nya (Rom 6:14).  Jika orang memenuhi pra-syarat ini, KASIH-KARUNIA Bapa MENGALIR dalam hidup-Nya.

 

SYARAT-NYA: Menurut Galatia 5:18  kita harus MEMBERI DIRI DIPIMPIN OLEH ROH SUPAYA TIDAK HIDUP DI BAWAH HUKUM TAURAT.

Akan tetapi JIKALAU kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. (Gal 5:18)

 

*#2. Apa perbedaan hidup menurut daging dan hidup menurut roh?*

 

Daging kita memiliki keinginan. Roh yang sudah dilahirkan baru harus memiliki keinginan yang lebih kuat, sehingga mempengaruhi JIWA (pikiran, perasaan) dan KEHENDAK kita.  Oleh karena itu, Roh kita harus diberi asupan mulai dari susu yang murni sampai dengan makanan yang keras, supaya manusia roh kita bertumbuh dalam kedewasaan iman; yaitu PENGETAHUAN Firman dan PENGENALAN akan Tuhan.

Orang  yang hidup oleh roh, semua berasal dari pimpinan Roh yang menghidupkan dan mengalir bersama kasih-karunia Bapa. Orang yang  hidup dipimpin oleh daging, dikuasai oleh daging, sehingga ia kembali dalam kehidupan manusia lama dan kembali dikuasai oleh dosa, seperti terjadi pada Yudas. Orang demikian tidak akan ditolong oleh Tuhan, karena sudah tidak memenuhi hukum kerja Tuhan, kasih-karunia Bapa terhenti mengalir. Sebaliknya iblislah yang menjadi bapanya, karena ia sudah memenuhi syarat hukum kerja iblis.

 

*#3. Apa yang bisa membuktikan bahwa kamu tidak lagi hidup secara daging?*

 

Ketika kita tidak lagi hidup secara daging kita selalu mengalami kemenangan demi kemenangan, hidup dalam kebenaran, damai sejahtera dan sukacita. Pikiran kita dan perasaan kita tidak lagi dipengaruhi oleh hal-hal yang berasal dari daging, tapi mempunyai hasrat untuk hal-hal yang berasal dari roh. Itu seperti denyut (pulse) ilahi atau kehidupan di dalam kita yang dibangkitkan oleh Roh; yang terus menyuplai energi bagi seluruh anatomi tubuh manusia kita.  Kuasa Firman diteruskan oleh roh itu telah merubah pikiran kita, cara pandang kita, mengubah hidup kita, tujuan arti hidup ini dan cara hidup kita. Seluruh anatomi tubuh kita akan diselaraskan oleh kehidupan dari dalam roh kita.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman