KAPASITAS ROH

Kapasitas Hidup Kita Untuk Tujuan Ilahi

Sulit bagi Zakaria untuk memahami apa yang menjadi bagiannya dan apa yang menjadi bagian Tuhan. Tidak mudah kita mengerti jika kita melakukannya secara daging. Perlu sesuatu yang ilahi juga untuk mengerti dan menyampaikan apa yang Tuhan kehendaki darinya.


Ps. Ir. Djonny Tambunan              13Des15

 

 (Zec 4:2)  Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil, dari emas seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.

(Zec 4:3)  Dan pohon zaitun ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."

(Zec 4:4)  Lalu berbicaralah aku, kataku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"

(Zec 4:5)  Maka berbicaralah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"

(Zec 4:6)  Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

Babel menguasai dan menahan banyak orang Israel. Raja pada masa itu Yoyakim dan firman Tuhan tidak ada lagi keturunannya yang akan menjadi raja. Baru kemudian Yesus menjadi Raja.
Zerubabel diminta Tuhan untuk membangun kembali bait Suci. Kadang-kadang kita tidak mengerti. Ada banyak firman di Alkitab, tapi kita sering salah interpretasi apa yang dimaksudkan firman itu sendiri. Tuhan memberikan rumus di ay6. Kita tidak bisa memakai kekuatan kita dan ilmu pengetahuan atau pengalaman orang, pengalaman kita dst. Tapi hanya dengan Roh Tuhan yang akan membawa kita:
1.       Memahami firman / perkataanNya
2.       Malaksanakannya
Kesimpulan: Roh Tuhan akan membangkitkan di dalam hidup kita KAPASITAS ILAHI yang melebihi diri kita.
Itu sebabnya kita perlu Roh Tuhan. Ketika Roh Tuhan turun atas seseorang; apa pun yang Tuhan katakan itu melebih kemampuan manusianya dia. Tapi karena ada Roh Tuhan itu memampukan kita.
Roh Tuhan melayang-layang di atas permukaan air. Ada harapan baru. Kemudian datanglah Firman Tuhan. Apa yang terjadi kemudian? Kegelapan diakhiri. Itu yang menjadi seperti Firman katakan. Jangan katakan kau tidak mampu, itu akan menutup kapasitas ilahi yang Tuhan hendak berikan. Daud sendiri hanya seorang gembala yang hanya sedikit sekali domba-dombanya, tapi dia bisa menyatukan 12 suku dalam pemerintahannya.
Bagaimana kapasitas ilahi itu muncul dan termanifestasi dalam diri kita?
1.       Firman mendatangi hidup kita dan kita harus mendengarnya dan meresponnya.
Kis 19:1-12
Itu adalah mengenai kota Efesus yang ada di Asia dan berbatasan dengan Eropa. Efesus adalah kota wisata dan kota perdagangan. Juga ada pemujaan dewi Artemis di sana. Mereka melakukan penyembahan di sana mencari berkat. Semua bisnis, perekonomian dan kehidupan sangat maju di sana. Kelihatan mereka baik-baik. Tapi jangan tertipu oleh apa yang kau lihat. Semua tatanan bisnis di dunia ini banyak dioperasikan oleh roh-roh dunia dan roh-roh jahat. Kadangkala roh-roh dunia itu ada dalam hidup kita: keakuan dan karakter yang buruk. Sulit ditemukan pedagang yang jujur. Itu juga yang terjadi di kota Efesus. Ada seorang rasul yang bernama Apolos pernah mampir di sana. Pada bagian kita lain, Apolos justru diupgrade dan diupdate oleh Akwila dan Priskila. Paulus berjumpa dengan 12 orang murid dan sekumpulan orang Kristen buah pelayanan Apolos. Paulus merasakan ada sesuatu yang tidak beres dan merasakan ada kekuatan lain. Banyak saya rasakan di gereja-gereja roh-roh jahat dan roh-roh dunia yang beroperasi.  Apa pun roh-roh itu namanya setan. Keadaan kota itu tidak begitu merisaukan Paulus tapi mengapa ada gereja di mana roh-roh itu beroperasi juga dan tidak enyah.
Maz 127: Kalo bukan Tuhan yang membangun sia-sia orang yang membangun. Sia-sia orang mengawal rumah kalo bukan Tuhan yang mengawalnya.
Rasul Paulus bertanya mengenai Roh Kudus; apakah mereka sudah menerima Roh Kudus?
Tanpa Roh Kudus kau tidak bisa menghardik roh jahat. Banyak orang Kristen lahir dan mati tanpa pernah menerima kapasitas ilahi. Jangan seperti itu. Dengan kapasitas Tuhan memberikan kemampuan menggenapkan firman.

Baptisan artinya: Hidupmu ditenggelamkan ke dalam ajaran/doktrin kehidupan yang akan membangkitkan keyakinan untuk mengikuti dan melaksanakannya.

Mereka dibaptis oleh baptisan Yohanes dan itu artinya mereka hanya mampu melaksanakan apa yang diajarkan oleh Yohanes dalam mempersiapkan jalan kedatangan Yesus.
Mereka harus diupgrade dan diupdate.

Yohanes tidak pernah mengajarkan Roh Kudus, tapi Yesus.

(Act 19:2)  Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."

Mereka harus bisa mendengar dan menerimanya, lalu mewujudkannya.

Mereka kemudian meminta dan Paulus membaptis mereka dalam nama Yesus sehingga mereka menerima Roh Kudus (ay5).

(Act 19:5)  Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Hati terdiri dari roh dan jiwa.

(Act 2:14)  Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.

Pekerjaan Roh Kudus dimulai dan orang-orang merespon perkataan Petrus sebab firmannya datang dari Roh Kudus.

(Act 2:37)  Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?"

Bertobat artinya mengambil jalan yang lain. Sesuatu harus terjadi dalam hidupmu. Bertobat bukan hanya berteriak dan menangis.

(Act 2:38)  Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

(Act 2:39)  Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."

Firman tetap berlaku, karena kau terpanggil sebanyak yang dipanggil Tuhan (ay39).

(Act 2:40)  Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini."

Inilah pertobatan sejati.

Mereka membutuhkan dibaptis dalam nama Yesus untuk dapat mengikuti semua ajaran Yesus menjadi jalan buat hidup mereka. Jangan seperti kebanyakan orang yang mengalami kemalangan baru mencari Tuhan. Ketika mereka sudah tepar dan terkapar mereka mencari Tuhan.

Jadi pertama kau harus mendengar perkataan Tuhan yang merupakan kebenaran masa sekarang sehingga untuk mengupgrade dan mengupdate saudara.

2.      Roh Tuhan harus hadir pada diri kita.
 (Act 19:6)  Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Inilah dampak dari kemampuan pertama yang mereka terima. Pertama mereka bisa memasuki alam roh, bisa berinteraksi dengan Roh dengan bahasa Roh. Inilah yang dinamakan roaming atau menjelajah di alam roh. Kedua, kau harus bisa bernubuat atau memiliki kemampuan untuk melihat masa yang akan datang.  Kita harus bisa melalui Roh Kudus melihat penggenapan firman di masa yang akan datang.

(Act 19:7)  Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.
(Act 19:8)  Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah.

Paulus tidak pernah mengajarkan hal-hal masa lampau, tapi dia ajarkan tentang Kerajaan Allah dan masa yang akan datang.

3.      Kapasitas ilahi saudara akan maksimal terjadi hanya apabila saudara diupdate dan diupgrade di dalam rumah rohani.

(Act 19:9)  Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus.

Diambil 12 orang ini. Mereka dipisahkan dan diajarkan mengenai Kerajaan Allah selama 2 tahun lamanya.
(Act 19:10)  Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.

Yang terjadi kemudian adalah mereka mengalami update dan upgrade di rumah rohani.

4.       Kita akan mencapai/menggunakan potensi maksimum kita dengan mengerjakan tujuan-tujuan Tuhan.

(Act 19:11)  Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa,

(Act 19:12)  bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Di Efesus banyak orang sakit. Tujuan Tuhan mulai tercapai dan pekerjaan roh-roh jahat disingkirkan dan dihentikan.
Tujuan-tujuan Tuhan:
1.       roh-roh jahat disingkirkan dan dihentikan.
2.       Firman Tuhan tersebar dengan cepat. Ini karena orang-orang dari seluruh dunia mendatangi kota Efesus untuk pemujaan dan perniagaan. Itu adalah power of influence dan power of inspiration yang bekerja dalam diri mereka. Itulah kekuatan yang mengubahkan (power to change).
3.       Mengubah kota (Kis 19:13-40).
Oleh karena pekerjaan Tuhan di Efesus: semua kekuatan roh jahat termanifestasi, karena bisnis pemujaan merosot. Buku-buku dibakar. Paulus tidak bisa dihentikan.
4.       Terbangunnya gereja Tuhan di Efesus sebagai salah satu basis apostolic terkuat di Asia.
Kis 20:17-38. Kita membangun bukan secara lahiriah tapi secara rasuli sehingga potensi ilahi tercapai secara maksimum.

5.       Jika kita hidup dalam potensi ilahi yang maksimum, maka kita akan tau bagaimana membangun gereja yang sebenarnya dan mewujudkan rencana Tuhan selanjutnya serta menjadikan kehidupan sebagai poros aktivitas ilahi Tuhan di muka bumi ini. Dan tidak bergantung kepada kemampuan para Rasul. Kis 20:1

(Act 20:1)  Setelah reda keributan itu, Paulus memanggil murid-murid dan menguatkan hati mereka. Dan sesudah minta diri, ia berangkat ke Makedonia.

Gereja Efesus menjadi salah satu gereja terkuat, menjadi poros aktivitas ilahi Tuhan. Dengan 12 orang bisa menjungkir-balikan kekuatan roh-roh dunia. Oleh sebab itu tidak cukup dengan doa, tapi hiduplah dalam kapasitas ilahi yang maksimum. Kita harus upgrade-upgrade dan tidak perlu mengusir roh-roh jahat, sebab mereka otomatis akan menyingkir dari kota oleh karena adanya aktivitas ilahi di kota ini.

Mula pertama adalah firman dan Roh Kudus, menjadi paket, menjadi perwujudan aktivitas ilahi.
Ini bisa dilakukan (doable) dan pasti bisa dilakukan.


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman