LIVING IN JOY


Hidup Dalam Sukacita Sorgawi
sermon by Ps. Dr.  Jonathan David

Bapa kami yang di sorga
Dikuduskanlah namaMu

Kita yang ada di bumi harus melakukan apa yang menyenangkan hatiNya. Hidup kita hanya sekali. Apa pun yang kita lakukan di bangsa-bangsa kita mau namaNya ditinggikan. Semua yang kita lakukan adalah untuk memuliakan namaNya. Kalau kita menghormati namaNya dan melakukannya dalam nama Yesus dan melayani dalam nama Yesus, maka Kerajaan Tuhan akan datang.

Dikuduskanlah namaMu.
KerajaanMu datang
KehendakMu terjadi di bumi

Kalau kamu tidak melakukan dalam namaNya (renungkan apa penjabaran hal ini), kerajaanNya tidak bisa termanifestasi. Kalau kita tidak melakukan dalam namaNya, kita tidak bisa merepresentasikanNya.  Buat keputusan (bukan untuk didoakan) untuk memuliakan namaNya. Kalau kita memberi, kita memberi untuk memuliakan namaNya. Itu hadiah terbesar kita dan hak tertinggi kita, untuk melakukan apa yang Dia kehendaki dan melakukannya dalam namaNya supaya KerajaanNya datang.

Tahun ini adalah tahun yang spesial, sebab KerajaanNya akan datang; kehendakNya akan terjadi. Putuskan untuk melakukan kehendakNya dan melayani tujuanNya. Saat Dia datang, Dia ingin pekerjaanNya sudah selesai. Siapkan hati kita (kuatkan dan teguhkan hatimu), karena ada banyak tantangan di depan. Dan kita harus melaluinya. Jadi tetaplah bersama-sama. Berdirilah bersama-sama. Memiliki tujuan yang sama, melakukan hal yang sama. Bukan satu melawan yang lain.

Bapa, namaMu ditinggikan dalam setiap aspek hidup kami. NamaMu akan dikenal dari cara hidup kami. Dari cara kami melayani. kehendakMu jadi di bumi seperti di sorga. Berikan kami karunia supranatural untuk melakukan apa yang menjadi panggilanMu.

Terkadang kamu tidak bisa melihat semuanya, tetapi sedikit demi sedikit Engkau menunjukkan apa yang harus kami lakukan. Menunjukkan dan juga membesarkan hati kami (ini penting seperti Tuhan membesarkan hati Yosua dan Gideon), sehingga kami bisa tinggal bersamaMu. Dan terus maju dari satu level ke level selanjutnya. Dari satu dimensi kepada dimensi lainnya. Kami bersyukur kepadaMu.

Bagi kami menjamah Tuhan adalah gairah kami dan mengubah hidup adalah prioritas kami. Terimakasih kami bisa membangun keluarga, membangkitkan pemimpin-pemimpin, melayani komunitas, mengejar tujuan. Menjadi model dalam dunia pendidikan, karena Engkaulah Guru yang mulia, Sang Penasehat. Engkau Pemandu kami. Jadi kami percaya ini adalah tahun yang spesial. Bahwa KerajaanMu akan datang melalui hidup kami (bukan turun dari awang-awang seperti yang kita imajinasikan selama ini), melalui bisnis kami, melalui bakat dan kemampuan kami; supaya apa yang kami lakukan bisa kuat (berarti/berpengaruh/berdampak power to influence).

Saya berharap kamu tidak menganggap enteng/remeh, karena kau melayani Sang Raja. Dialah alasan utama kita hidup/ada. Untuk namaNya, untuk KerajaanNya, untuk tujuanNya sehingga tidak ada lagi yang kita inginkan dalam hidup kita. Tidak ada lagi yang kita tinggikan, sehingga  pada akhirnya namaNya akan ditinggikan, dipermuliakan.
(inilah sikap yang benar yang Tuhan inginkan)

Saya ingatkan kembali apa yang sudah kita pelajari.

Roma 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.  

Makan dan minum adalah hal yang  biasa di dunia. Di pemakaman orang makan, di pernikahan orang makan. Pada berbagai keadaan mereka makan. sarapan pagi. pergi bekerja dan makan siang. Pulang kerja makan lagi, bahkan sebagian masih makan malam lagi. Inilah cara orang hidup. Makan adalah aktivitas yang biasa dalam kehidupan.

Kebenaran, damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus adalah karakteristik paling kecil, paling sederhana dalam KerajaanNya. Jika kau dalam KerajaanNya, kau mengerjakan kebenaran, hidup dalam damai dan kamu punya sukacita dalam Roh Kudus.

Ini adalah hal yang wajar dan sangat biasa, merupakan karakteristik dan ciri dari orang-orang dalam Kerajaan. (inilah alasan/motivasi utama sehingga harus menjadi passion kita dan juga prioritas kita, menyadari bahwa  standar kerajaan ini bukan hanya buat kita, tapi bisa berdampak/mengubahkan hidup orang lain; sebab banyak saksi mengelilingi hidup kita) .

Alkitab mengatakan carilah dahulu Kerajaan Allah dan seluruh kebenaranNya dan semuanya akan ditambahkan kepadamu. Tuhan tidak akan menambahkan apapun dalam hidup kita kecuali fondasi kita benar. Tuhan tidak akan memberikan kerajaan yang tidak tergoyahkan kepada kerajaan yang dapat digoyahkan.  (patut disyukuri apa pun tantangan kita hari ini dan ke depan; bahwa tiap-tiap ujian akan mendatangkan kebaikan buat kita. Dan ujian-ujian itu pun adalah kasih karunia Tuhan buat hidup kita supaya kita menjadi milikNya yang tidak tergoyahkan untuk mewarisi kerajaanNya. Aku tau apa artinya berkekurangan dan apa artinya berkelimpahan. Segala perkara dapat kutanggung dalam Dia yang memberikanku kekuatan!).

Ibrani 12:28 Kita menerima Kerajaan yang tidak tergoyahkan.

Yang Tuhan lakukan adalah menggoncangkan apa yang dapat digoncangkan. Tapi apa yang tidak dapat digoyahkan? KerajaanNya. Sorga dan bumi bisa digoncangkan. Pekerjaanmu, kesehatanmu, kualitas hidupmu, kekuatanmu semua bisa digoncangkan. Tapi Tuhan  memberikan kepada kita kerajaan yang tidak bisa digoncangkan. Jikalau Tuhan akan memberikan Kerajaan yang tidak bisa digoncangkan, itu akan digabungkan dengan apa yang tidak bisa digoncangkan.

Saya tekankan sekali lagi. Tuhan memberikan kita kerajaan. Dia mau memastikan kita memegang kerajaan yang tidak bisa tergoncangkan. Itu seperti besi dan tanah liat tidak bisa dipersatukan bersama. Saat batu itu mengenainya, patung itu hancur menjadi bubuk.

Hidupmu harus kuat sehingga Tuhan bisa menambahkannya. Tapi kalau hidup kita lemah Tuhan tidak bisa menambahkan apa pun. SuaraNya akan menggoncangkan sorga. Menggoncang bumi. Menggoncangkan apa pun yang bisa digoncangkan, sehingga hidup kita tetap kuat. Jadi kepada yang tetap kuatlah dan yang kepada tetap percaya Tuhan akan memberikan kerajaanNya. Cari dahulu kerajaanNya, menemukan kerajaanNya, mewarisi kerajaanNya dan semuanya akan ditambahkan. Seperti sorga terjadi di bumi. Seperti di sorga, akan terjadi juga di bumi. Jadi itu yang menjadi ingatanmu mengenai pelajaran minggu-minggu yang lalu.

Sukacita dalam Roh Kudus bukan berarti tertawa setiap waktu.  Bukan berarti kamu bercanda sepanjang waktu. Apa itu sukacita dalam Roh Kudus?  Saya akan menunjukkan model bagi gaya hidup kita. Hal pertama hal yang kita bicarakan adalah untuk dilahirkan kembali kedalam kerajaan. Kita harus dilahirkan kembali, bukan kedunia ini tapi pada kerajaanNya. Jika kita di dalhirkan didalam kerajaan berarti kita penduduk kerajaanNya. 

Tuhan memberi kita hak untuk melihat. Saat Tuhan berbicara dengan kita bukan hanya tentang keselamatan ini lebih dari itu. Dia mau kita mewarisi kerajaanNya. Ketika kamu lahir sebagai bayi, kamu membuat permintaan. Kamu ingin susu, kamu ingin mengganti popokmu, membuat keributan, sehingga kamu yang mendikte orang disekitarmu.dan Tuhan sangat baik memberikan semua yang kamu butuhkan. Tapi kamu tidak lahir untuk hal itu kebutuhan memang harus dipenuhi tapi kita harus bertumbuh.

Jika kamu sudah bertumbuh, kamu juga akan mengetahui bagaimana cara memenuhi kebutuhanmu sendiri. Kamu tidak butuh yang lain. Contoh saya berumur 55tahun, 55 tahun itu masih muda tapi satu tahun akhir ini saya tidak dapat menggunakan baju saya sendiri, tidak dapat mengganti baju sendiri, itu merupakan hal yang tersulit dalam hidup saya. Kamu tidak dapat memenuhi kebutuhanmu sendiri kamu akan begantung pada yang lain. Mom harus mengurus hidupnya sendiri, dan dia juga harus mengurus hidup saya. Jadi saya harus menunggu sampai urusannya selesai, lalu dia mengganti baju saya dan membersihkan saya. Itu bukan hal yang mudah, kamu dewasa tapi kamu tak menggosok gigimu sendiri, itu tidak mudah.

Jika kamu tidak dapat memenuhi kebutuhanmu sendiri akan sangat membuat frustasi. Kamu tidak dapat menggunakan sepatu, bahkan kamu tidak dapat menggunakan kaos kaki, akan sebuah kebanggaan bila kamu dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Jika kamu tidak dapat memenuhi kebutuhanmu sendiri, maka kamu akan bergantung pada orang. Hidupmu tertinggal dan tak bergerak maju. Itulah mengapa orang kristen tau cara memenuhi kebutuhannya rasanya wow…saya berdoa dan dapat melakukan terobosan. Saya berpuasa sehingga saya dapat menjamah Tuhan. Saya berdoa dan situasi di sekeliling saya berobah. Kamu merasa baik dan kuat, karena kamu dapat melakukannya sendiri. Itulah mengapa ketika kita lahir baru kita harus melihat bahwa Tuhan menginginkan kita untuk hidup melebihi kebutuhan kita saja.

Kita tidak gembira setiap saat. Kita tidak kuat setiap waktu, tapi kita harus bangkit. Kamu harus melakukan terobosan dan terobosan sehingga kamu memiliki martabat. Saya orang Kristen dan melakukan hal yang benar. Jadi jika kamu lahir di dalam Kerajaan, Tuhan memberikan kita peluang untuk melihat KerajaanNya. Kehidupan kita akan menjadi seperti apa dan bagaimana kita akan menjadi lebih baik. Kita harus merindukan kehidupan seperti itu. Bukan hidup yang selalu bergantung. Kita datang ke gereja untuk diperlengkapi sehingga kita menjadi lebih kuat. Bukan tergantung pada gereja, karena semua orang punya kebutuhannya masing-masing.

Jika kamu dapat memenuhi kebutuhanmu, kamu akan mempunyai perasaan yang lebih baik. Kamu akan percaya diri. Jika Tuhan dapat lakukan pada diriku, maka Dia juga dapat melakukannya ke orang lain. Jadi kamu melakukan terobosan dan mengajarkan pada yang lain. Kamu dapat menyemangati yang lain. Jika kamu tidak pernah melakukan terobosan, maka kamu tidak dapat memberitahu siapa pun, karena kamu saja tidak dapat melakukannya. Tapi jika kamu menang dan melakukannya dengan baik, maka akan ada keleluasaan dalam hidupmu. Jauh dari orang-orang biasa. Itulah mengapa Tuhan tidak menginginkan kita hanya untuk dilahirkan saja. Dia ingin kita bertumbuh dan menjadi dewasa.

Proses ini sangat penting.  Lahir dalam Kerajaan. Melihat Kerajaan. Masuk ke dalam Kerajaan. Dibersihkan dalam Kerajaan. Memenuhi syarat di dalam Kerajaan. Dengan demikian kau bisa mewarisi Kerajaan. Dan jika kamu sudah mewarisi Kerajaan semua karakteristik Kerajaan akan mulai dibentuk dalam hidupmu.

Jika kamu bukan bagian dari Kerajaan, maka kebenaran juga bukan bagian dari dirimu. Kamu tidak akan berpikir benar. Kamu memperlakukan orang seperti orang jahat. Ini salah satu yang tidak saya sukai dari orang Kristen. Orang gereja, bukan kamu. Mereka membuka mulut mereka terlalu cepat. Jika ada hal yang dia tidak mengerti, dia serang itu. Kita tidak tahu secara tidak langsung kau menyerang orangnya.

Contohnya perluasan yang terjadi di sebelah. Kami merindukan Tuhan membawa anak-anak muda bersama kita. Ayah dan anak-anaknya bersama. Jadi kita membuat tempat ini agar hal itu terjadi. Tetapi karena kamu tidak suka main basket, tidak suka main badminton dan hanya suka main video game, maka kamu berkata “Untuk apa membangun lapangan basket?” Hanya membuang uang untuk sebuah lapangan kosong. Dengan alasan itu kamu menarik dirimu keluar daripada bekerja bersama-sama. Bahkan jika kau tidak main basket, setidaknya kamu senang melihat orang bermain basket; daripada menentang hal itu. Kamu dapat melihat orang lain diberkati.

Membangun sekolah untuk apa? Karena kamu tidak punya anak. Kamu tidak tau perjuangan para orangtua. Mereka mengirimkan anak-anaknya ke sekolah, padahal tau itu tidak ada gunanya. Guru-gurunya buruk. Anakmu tidak dapat belajar dengan baik. Dan kamu sudah banyak mengeluarkan uang untuk menggaji mereka. Jadi ketika papa membangun sekolah, kamu menarik dirimu keluar. Dengan demikian, kamu secara tidak langsung menyerang itu. Jika kamu adalah bagiannya, kamu akan melindunginya. Itulah mengapa saya katakan, kamu harus dapat menerimanya di dalam hatimu. Mungkin kamu tidak bermain basket, tapi cucumu atau orang lain yang bermain basket. Kamu tidak perlu menyukainya.

Kamu tidak perlu menyukai segala hal yang kita lakukan. Kami tidak memaksa orang-orang untuk pergi ke sekolah minggu dan ke lapangan basket. Ini dilakukan untuk membawa semua orang berkumpul bersama.

Mari kita ke Church Camp. Mengapa menghabiskan banyak uang untuk menginap di hotel? Mengapa tidak di sini saja? Hei, jangan jadi orang yang suka membantah. Jangan membuat konflik tambahan (yang tidak perlu). Jika ada hal yang baik yang dapat orang lain terima, biarlah hatimu juga ada di sana.

Maka jika mewarisi Kerajaan,  maka kamu akan berpikir tentang kebenaran. Kamu akan berpikir damai dan sukacita. Itulah kehidupan kerajaan.  Detak jantung dari Kerajaan adalah kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Jika kamu tidak berpikir kebenaran, maka kamu akan berpikir semua hal dengan cara yang jahat. Hal yang pertama kamu lakukan adalah membuka mulut dan menyerah orang. Kebenaran tidak ada di dalam hatimu. Kamu tidak peduli perasaan orang lain. Kamu mengatakan apa yang kamu mau katakan dan melakukan apa yang kamu suka. Selalu membuat konflik. Kamu tidak mempunyai Kerajaan di dalam hatimu.

Orang-orang yang mempunyai kerajaan akan berpikir benar. Bertindak dengan benar. Bertindak dengan baik. Kebenaran adalah hal yang indah. Orang benar itu bersih di dalam pikiran mereka, di dalam emosi mereka, di dalam tindakan mereka. Orang benar tidak akan merubah hukum. Jika kamu orang benar dan kamu berbicara dengan orang, maka mereka akan menyesuaikan hidup mereka dengan hidupmu. Tetapi jika kamu jahat, tidak ada yang mau belajar dari hidupmu. Jika kamu benar,mereka akan menarik diri dari dosa. Itulah mengapa ketika orang bertemu dengan Yesus; Dia berkata: “Enyahlah daripadaKu kamu sekalian pembuat kejahatan!” Karena jika terang itu sudah datang, kegelapan itu akan menyingkir. Itulah mengapa kita membicarakan tentang menghidupi dan menunjukkan kehidupan Kerajaan ini.

Terdapat tiga bahan dasar di dalam hidupmu, jika kau sudah mewarisi Kerajaan: Kebenaran, damai dan sukacita dalam Roh Kudus. Jadi kali ini kita akan membahas aspek yang ketiga.

Jika kamu ingin melihat dan memeriksa apakah kamu mempunyai bahan dasar ini. Jika seseorang sedang berbaring maka dia diam saja dan tidak banyak bergerak, maka dokter datang untuk memeriksa. Pertama-tama cek detak jantungnya. Jika tidak ada detak jantung, maka suntikan apa pun tidak ada gunanya. Jadi jika saya memeriksa detak jantungmu, harus ada kebenaran, damai dan sukacita. Maka saya akan menerima bahwa kamu ada di dalam Kerajaan.

Di dalam KerajaanNya ada kebenaran, damai dan sukacita. Maka dari itu, carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Cari dan taruhlah kebenaran. Cari dan taruhlah damai dan sukacita dalam hidupmu. Sehingga kamu menjadi bagian dari Kerajaan yang tidak tergoncangkan. Semua aspek di dalam kehidupanmu akan tunduk. Semua konflik dalam kehidupanmu akan berakhir. Keadaan hidupmu akan berobah. Semua situasi akan tunduk. Lingkungan pekerjaan akan berobah. Semua hal di dalam hidupmu akan tunduk. Karena jika KerajaanNya sudah datang, maka KerajaanNya akan menelan kerajaan yang lain. Sehingga hidupmu akan lebih baik.

Jika kamu mencari KerajaanNya kamu ada di tempat yang pertama. Jadi bukan kamu pun jadi yang pertama, tidak akan jadi yang terakhir. Jika kamu menempatkan Tuhan di tempat pertama, kamu tidak akan menjadi yang terakhir. Karena Tuhan akan membawamu menerobos. Dia yang akan membawamu. Dia tidak akan membuatmu dipermalukan. Jika kamu mempercayai Dia, Dia tidak akan membuatmu malu.  

Kerajaan dunia ini mulai bergerak. Keadaan keuangan di dunia ini juga ikut bergerak. Emosi yang panas juga ikut bergerak. Tapi Tuhan ingin memastikan kamu tetap kuat. Karena kamu tidak dapat melakukan apa-apa terhadap dunia luar sana. Tapi kamu dapat melakukan sesuatu terhadap duniamu. Pastikan di duniamu ada kebenaran, damai dan sukacita.

Di luar sana dunia yang membingungkan. Dunia yang sudah diserang para musuh. Dunia yang sudah dipengaruhi oleh orang-orang jahat. Tapi kita mempunyai Kerajaan yang tidak tergoncangkan. Yang akan menelan kerajaan yang lain. Kita dapat mempengaruhi yang lain karena kita berasal dari Kerajaan yang lebih tinggi.

Orang-orang di luar sana yang menyebut dirinya politisi tidak mempunyai jawaban. Mereka melihat satu sama lain. Mereka memberikan seseorang masa jabatan selama 5 tahun. Dan orang tersebut mengecewakan banyak orang. Jadi orang-orang mencalonkan kandidat baru. Berharap kandidat ini lebih baik. Tapi kandidat ini 2 x lebih buruk dari yang sebelumnya.  Pada pemilihan berikutnya mereka mencalonkan kandidat baru. Dunia ini berharap ada orang yang bangkit  dan melakukan sesuatu yang lebih baik. Mengapa mereka tidak dapat berlaku baik? Karena mereka tidak memiliki bahan dasarnya. Mengapa kamu dapat melakukan hal yang baik?  Karena kamu mempunyai kerajaan yang tidak tergoncangkan. Kamu mempunyai kebenaran, damai dan sukacita, sehingga kamu dapat melakukan sesuatu untuk mengubah dunia. Dunia ini dapat runtuh. Semua hal dapat runtuh. Jadi kita dapat menjadi jawaban.

Itulah sebabnya ketika kamu dilahirkan baru, Tuhan memberikanmu kesempatan. Apakah kamu mempunyai hidup yang berkelimpahan? Kamu menginginkan hidup di level yang  berikutnya?  

Orang-orang Kristen itu kurang percaya diri. Jika kamu melihat orang non-Kristen mereka berbicara dengan sangat tegas. Orang-orang Kristen punya Tuhan. Mereka punya Alkitab, punya Roh Kudus, mereka punya partner yang baik juga, tapi tidak bisa tegas juga. Mereka (orang dunia) hanya punya otak yang sangat kecil tapi bicara dengan sangat keras. Mereka ada di parlemen. Mereka menang dalam Pemilu. Ketika bangsa terus-menerus dipimpin oleh orang yang tidak benar, inilah waktunya bagi orang-orang benar bangkit. Dan mengubahkan lingkungan ini, jangan kabur.

Jadi Tuhan menawarkan. Lahir di KerajaanKu, masuk ke dalam KerajaanKu, dibersihkan dalam KerajaanKu,  mulai warisi KerajaanKu. Dan Aku berikan kuasa untuk mengubahkan dunia.


Ketika kamu menerima Roh Kudus,  maka kamu telah menerima kekuatan dari gunung yang tinggi, sehingga kamu menjadi saksi bagi dunia. Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan sebagai kesaksian bagi seluruh dunia. Dan bagian akhirnya akan datang. Kapan bagian akhirnya itu datang? Kapan akhir dari masa ini? Ketika Injil Kerajaan ini diberitakan sebagai sebuah kesaksian, sebagai seorang saksi, maka tirai itu sudah menuju akhir. Tirai itu akan terbuka, padahal dulunya  tertutup. Mengapa? Karena Tuhan sudah menemukan orang yang dapat membuat hal itu terjadi.  

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman