KITAB WAHYU sebagai KUNCI SPIRITUAL

PENJELASAN KITAB WAHYU
Kita belajar dalam bagian ini bahwa Kitab Wahyu adalah "Wahyu Yesus Kristus". Buku ini mengungkapkan tentang Yesus Kristus LEBIH DARI dari buku lain dalam Alkitab. (Luangkan waktu untuk mencari setiap referensi tersebut dalam Kitab Wahyu.)




Yesus digambarkan sebagai:
  • Yesus Kristus : 1 v.1
  • Saksi yang Setia: 1 v.5
  • Yang Pertama bangkit dari antara orang mati: 1 v.5
  • Yang berkuasa atas raja-raja bumi: 1 v.5
  • Alpha dan Omega: 1 ayat 8
  • Anak manusia: 1 ayat 13
  • Yang Awal dan yang Akhir dan Yang Hidup: 1 ayat 17
  • Penjaga kunci maut dan  kematian (kerajaan maut): 1 ayat 18
  • Anak Allah: 2 v 18
  • Yang Kudus dan Yang Benar, Penjaga kunci Daud 3 ayat 7
  • Singa Yehuda: 5 v.5
  • Tunas Daud: 5 v.5
  • Anak Domba yang telah Disembelih: 5 v.6
  • Anak Domba yang murka: 6 v.16-17
  • Anak domba yang lembut: 7 ayat 17
  • Tuhan kami: 11 ayat 8
  • Raja orang-orang kudus: 15 v.3
  • Yang Setia dan benar: 19 v.11
  • Firman Allah: 19 ayat 13
  • Raja segala raja: 19 ay.16
  • Tuhan segala tuhan: 19 ay.16
  • Yang Awal dan yang akhir : 22 ayat 13
  • Bintang pagi yang cerah: 22 ay.16

Kunci untuk memahami Kitab Wahyu adalah untuk menyadari bahwa itu adalah wahyu tentang Yesus Kristus.

Wahyu 19 v.10 menyatakan, "karena kesaksian Yesus adalah roh nubuat."
Ini adalah KUNCI SPIRITUAL yang luar biasa untuk memahami nubuatan, dan seluruh Firman Allah, dan Firman yang Hidup, Yesus Kristus.

KITAB WAHYU ini TIDAK HANYA SEBAGAI KUNCI UNTUK NUBUATAN, ini juga adalah KUNCI UNTUK MEMAHAMI DAN MENAFSIRKAN SELURUH FIRMAN TUHAN.  Dimulai dengan Musa dan para nabi Perjanjian Lama sampai ke Kitab Wahyu, semua Kitab Suci menyangkut wahyu Yesus Kristus dan rencana Allah yang kekal telah terpenuhi melalui Dia.

Peristiwa yang terjadi di bumi hari ini dan yang akan terjadi di masa depan tidak secara kebetulan.
Semua dirancang dari awal waktu oleh Allah; tujuan, desain, dan objektivitas dan rinciannya dicatat dalam Firman-Nya sehingga orang-Nya bisa tahu masa depan, tujuan akhir mereka, dan bagian mereka dalam rencana-Nya.

Banyak orang percaya menghindari Kitab Wahyu karena mereka pikir itu terlalu rumit, terlalu penuh simbolisme dan di luar pemahaman mereka, tetapi dengan mempelajari benar-benar semua yang terkandung dalam halaman-halaman ini Anda tidak akan lagi bingung tentang masa depan.

Wahyu bukanlah cerita horor yang menakutkan untuk orang-orang Kristen. Wahyu memberitahukan adanya penyediaan luarbiasa (wonderful provisions) dari Tuhan untuk orang-orang percaya.

"Wahyu" berarti pembukaan dari misteri Ilahi. Kristus adalah keduanya, Misteri dan Pewahyu misteri. Penyingkapnya (Revealer) adalah Allah Anak.

Wahyu ini mengungkapkan misteri Yesus Kristus. Allah Bapa memberikan pesan ini kepada Yesus, Yesus memberikan kepada malaikat pribadi-Nya, malaikat memberikan pesan ke Yohanes, dan Yohanes menulis pesan ini ke semua orang percaya di dalam Tuhan Yesus Kristus. Pesan ini diberikan kepada Yohanes untuk mendorong orang-orang Kristen. Orang Kristen ini tidak boleh terjebak dan tidak menyadarinya. Hal-hal ini harus terjadi karena kehendak Bapa.

"Disimbolkan" berarti membuat dikenal dengan simbol dan angka. Beberapa mungkin mengatakan tanda-tanda yang mengungkapkan kebenaran Allah. Malaikat roh-roh. Malaikat khusus ini adalah malaikat pribadi Yesus sendiri yang membawa pesan ini. "Yesus Kristus" berarti Juruselamat, Yang Diurapi.

Yohanes tidak menerima pesan yang mati atau penjelasan teologis yang kering tentang kejadian masa depan. Dia menerima pesan yang dinamis, yang mengubahkan hidup, wahyu kenabian (prophetic revelation) yang kuat.
Dia menerima wahyu Kristus di seluruh kemuliaan-Nya, ia melihat ke ruang takhta Surga, dan ia menerima pembukaan supranatural waktu rencana akhir Allah.

Yohanes menulis kitab Wahyu yang akan bersaksi bagi Yesus Kristus sampai Tuhan kembali. Kesaksiannya bahkan lebih kuat hari ini daripada ketika ia berjalan di atas bumi.

ANDA AKAN TAHU BAHWA ANDA TAHU! Allah telah menempatkan Roh-Nya dalam diri kita sehingga kita dapat mengetahui hal-hal ini.

Salah satu hal yang tidak biasa tentang kitab Wahyu adalah bahwa itu adalah satu-satunya buku dalam Alkitab yang berisi janji kepada semua orang yang membacanya, dan semua yang mendengarnya akan diberkati. ??
Gereja mula-mula membaca kitab Wahyu secara keseluruhan setiap kali mereka bertemu. Ada kutukan diucapkan pada akhir Wahyu kepada siapa saja yang merusak isi Alkitab.
Kami juga akan melihat dalam Wahyu, restorasi berkat dari Taman Eden di surga kepada manusia. Kita akan melihat lagi pohon kehidupan ?? dan adanya sungai air kehidupan.

Kita akan melihat akses ke pohon kehidupan, yang hilang dalam Kejadian, dipulihkan dalam Wahyu.

 Kita harus melihat dan memahami simbol yang kita lihat benar-benar memahami buku ini. Wahyu mudah dimengerti jika Roh Kudus Allah menyatakan kepada kita arti simbol-simbol di dalamnya.

Wahyu bukan cerita horor seperti banyak yang percaya. Untuk orang Kristen ada janji-janji luarbiasa dari masa depan yang fantastis.

Ini menakutkan hanya bagi mereka yang telah memutuskan untuk  menolak anugerah keselamatan yang Yesus tawarkan kepada siapa yang mau menerima-Nya.

Dalam banyak kitab, tidak dijelaskan siapa yang mengatakan beberapa hal, tetapi dalam Wahyu itu adalah Yesus berbicara dan Dia adalah Kebenaran. Yesus tidak hanya tahu akhir dari awal, Dia adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Akhir. Tidak ada di hadapan-Nya dan tidak ada setelah-Nya.

Banyak orang percaya bahwa hal-hal di Wahyu telah terjadi. Banyak orang lain percaya bahwa hal-hal di Wahyu bahkan tidak nyata, bahwa mereka adalah visi dan kami tidak seharusnya mengambil secara harfiah.

Ada orang lain (dan saya salah satu dari mereka) yang percaya itu adalah saat ini, terjadi sekarang, dan di masa depan sangat dekat. Aku benar-benar tidak akan berdebat dengan siapa pun tentang hal ini. Semua dapat saya kaitan apa artinya bagi saya, dan itulah yang akan saya coba lakukan dalam penelitian ini dengan bimbingan Roh Kudus.

Dalam Wahyu, tampaknya bagi saya, bahwa Tuhan kita menyingkapkan tirai  dan memungkinkan kita untuk melihat siapa Dia yang sebenarnya dan apa yang Dia harapkan dari kita. Banyak orang menyebutnya Wahyu yang berarti mengungkapkan atau penyingkapan.

Wahyu ditulis dalam simbol-simbol sehingga orang tidak bisa memahaminya dengan pikiran mereka, tetapi harus memiliki iman. Begitu banyak hal dalam Alkitab yang tertutup untuk orang yang tidak percaya itu.

Begitu banyak orang melihat Alkitab secara harfiah, tetapi untuk benar-benar memahami, kita harus memahami melalui Roh. Tabir di Bait Suci terbelah dari atas ke bawah ketika Yesus mati di kayu salib. Ini menandakan bahwa Yesus telah membuka jalan kepada Bapa bagi kita. Allah Bapa tidak lagi tidak terjangkau.

Yesus dalam Kitab Suci menyebut diri-Nya Alpha dan Omega, Genesis, dan Wahyu. Ia berjanji dalam Kejadian dan penggenapannya berlangsung dalam Wahyu.

Kita akan lihat juga sejumlah besar orang di sekitar takhta di surga yaitu 144.000 orang yang termaterai, ada di bumi ini.

Mereka yang ada di sorga gereja adalah orang  percaya yang telah menang (tidak terhitung banyaknya), mengenakan jubah putih yang dicuci di dalam darah Anak Domba Allah.

Disarikan & diterjemahkan dari Preface to Revelation
http://www.discoverrevelation.com/Rev_Links.html





AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman