Kuasa Hidup Dalam Kebenaran

POWER OF THE TRUTH LIFE – WORKS AND RESULTS
By Ps. Ir. Djonny Tambunan

Kebanyakan orang kecewa akan harapan dari hasil pekerjaannya dan secara natural juga kecewa. Karena apa? Karena pekerjaanNya adalah pekerjaan Tuhan dan hasilnya itu tidak kasad mata.

Wah 19 Haleluya Kuasa dan kemuliaan ada pada Allah kita. ..

Perwujudan dari Yesus Kristus itu menjadi makin nyata dan makin nyata.
Ay7 Mengenai perkawinan Anak Domba. Siapa istrinya? GerejaNya telah siap sedia. Yohanes sampai keliru kepada beberapa mahkluk di sana. Kekeliruan bisa terjadi, Karena gereja juga diciptakan serupa dan segambar dengan Tuhan.

Ternyata gerejanya memiliki pakaian lenan halus, perbuatan-perbuatan benar dari orang kudus. Banyak yang mencela karena perbuatan saudara yg salah dan memuji karena perbuatan yang benar. Jadi perbuatan itu seperti baju. Saat terakhir gerejanya akan dipulihkan. Apa yang tetap melekat pada diri saudara adalah perbuatan-perbuatan benar. Tidak ada yang sia-sia dari kehidupan yang benar. Walau pun kau meninggal tapi hidupmu itu tetap dipakai Tuhan. Jerih payah itu tidak pernah sia-sia. Kebenaran itu tetap memberikan hasil dan kuasa dalam hidup saudara. Hal ini supaya saudara mengerti dan menjadi semangat.

Ciri daripada gerejaNya adalah perbuatan-perbuatan yang benar. Perbuatan yang benar itu terus melekat pada gerejaNya menjadi merek dagang yang terus dibawa. perbuatan benar itu tidak bisa muncul tanpa kebenaran. Itu sebabnya sangat penting kita hidup benar. Pertama kali saya bagikan power of the truth life tentang Kain-Habel di Kej4. Saudara sekarang makin baik dan makin baik , mengapa? karena saudara mau bayar harganya, semahal apa pun. Dan itu tidak akan pernah dilupakan Tuhan. Tuhan akan membangun sesuatu dalam hidup saudara. Saudara akan selalu mengalami upgrade dan update.

Di Alkitab dikatakan di Kej4.
(Gen 4:4)  Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu,

Ada sesuatu yang membuat Habel kenal sekali dengan Tuhan; apa yang Tuhan sukai dan apa yang Tuhan inginkan dia tau, tanpa dia dengarkan dari mulut Tuhan langsung. Sesuatu harus turut bekerja dalam hidup saudara sama seperti ini. Kebanyakan orang mengatakan aku belum pernah dengar Firman Tuhan, jadi bagaimana aku bisa mengetahui rencana Tuhan? Bukankah manusia diciptakan melalui firman? Baiklah kita menjadikan manusia menurut rupa dan gambar kita. Jadi zat dasar hidup saudara adalah firman, bagaimana sekarang saudara bisa berkata kepada Tuhan: Tuhan kau belum berkata-kata kepadaku, bagaimana aku bisa mengetahui rencanamu? Bukankah zat dasar hidup kita firman, jadi seharusnya kita memiliki hati nurani yang membuat kita tau dan roh yang mengetahui apa rencana Tuhan. Tuhan bisa berbicara dari dalam diri kita. Tuhan tidak perlu bicara melalui pendengaran kita. Amin? Habel mempersembahkan yang sulung dan lemak-lemak. Dia tau apa yang disukai Tuhan sehingga persembahannya diterima Tuhan. Poin penting itu adalah bagaimana kebenaran itu bisa bekerja dalam diri Habel. Sadari bahwa Habel menemukan kebenaran dan mewujudkan kebenaran itu (dalam persembahannya) sehingga perbuatannya menjadi perbuatan yang benar di mata Tuhan. Dia memiliki kebenaran. Walau pun kebenaran itu gratis, tapi ada korban yang harus saudara lakukan. Korban itu adalah mematikan kedagingan saudara. kenapa? karena kebenaran itu tidak mendapatkan tempat dalam kehidupan kedagingan, keduniawian. Kebenaran itu selalu menjadi lawan daripada duniawi.

Apa yang tejadi? Kain dan Habel adalah buah dari manusia yang telah jatuh dalam dosa. Kain anak sulung dan Habel si bungsu. Status ini tidak berobah (tidak menjadi gugur oleh hasil persembahan yang dilakukan oleh Kain dan Habel). Kain berhak menggunakan hak kesulungannya.  Kain tetap memiliki kesempatan, karena dia memang yang sulung. Tapi apa yang dilakukan Kain. Kain tidak belajar mengenal Tuhan. Ia hidup sembarangan. Apakah kau termasuk tipe Kain atau Habel?

Persembahan Habel itu berkenan kepada Tuhan dan Tuhan menghargai persembahan Habel. Karena Habel bisa mengetahui apa yang disukai oleh Tuhan tanpa harus menghadiri sebuah ibadah, maka berarti saudara juga mempunyai peluang untuk melakukan hal yang sama. Walau pun manusia jatuh dalam dosa,kebenaran itu tidak pernah berhenti dan kebenaran itu terus bekerja pada diri manusia. Apa yang terbangun dalam diri Habel sangat penting buat kita.

Yang terbanguan dalam diri Habel adalah:

1. KEBENARAN. Yang terbangun dalam diri Habil itu kebenaran. Kebenaran itu  menghasikan perbuatan benar. Tanpa kebenaran itu masuk ke dalam saudara, tidak mungkin saudara melakukan perbuatan benar.

(Joh 8:30)  Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya.

(Joh 8:31)  Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku

Yang menjadi persoalan adalah orang tidak bisa tetap dalam firmanNya; tetapi yang disebut murid hanyalah mereka yang tetap setia  mengikuti prinsip-prinsipNya, hidupNya, caraNya, pandanganNya, nilai-nilai. Kadangkala orang Kristen tidak demikian, mengapa? Dikatakan KAMU yang tetap di dalam firmanKu. Banyak orang Kristen memiliki banyak firman tapi tidak bisa mengikuti Tuhan. Itulah sebabnya yang banyak terjadi pada orang Kristen seperti apa yang terjadi pada film LEFT BEHIND. Film ini menggambarkan peristiwa pengakatan atau rapture. Ini hanya filem Holywood tapi ada satu hal yang menarik. Ada anak perempuan yang tidak percaya, sementara ibunya adalah diaken dan adiknya masih sekolah minggu. Ketika peristiwa pengangkatan itu terjadi dan dia pulang ke rumah tidak lagi menemukan ibunya dan adiknya, hanya tinggal pakaian mereka. Di tembok dia melihat tulisan ibunya yang merupakan firman yang menjadi motto hidup mamanya itu. Dia tau kemana mamanya bergereja dan kesanalah kemudian dia pergi. Gereja itu sangat sepi dan hanya tinggal pakaian-pakaian mereka saja. Tapi lalu dia melihat satu orang di altar yang tertinggal. Dia kenali orang itu dari belakang, pak pendeta. Dia sedang menangis dan menangis. Dia bertanya, pak apa yang terjadi? Pak pendeta menjawab apa yang tertulis di kitab Tesalonika dan kitab Wahyu mengenapi rapture sekarang sedang digenapi Tuhan. Dan orang-orang benar diangkat Tuhan, karena bumi ini sangat jahat dan sebenar lagi akan datang penganiayaan yang sangat besar. Dua kali tiga setengah masa, tujuh tahun masa, penganiayaan yang berat sekali. waktunya dipersingkat oleh Tuhan karena orang-orang kudus. Kemudian anak itu bertanya kenapa yang lain diangkat, pak pendeta tidak? Itulah persoalan hidup saya, jawab pendeta. Saya selalu mengkhotbahkan kebenaran firman Tuhan, tapi saya sendiri tidak percaya akan kebenaran itu. Bayangkan seorang pendeta berkata demikian. Saya berharap cerita ini menjadi peringatan buat saudara, layaknya sebuah kisah nyata. Saudara banyak tau firman Tuhan, tapi tidak mempercayai firman Tuhan. Celakanya suatu hari kau akan mengalami hal demikian. Kau akan tertinggal, left behind. Ada banyak orang yang dalam gereja memiliki firman Tuhan, tapi dia tidak bisa mengikuti Tuhan.

Itu sebabnya dikatakan,  "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku".

Kamu tetap dalam firman. Kau yang hidup dalam firman, bukan firman itu ada dalam hidup saudara.

Hidup saudara yang kau masukkan dalam firman, sehingga firman itu yang berkuasa atas hidup saudara. Firman itu yang mengendalikan hidup saudara, maka kau akan bisa menjadi muridKu. Murid Tuhan artinya engkau bisa mengikuti prinsipNya, kehidupanNya, kemauanNya, perintahNya. Kepatuhan kepada Dia.

(Joh 8:32)  dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Alkitab mengatakan kamu akan mengetahui firman. Banyak orang Kristen merasa dirinya sudah mengetahui firman, tapi dikatakan juga: kebenaran itu akan memerdekakan kamu.
Mengetahui itu dipikiran saudara, di pemahaman saudara. Bagaimana saudara bisa mengetahui firman? Kebenaran itu adalah firman yang telah menjadi daging. Kebenaran itu adalah firman yang telah menjadi perbuatan. Engkau harus mengetahui bagaimana firman itu menjadi perbuatan hidup saudara. Itulah kebenaran yang bisa memerdekakan kamu. Memerdekakan dari apa? Dari ancaman buat hidup saudara: jatuh dalam dosa, melarikan diri, tersesat, dlsb. Jadi kau harus mengetahui kebenaran, bukan hanya firman. Firman sangat penting untuk diketahui, tapi firman itu harus terjadi dalam hidup saudara.  Mengetahui kebenaran itu artinya bagaimana firman itu menjadi perbuatan/sikap hidup saudara, maka kebenaran itu yang memerdekan hidup saudara. Dari rasa bersalah.

Jadi yang pertama-tama harus kau ketahui adalah kebenaran yang menghasilkan perbuatan, seperti yang terjadi pada Habel.

(1Jn 3:11)  Sebab inilah berita yang telah kamu dengar dari mulanya, yaitu bahwa kita harus saling mengasihi;

(1Jn 3:12)  bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar.

Jadi perbuatan Habel benar, karena dia memiliki kebenaran. Kalau kau memiliki kebenaran kau bisa menghasilkan perbuatan benar. Tapi kalau kau hanya memiliki firman, belum tentu kau bisa menghasilkan perbuatan yang benar. Oleh karena firman itu harus diproses dulu dalam hidupmu sehingga menjadi kebenaran.

2. PENGENALAN AKAN TUHAN.
Habel mempersembahkan persembahan yang sulung dan lemak-lemaknya dan itu sangat menyukakan hati Tuhan. Jadi yang ke-2 yang harus terbangun dalam hidup saudara adalah pengenalan akan Tuhan. Pengenalan Tuhan dengan benar. Jika kau tidak mengenal Tuhan dengan benar kau akan serba salah dalam sikapmu. Jadi pengenalan Tuhan dengan benar akan membuat kau bisa tau bagaimana kau bersikap kepada Tuhan. Pengenalan ini diperoleh karena Tuhan menyatakan diriNya lebih dulu. Tuhan membuka diriNya buat saudara.


(Isa 19:21)  TUHAN akan menyatakan diri kepada orang Mesir, dan orang Mesir akan mengenal TUHAN pada waktu itu; mereka akan beribadah dengan korban sembelihan dan korban sajian, dan mereka akan bernazar kepada TUHAN serta membayar nazar itu.

Bukankah Habel bisa memberikan persembahan yang benar kepada Tuhan? Mengapa? Karena ada pengenalan akan Tuhan. Begitu juga dengan orang Mesir, meski pun orang Mesir adalah musuh dari Tuhan dan musuh dari umat Tuhan, tetapi Tuhan akan menyatakan diri kepadanya sehingga mereka bisa berbuat dan bersikap yang benar di hadapan Tuhan.

Orang-orang Kristen di dalam gereja banyak yang merasa sudah mengenal Tuhan. Namun kenyataannya orang-orang di luar sana lebih mengenal Tuhan. Mereka takut untuk berbuat dosa, takut akan Tuhan. Mereka mengenal Tuhan sebagai Tuhan yang kudus. Itu terucapkan oleh seorang tukang becak ketika saya berbicara dengan dia mengenai Tuhan. Orang-orang seperti ini akan mudah menjadi murid Tuhan, karena pengenalan akan Tuhan sudah ada padanya.

Jadi Tuhan yang akan datang pada hidup saudara untuk menyatakan diriNya. Bagaimana Dia menyatakan diriNya? Melalui firmanNya. Melalui hamba-hambaNya. Melalui perbuatan-perbuatanNya. Dia memperkenalkan diriNya sebagai Sang Pencipta. Itu sebabnya saudara harus mengenal Tuhan dengan benar. Jadi Dia berikan firman supaya saudara dapat mengenal Dia dan beribadah kepadaNya dengan benar, bukan hanya melayani dengan mulut saja. Kebanyakan di gereja orang menyembah Tuhan hanya dengan kata-kata yang manis-manis. Tuhan Mahakuasa. Siapa bilang Tuhan itu Mahakuasa dalam hidupmu? karena engkau sendiri tidak memberikan tempat buat Dia dalam hidupmu. Kau sendiri yang mengendalikan hidupmu, bukan Dia.

Dia juga memperkenalkan diriNya melalui ciptaanNya. Melalui ciptaanNya saudara bisa tau, bahwa ciptaanNya itu memiliki tujuan. Saudara juga diciptakan dengan tujuan. Jangan berpikir bahwa Tuhan itu sulit untuk didapati. Yang membuatNya sulit untuk didapati karena kau mempersulit dirimu sendiri. Percayakah engkau ketika berkata: Tuhan Engkau dekat. Menurut saudara apakah Dia dekat? Dia memang dekat. Namun sering kau berseru dan menyembahNya sambil teriak-teriak, meraung-raung seolah-olah Dia itu jauh. Sedangkan Alkitab mengatakan, meskipun Mesir itu musuhNya, musuh umat Tuhan, tapi Tuhan menyatakan diriNya kepada Mesir supaya dikenal. Pengenalan akan Tuhan itu sangat penting. Kita bergereja itu untuk mengenal Dia, bukan supaya kita bisa menghitung berkat-berkatNya. Bukan. Saudara diberkati supaya bisa mengenal Dia.

(Pro 9:10)  Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

Banyak orang yang tidak mempunyai hikmat. Ada sebuah keluarga dengan Dia tidak mampu untuk mengurus anak-anaknya. Bahkan anaknya berkata: saya tidak melihat papa dan mama bisa melakukan apa yang dikatakan papa Djonny. Suatu hari anak-anakmu bisa berkata demikian, karena kau tidak mampu menghandel anak-anakmu.


 Kalau kita bisa mengenal, kita bisa berjalan bersama Dia dan mengikuti Dia.


Ketika Dia datang sebagai raja kita harus mengenal Dia sebagai Raja. Kita memiliki cara penyembahan berbeda.

3. KUASA TUHAN.

Kita harus membangun kuasa Tuhan yang sempurna meskipun kita lemah. Habel artinya rumah sombong, kesia-siaan, mudah menguap, sementara, tidak kekal. Kain artinya kepemilikan. Kalau kau hidup dalam kebenaran, kuasa Tuhan itu sempurna dalam hidup saudara. Saudara memiliki kekuatan. 2 Kor 9:12 Paulus minta dicabut duri dari dalam dagingnya.

4. IMAN.

Yang terbangun adalah iman. Iman yang timbul dari pendengaran akan firman Roma 10:17). Firman yang saudara dengar dan proses menjadi iman. Iman itu adalah wujud nyata bukan fiktif. Siapa yang bisa membaca bukti dari iman? Hanya rohmu. Yang bisa merasakan adanya iman adalah roh. Abraham sebagai bapa orang beriman. Abram percaya dengan iman, yaitu ia menerima buktinya. Apa yang ditangkap Abraham dalam roh itu disebut iman, itu yang akan dikerjakan oleh Tuhan. Hal itu tidak pernah Tuhan batalkan, walau pun kau sudah mati. Itu akan tergenapi pada generasi berikutnya. Tuhan tidak akan pernah menganulirnya apa yang telah ditangkap dalam roh (iman).

5. NILAI-NILAI.
Nilai dari apa yang berkenan bagi Tuhan. Nilai –nilai yang dihargai oleh Tuhan itu akan terbangun dalam hidup saudara. Apa yang Tuhan sukai bisa kau ketahui.

6. KEHIDUPAN KEKAL.
Yang terbangun adalah kehidupan yang tidak pernah berakhir. Bekerja harus pensiun. Tapi darah Habel masih terus berteriak pada Tuhan. Itu adalah kehidupan yang kekal.

7. ROH PENGORBANAN.
Yang terbangun adalah roh pengorbanan. Salah satu sifat Allah yang menonjol adalah berkorban. Kau bisa tau bagaimana memberikan pengorbanan. 2Kor12:15 , Ibr 9:28

Semua hal-hal ini harus menjadi wujud nyata.

Bagaimana proses ini bisa terjadi?

                                  
Kej3:14-15 Sebelum Kain lahir. Ular dikutuk sehingga jalan di tanah dan makan debu. Tuhan mendeklarasikan permusuhan antara ular dan keturunan perempuan. Ini adalah pertempuranNya Tuhan. Film Lone Ranger dan SuperHero yang hebat bukan pemerannya tapi sutradaranya. Tuhan adalah sutradaraNya. Kau tidak perlu takut. Kelihatannya kau akan kalah, tapi Tuhan sebagai sutradaranya akan membuat engkau menang. Kita diset bukan untuk kalah. Benih dari perempuan akan meremukkan kepala ular. Itu artinya KO.

Kemenganan perempuan/gereja sudah ditentukan oleh Tuhan sejak awal, walau pun pada ronde pertama perempuan itu kalah. Kita sudah diset untuk menang.

1.         Tuhan menabur benih Kristus pada hidup saudara.
Firman bukan untuk memberkati. Firman diberikan berupa firman Kerajaan. Saudara menerima benih dengan kualitas tinggi Yer2:21.

2.         Karena Tuhan yang tau benihNya dan benih itu adalah benih kerajaan, benih Kristus. Supaya berhasil, maka dibutuhkan tanah yang baik supaya berhasil.    4 macam tanah: tanah yang keras  di pinggir jalan, tanah berbatu-batu, tanah yang banyak semak-duri, dan yang baik. Tanah yang baik a)tidak khawatir, tidak takut. Tanah yang baik artinya b)memiliki frekwensi yang sama dengan Tuhan, bukan dengan dunia ini. C)Dibutuhkan respon terhadap firman.

3.         Ijinkan sifat dasar firman Tuhan itu tumbuh, termanifestasi dan terbangun dalam hidup kita. Mat7:16-20 Tidak mungkin pohon yang baik mengeluarkan buah yang tidak baik. Sifat dasar firman akan menghasilkan buah yang baik. Itulah pentingnya mendapatkan sifat dasar firman itu sendiri, untuk mengubahkan suadara menjadi wadah. Sifat dasar yang dituntut firman/tertanam oleh firman: ketaatan, kesetiaan.

4.         Bangun nilai-nilai yang disukai Tuhan dalam roh kita. Tuhan melihat roh. Ada 4 yang bernilai dalam roh saudara: a) roh pengenalan akan Tuhan. B)roh pengorbanan c) roh yang mengenali korban yang lebih baik d) roh iman. Yang menilai bukan melayani.


5.         Memberi dasar yang kuat bagi generasi selanjutnya untuk mewujudkan benih Kristus (Your Seed).  Luk3:23, 31,34,37

Bagaimana memberi respon:
1. Perhatikan siapa yang berbicara kepadamu.
2. Waspadai apa yang kau dengar.
 Pegang apa yang benar. Kau akan memiliki kekuatan untuk mewujudkannya.
3. Bagaimana caranya. Luk8:18. Perhatikan cara kamu mendengar… bagaimana engkau mendengarnya? Sekarang Tuhan bicara, Ia bicara tentang Firman, tapi bagaimana? Kalo kau tidak focus kau menanam seperti tanh yang hidup ditepi jalan, jangan ngantuk. Bikin catatan. Dengar berulang-ulang.


 Spirit Kain:
1.         Kain sangat mudah menjadi tanah yang baik bagi benih si jahat untuk menghasilkan dosa. Kej4:7
2.         Dia memiliki roh sembarangan, tidak mencari tau apa yang berkenan bagi Tuhan. Yang penting kasih persembahan, tanpa mengetahui apa yang disukai Tuhan
3.         Tidak menganggap penting mengenal Tuhan dibandingkan mengenal uang
4.         Tidak memiliki kepedulian akan rumah rohani. Di mana adikmu? Aku bukan penjaga adikku.
5.         Mementingkan diri sendiri/ minta perlindungan Kej4:17-19
6.         Spirit Kain adalah pembangkang/memberontak dan hidup jauh dari hadiratNya, jalan-jalanNya, dan prinsip-prinsip Tuhan. Kej4:16
7.        Ingin menyejahterahkan dirinya atau kaumnya sendiri melalui kekuatan dan kemampuan manusia. Yer9:23,24; Yer17:5-8; Kej4:17-
8.         Membangkitkan generasi yang lebih buruk dan tidak memiliki pola ilahi dalam pernikahan dan persaudaraan. Kej4:19 Lamekh melanggar pola pernikahan; Ay23.

Bagaimana kebenaran itu terwujud dalam hidup saudara, menunjukkan hasil. Mungkin hasilnya belum terlihat dalam hidup saudara, tapi mungkin pada masa generasi berikutnya.
 





AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman