DILAHIRKAN KEMBALI DARI ROH

SATE 22 November 2020 – 

Bacalah terlebih dahulu: Roma 3:23, Kejadian 2:17

Apa yang dilahirkan manusia bukanlah anak Allah, hanya yang dilahirkan oleh Roh yang disebut sebagai anak-anak Allah. Yesus mengatakan manusia harus dilahirkan kembali, karena manusia yang tidak lahir kembali hanyalah daging. Daging yang dimaksudkan disini mencakup tubuh dan jiwanya dan seluruh bagian dari kemanusiaan itu.

Dalam persekutuan dengan Adam seluruh umat manusia mengalami kerusakan dan Allah mengambil dari natur manusia apa yang telah Ia berikan sebelumnya. Seberapa besar kerusakan yang disebabkan oleh dosa tersebut dan penyebarannya di dalam Adam?  Eksistensi manusia secara total tercemar oleh dosa persis sama seperti anggur yang tercampur oleh suatu rasa yang merusakan rasa aslinya sehingga anggur tersebut kehilangan kenikmatan rasa yang baik dan hanya tinggal rasa pahit.

 

*#1. Ketika Adam mengambil keputusan yang tidak tepat, maka keputusannya berdampak panjang. Apa yang kamu tangkap dari kejadian Adam tersebut?*

 

Manusia terdiri dari 3 bagian: roh, jiwa dan tubuh. Ketika Adam mengambil keputusan yang salah, walau pun dia belum tau tentang salah dan benar, baik dan jahat;  dia bersama Hawa dan seluruh keturunan Adam harus menanggung kesalahan itu serta menerima dampak dari kesalahan sebab kuasa dosa sudah masuk ke dalam tubuhnya.  Dosa menyebabkan roh itu tidak bisa berinteraksi dengan kebernaran dan kekudusan; apalagi bersekutu dengan Allah untuk aliran kehidupan ilah-Nya.

 

Bukan Adam saja yang menanggung kesalahannya; tetapi Allah juga BERSEDIA SESUAI DENGAN KERELAAN-NYA menanggung kesalahannya dan kesalahan dari semua keturunannya dan dampak yang diakibatkan oleh karena dosa dan maut.  Sebab tujuan penciptaan Allah di Kej 1:26, yaitu supaya manusia berkuasa atas seluruh ciptaan yang lain BELUM TERWUJUD. Iblis telah mensabotase rencana Allah.  Namun, Firman Allah tidak bisa dibatalkan, demikian juga tujuan-Nya. Allah tidak mengubah tujuan-Nya itu.

 

Maka, Tuhan Allah telah mengikatkan diri-Nya sejak sebelum dunia dijadikan oleh karena Dia mengetahui ujung dan akhirnya. Dia rela menjadi bagian dari manusia; dalam kelemahan tubuh jasmani.  Dan Tuhan Allah itu Dialah Yesus yang datang ke bumi dalam wujud manusia. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.  Hanya Yesus, Firman yang telah menjadi daging dan diam di antara kita itu yang sanggup MEMULIHKAN segala yang telah dirusak oleh pekerjaan iblis lewat dosa dan maut.

 

Setelah menanggung semua kesalahan dan dampaknya, sekarang  Yesus sedang menjadikan kita semua yang dikuduskan-Nya supaya kita menjadi milik kepunyaan-Nya dan mendapat bagian dari apa yang sudah ditentukan-Nya bagi kita.

 

_Kisah Rasul 20:32 Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa *membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.*_

 

 

 

*#2. Jelaskan mengapa kita perlu roh yang dihidupkan kembali?*

 

Tanpa roh kita dihidupkan kembali kita tidak bisa bersekutu dan bekerja-sama dengan pribadi firman kasih-karuniaNya. Kita tidak bisa dibangun sesuai dengan tujuan penciptaan-Nya supaya kita berkuasa atas seluruh ciptaan yang lain.

 

*Di dalam roh kita menerima Firman dan pribadi Firman itu – menjadi IMAN kita, yang berkuasa untuk menciptakan ulang kehidupan kita;  membentuk ulang  jatidiri kita yang sebenarnya; menata kembali dan menguduskan unsur-unsur roh, jiwa dan tubuh kita bagi DIA;   menjadikan kita anak-anak-Nya, milik kepunyaan-Nya sendiri.*

 

Kristus Yesus sendiri adalah AUTHOR (pengarang) yang memulai dan memunculkan pengenalan iman di dalam kita. Ia adalah pembangun iman yang membuat kita semakin mengenal pribadi iman  dan karakter Firman itu lebih lagi dan lebih lagi.  Dia juga PANGLIMA Iman yang memimpin kita di dalam mematahkan segala siasat untuk melemahkan keyakinan dan pengharapan kita. Di memastikan  kemenangan dalam peperangan melawan penghulu dan penguasa di udara dengan pedang roh dan segala kelengkan senjata Allah yang diberikan kepada kita.  Terakhir, Dia adalah  FINISHER yang MENYEMPURNAKAN pengenalan kita akan  pribadi  IMAN dan MENGGENAPI  setiap  Firman menjadi REALITA di alam natural, di hidup kita sesuai dengan tujuan firman yang mendatangi kita.

Roh itu adalah pintu gerbang akses kita kepada alam roh dan alam supranatural dan iman bekerja di dalam dan melalui roh kita.  

 

 

 

*#3. Apa yang terjadi jika roh kita dibangkitkan?*

 

 

_Kisah Rasul 26:18 untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan._

 

Roh kita dibangkitkan supaya kita bisa melihat dan mendengar dengan roh kita. Apa yang kita lihat dan dengar? Kita bisa mendengar firman dan melihat kepada pribadi Firman itu, yakni Yesus Kristus yang telah menjadi manusia dan diam di antara kita. Kita bisa melihat kekudusan Allah di dalam pribadi Anak. Kita bisa melihat KEBENARAN dan merangkul kebenaran itu.

 

Hanya di dalam roh dan kebenaran kita bisa mengakses sorga dan dapat bersekutu kembali dengan Tuhan menerima aliran kehidupan-Nya  dan semua kekuatan yang terkandung dalam Firman. Kita bisa mengambil seluruh berkat yang telah disediakan di alam sorga (Ef 1:3) dengan iman yang ada di dalam kita dan mewujudkannya di bumi dalam kehidupan sehari-hari. 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman