MANUSIA BARU DIPERLENGKAPI DENGAN IMAN ALLAH

SATE 5 November 2020 – 

 

Bacalah terlebih dahulu : 1 Petrus 1:3-4, Roma 6:1-6 dan 1 Petrus 3:18

Di dalam Roma 6:1-5 Manusia yang telah dibaptis, berarti manusia mengalami penguburan, berarti manusia lama sudah mati dan manusia tersebut harus mengalami kebangkitan sehingga ada manusia yang baru. Maka dari itu orang yang percaya di dalam Dia, mengalami hal yang sama sehingga manusia tersebut satu dalam kematian, penguburan dan kebangkitan. Manusia yang mengalami lahir baru adalah salah satu bukti bahwa manusia mengalami kematian dan bangkit bersama-sama dengan Kristus. Hal yang perlu diketahui :

• Kematian bersama dengan Dia, itu adalah untuk mengakhiri zaman dosa (Roma 6:5-6)

• Lahir baru merupakan representasi dari kebangkitan manusia, sehingga manusia mulai mengalami kehidupan Allah / hidup yang kekal.

 

*#1. Baptisan apa yang dimaksud dalam Roma 6:1-6?*

 

Baptisan di dalam Kristus. Maksudnya adalah roh kita yang lama dibawa ke dalam kematian bersama Kristus, agar kita mengalami kematian bagi dosa; kemudian oleh kuasa Roh-Nya yang membangkitkan Kristus, kita dibangkitkan, sehingga kita bisa hidup bagi kebenaran. Inilah pengungkapan dari menanggalkan manusia lama kita dan mengenakan manusia baru. Kita memiliki hidup yang penuh pengharapan untuk menerima bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar, yang tidak dapat layu (1 Pet 1:3-4), yaitu tubuh sorgawi.

 

*#2. Darimanakah kalian mengetahui bahwa kalian sudah lahir baru atau belum?*

 

(i) Kita tidak lagi hidup di dalam dosa. Tidak hidup seperti orang yang tidak mengenal Allah, seperti hidup dalam berbagai hawa nafsu, keinginan jahat, mabuk, hedonisme, penyembahan berhala dan lain-lain (1 Pet 4:3).

(ii) Tubuh manusia baru kita telah dimerdekakan dari kuasa dosa dan maut. Kita mampu menolak dosa dan mampu hidup dalam kebenaran. Dulu hamba dosa, sekarang hamba kebenaran, sebab kuk dari dosa dan kedagingan (hidup dalam daging) telah dihancurkan.

(iii) Kita tidak lagi menuruti keinginan daging (jiwa) dengan keinginannya dan kelemahannya. Tapi kita sekarang memiliki kecenderungan hidup lurus, benar dan mengandalkan Tuhan melalui firman-Nya.

(iv) Roh kita memiliki keinginan untuk bergaul dengan Tuhan melalui firman-Nya untuk mendapatkan pengenalan akan Kristus dan bertumbuh dalam kedewasaan iman.

 

*#3. Untuk apakah kita mengalami lahir baru?*

 

Dengan lahir baru kita diperlengkapi dengan IMAN ALLAH (built in).

(i) Kita dimampukan untuk menyerahkan diri kita kepada Allah sebagai orang yang dulu mati, dan sekarang hidup dalam Allah (Rom 6:13);

(ii) Kita dimampukan hidup damai dengan Tuhan, dengan diri sendiri dan sesama. Kita menyerahkan diri pertama kepada Tuhan dan kepada sumber anugerah yang diutus-Nya untuk diarahkan, dibangun dan dibawa kepada Tuhan, menyesuaikan diri kita sesuai kehendak Bapa (2  Kor 8:5).

(iii) Kita dimampukan hidup kudus oleh firman-Nya, menyerahkan anggota-anggota tubuh kita sebagai senjata kebenaran (rom 6:19).

(iv) kita dimampukan untuk mempersembahkan seluruh tubuh kita sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan (Rom 12:1).

 

Tidak ada satu pun dari hal itu semua merupakan hasil usaha kita; hanya saja kita PERCAYA di DALAM Dia dan kita yang menentukan pilihan dan MEMUTUSKAN untuk hidup di dalam roh dan kebenaran. Hidup berdasarkan iman. Semua dilakukan melalui kuasa dari firman-Nya yaitu oleh IMAN yang ada di dalam kita. Semua perkataan firman-Nya tidak ada yang dibiarkan gugur dan pasti berhasil melaksanakan apa yang diperintahkan sesuai dengan kehendak Tuhan. Itulah kualitas IMAN ALLAH yang ada di dalam kita (Yes 55:11). Dia sendiri yang akan melakukan dan melaksanakannya dan TIDAK ADA SEORANG PUN DAPAT MEMBALIKKANNYA (Bil 23:19,20). Dia memakai manusia untuk apa yang dapat dilakukannya, tapi tidak pernah Tuhan mengandalkan manusia agar firman-Nya tergenapi, sebab ada firmanNya mengatakan: Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia (Yer 17:5).

 

 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman