Kelahiran Baru Berarti Berpindah Dari Hukum Kerja Iblis kepada Hukum Kerja Allah

SATE 1 November 2020 – **

 

Bacalah terlebih dahulu : Yohanes 3:3-7. Sebagai start awal untuk Allah dapat bergerak dalam kehidupan manusia, yaitu manusia mengalami lahir baru tapi itu bukan akhir karena kehidupan Allah belum terbangun dalam hidup manusia.

 

Manusia pertama kali mengalami kelahiran daging, yaitu melalui rahim manusia, ini kelahiran yang sudah pasti dialami oleh manusia, yaitu kelahiran secara daging. Ketika manusia hanya hidup secara daging, manusia hanya mempunyai satu alternatif kehidupan, karena manusia sudah dilatih dan diajarkan berdasarkan prinsip-prinsip, nilai-nilai dunia ini oleh orang tua lahiriah kita. Hidup dari daging bentuknya bukan hidup full dalam dosa, tetapi masih hidup dalam gelap, pengertiannya belum penuh, hidup dengan prinsip yang BAIK bukan prinsip yang BENAR.

 

Tapi ada alternatif kehidupan yang lain, yaitu hidup melalui roh. Kita sebagai gerejaNya PASTI mempunyai *dua macam kehidupan yaitu hidup melalui roh dan hidup melalui daging*, maka dari itu *kita tidak bisa menyingkirkan kehidupan daging itu, dan Allah juga tidak bisa mengubah kehidupan daging menjadi kehidupan roh!* Kehidupan daging adalah merupakan interaksi antara tubuh dengan jiwa tetapi tidak melibatkan roh di dalamnya.

 

*#1. Menurutmu, mengapa Allah tidak bisa mengubah kehidupan daging menjadi kehidupan roh?*

 

*Yang tidak bisa diubah Allah adalah sifat dari daging itu. Itu sudah menjadi sifat dasar atau karakter atau nature dari daging. Kehidupan daging harus berinteraksi secara natural dan juga secara wajar untuk kita berinteraksi dengan alam dan bumi dan sesama, bukan untuk melakukan hal-hal yang jahat, menjadi alat melakukan dosa.*  Sifat daging itu oleh karena kita sebagai manusia diciptakan Allah dengan kehendak bebas.  Hakekat  kehendak bebas itu adalah kita ada di wilayah yang tidak bisa dipengaruhi baik oleh iblis mau pun oleh Tuhan sendiri sebagai Allah Pencipta (Elohim) kita.

 

*Namun kehidupan daging ini telah lepas kendali oleh kematian roh kita, karena roh itu telah dikuasai oleh dosa. Roh yang mati menyebabkan jiwa (pikiran, perasaan dan kehendak) dikendalikan oleh dosa dan maut yang sekarang berada di wilayah hukum kerja iblis.  Itu dinyatakan oleh ketidakberdayaan manusia daging (manusia lama kita) melawan kehendak dosa dengan keinginannya di dalam kedagingannya. Kenapa?*  Semua itu disebabkan kejatuhan dari satu orang yaitu Adam. Sejak itulah, setiap kelahiran yang dihasilkan dari daging hanya menghasilkan kehidupan daging  dan berada di luar yuridiksi dari hukum kerja Allah.  

_Yohanes 3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh._

*Seseorang harus mengalami kelahiran baru terlebih dulu untuk berpindah dari hukum kerja iblis (dosa dan maut) kepada hukum kerja Allah (berdasarkan kasih karunia).  Tanpa kita berpindah ke dalam wilayah yuridiksi hukum kerja Allah, kehidupan daging tidak bisa dikendalikan oleh roh kita.*

 

*#2. Kita sebagai gerejaNya bisa memilih kehidupan mana yang akan dijalani, dan mengapa gerejaNya tidak boleh melanjutkan kehidupan daging?*

 

Sebagai Gereja, kita sudah mengalami kelahiran baru. Roh menjadi baru, kita sudah dipindahkan dari wilayah kerja iblis, dipindahkan dari gelap kepada terang-Nya yang ajaib. Kita diberi kuasa untuk menolak dosa dan maut. Sebaliknya kita diberikan kuasa untuk menjadi anak-anak Allah, bahkan dengan dikaruniakan Roh Kudus sebagai jaminan dan Penolong kita. Kehidupan baru kita sudah berbeda dengan kehidupan Adam-Hawa yang belum memiliki kecenderungan hati kepada Tuhan dan kuasa melawan dosa.  Ini terjadi karena perbuatan satu orang benar, yaitu Yesus Kristus. Maka sewajarnya, kita kita tidak boleh melanjutkan kehidupan daging itu, karena kita memiliki kemerdekaan dalam melakukan hal yang benar!

 

Namun kita masih memiliki kehendak bebas, jadi akhirnya pilihan itu tergantung dari kehendak bebas kita. Jika kita masih mau memilih kehidupan daging, itu memang kehendak sendiri oleh karena pilihan bebas itu. Itu bukan karena iblis. Maka, Tuhan akan membiarkan kita, karena Ia tidak berada di wilayah kerja-Nya. 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman