KASIH MEMBUAT RELA BERKORBAN

SATE  17 November 2020  - 

Bacalah terlebih dahulu : Kej. 22:1-18, Yer. 17:5-8, Ibr. 11:17-19

Pastikan level ketergantungan kita kepada Tuhan terus bertumbuh, sikap hati yang mengasihi Tuhan lebih dari apapun atau lebih dari siapapun semakin bertambah kuat menguasai batin kita. Meskipun Ishak adalah wujud dari penggenapan janji Tuhan, tapi Abraham lebih mengasihi Tuhan yang memberikan Ishak kepadanya.  Abraham tetap mempercayai bahwa kalaupun Ishak mati karena dipersembahkan kepadaNya, maka Dia sanggup untuk membangkitkan Ishak kembali dari antara orang mati karena bagaimanapun juga sesuai dengan janjiNya, Ishak adalah anak perjanjian. Abraham telah bertumbuh memunculkan sikap hati yang rela berkorban terhadap Tuhan & penggenapan rencanaNya. Dia mempercayakan penggenapan janji dalam hidupnya kepada Allah yang sudah berjanji dan dia yakini sanggup menggenapi janji tersebut.

 

Melalui sikap hati dari Abraham dan Ishak yang mau berkorban, Tuhan sendiri berjanji bahwa Abraham, Ishak dan garis keturunan mereka akan Dia berkati, bahkan Tuhan berjanji bahwa garis keturunan mereka akan menguasai kota-kota musuhnya. Melalui keturunan merekalah Tuhan akan memberkati semua bangsa di bumi ini (Kej. 22:15-18).

 

*#1. Darimana sikap hati yang mau berkorban itu kita dapatkan?*

 

Dari dasar KASIH Tuhan sikap mau berkorban itu muncul, karena kita mau mengasihi Tuhan Allah. Kita mengasihi Tuhan, karena DIA telah mengasihi kita TERLEBIH DULU dan kita PERCAYA kasih itu sudah ada pada kita.  Pada saat itu iman belum datang, pengetahuan belum berkembang, tetapi kasih yang melampaui akal dan segala pengetahuan itu yang memunculkan sikap rela berkorban pada Abraham.   Ia percaya, bahwa Tuhan Allah SEDANG dan TELAH memulai RENCANA-NYA di dalam dan melaluinya.

 

 

*#2. Apakah dampak dari rela berkorban?*

 

Dampaknya adalah membuat kita SANGGUP untuk MELAKUKAN kehendak Allah dan menyelesaikan pekerjaanNya.  Karena dasarnya dari rela berkorban itu adalah KASIH, membuat kita sanggup bertindak MELAMPAUI  PENGETAHUAN  tentang BAIK DAN JAHAT.  

 

Rela berkorban membuat kita TETAP PERCAYA akan KASIH Tuhan dan hidup di dalam KASIH-Nya itu.

 

Kasih Bapa yang diekspresikan melalui YESUS KRISTUS membawa KESELAMATAN dan PEMBEBASAN jauh MELAMPAUI DOSA. Kasih Allah melampaui kejatuhan manusia di dalam dosa oleh karena tidak taat dengan memakan buah dari Pohon Pengetahuan tentang baik dan jahat.

 

_Lukas 1:68 "Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya_

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman