SAAT TEDUH 06 JULI 2020 - ALLAH TINGGAL DI DALAM MANUSIA


Bacalah terlebih dahulu: Yohanes14:15-31



Dalam perjamuan terakhir,Yesus banyak berbicara tentang Roh Kudus, akan tetapi kita sama sekali tidak akan mendapati adanya pembicaraan tentang bahasa roh disana. Jika kita mempelajari Alkitab, kita akan mendapati bahwa ketika Yesus terangkat ke sorga dan Roh Kudus tercurah, sejak saat itu sebetulnya orang-orang percaya mengalami bahwa Allah yang Maha Kuasa itu sekarang tinggal di dalam tubuh manusia. Di Kejadian1, Alkitab berkata bahwa bumi belum berbentuk dan kosong, gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang diatas permukaan air. Kemudian, di tengah segala “kekacauan” yang ada, ada Firman yang berkata, “jadilah terang,”dan terang itupun jadi. Roh Kudus yang sedang melayang-layang di atas permukaan air itu membuat apapun yang Firman katakan mulai termanifestasi. Allah yang dengan kuasaNya menciptakan langit dan bumi ini sekali lagi hidup dalam diri manusia.

Dengan demikian, ketika Yesus berbicara tentang baptisan Roh Kudus, yang Ia maksudkan adalah Allah yang tinggal dalam diri manusia.


*1. Apa sebetulnya yang ingin Tuhan katakan kepada para rasul dan setiap kita pada hari ini?*

a. Ketaatan kepada Roh Kudus sama dengan ketaatan kepada Yesus (ay15-16).
b. Supaya kita hidup dalam ketaatan oleh Roh Kebenaran (ay17).
c. Roh Kudus yang diam (tinggal) di dalam kita untuk menolong dan menyertai  kita. Sejauh mana kita mengenal Yesus Kristus dan Firman sejauh itu kita mengenal pribadi Roh Kudus yang ada di dalam kita,  sebab Roh Kudus hanya menyampaikan apa yang Tuhan hendak sampaikan kepada kita. 
d. Ada kehidupanNya, aktivitas ilahi di dalam kita yang terus memberikan suplaian ketika kita datang menghadap pada Tahta kasih karunia-Nya, yang diaktifkan melalui KEBENARAN firman yang kita renungkan dan  oleh ROH. 

*2. Apakah seseorang yang berbahasa roh adalah bukti dipenuhi Roh Kudus?Jelaskan!*

Bukan. Keberadaan dan kepenuhan adalah 2 hal yang berbeda. Bahasa roh adalah alat komunikasi antara roh kita dengan sorga atau agen sorgawi yaitu Roh Kudus. Dialah yang MENOLONG kita BERDOA dan MENERJEMAHKAN segala permohonan, keluhan dan kebutuhan kita kepada BAPA SORGAWI. 

Dipenuhi berarti dipenuhi oleh DINAMIKA ROH atau AKTIVITAS ROH di dalam roh, melimpah kepada jiwa, terekspresi melalui  sikap, perilaku dan  tindakan kita. 

Dipenuhi Roh Kudus harus terbukti 
 nyata bahwa aliran air hidup yang ada di dalam kita itu melimpah keluar dari pintu bait suci. Kita adalah bait suciNya.


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman