SATE 13Juli2020 - REWARD ATAS SIKAP DOA YANG BENAR











Masih dalam Matius 6:5, sikap orang munafik dalam berdoa ini ternyata “mereka sudah mendapat upahnya” atau didalam AMP dikatakan “they already have their reward in full”. 

Bacalah terlebih dahulu: Matius6:5-15, Yohanes4:36, Matius10:41-42, Lukas10:7, Matius20:8, Roma4:4, Lukas6:35

Src: biblia.com


Berdoa yang dilakukan oleh orang yang munafik adalah untuk mendapat perhatian atau respect dari orang lain dan bukan ditunjukkan kepada Allah supaya Allah dengar. Ini adalah sikap berdoa yang salah dan mendapat upahnya. Mereka begitu menikmati bagaimana perhatian orang tertuju pada mereka seperti “orangkudus”, inilah reward bagi mereka. Namun di Matius6:6 juga dikatakan sikap berdoa yang benarpun diberikan reward juga.

*1. Apakah perbedaan makna “reward” di Matius 6:5 (G3408 = misthos) dan Matius 6:6 (G591=apodidōmi)?*

Ay5 misthos itu upah dari manusia atau orang lain atas kerjanya. Misalnya orang yang bekerja berhak mendapatkan upah. 

Ay6 apodido adalah penghargaan dari Tuhan, karena Dia menganggapnya kita telah melakukan KEBENARAN di dalam IMAN, sebab sikap dan perbuatannya itu serupa dengan karakter-Nya.  Rom 4:5.

*2. Apa makna yang kamu dapatkan dari Yohanes4:36 berkaitan dengan doa?*

_Yohanes 4:36 (TB)  Sekarang juga penuai telah menerima *upahnya* dan ia mengumpulkan *buah untuk hidup yang kekal,* sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita._

Sikap doa yang benar dan perbuatan yang selaras dengan tujuan dan kehendak Tuhan akan SELALU MENGHASILKAN BUAH-BUAH dari KEBENARAN IMAN yang BERSIFAT KEKAL. Artinya, akan ada musim menabur dan menuai terus-menerus atas APODIDO. Dan APODIDO ini DAPAT DIWARISKAN kepada generasi selanjutnya. 

Saya membayangkan perbandingannya, apabila kita berusaha sendiri dengan kekuatan kita, kita berhak mendapatkan upah berupa keuntungan finansial (MISTHOS). Dan apabila kita mengerjakannya di dalam proyek Tuhan kita akan memperoleh APODIDO, dan keuntungan finansial adalah bonusnya. 

*3. Sikap benar dalam berdoa adalah “masuklah...,tutuplah...,dan berdoalah...”. Ketiga sikap ini dilakukan oleh tubuh kita. Apakah perbedaan mendasar dengan sikap berdoa dari orang munafik?*

1) Masuk berarti *masuk dalam hadirat Tuhan.*
 2)Tutup berarti kita *terhubung secara pribadi dan intim dalam roh dengan Tuhan.*
3) Berdoalah kepada Bapamu di tempat yang tersembunyi, artinya *ada hubungan dalam penyatuan roh  antara kita dan Bapa.*

_1 Korintus 6:17 (TB)  Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia._

*Orang munafik yang nyata-nyata berdoa secara LAHIRIAH, TIDAK MUNGKIN dapat  mengalami satu pun dari hal-hal ini.* Tidak ada doanya yang didengar Tuhan, kecuali sadar dengan merendahkan hatinya. 
Karena itu Alkitab mengatakan Bapa mencari penyembah yang menyembah Nya dalam roh dan kebenaran. 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman