SATE 9 Juli 2020 - Hidup dipimpin Roh dan Tuduhan Hati Nurani

Bacalah terlebih dahulu: 1 Yohanes 3:21-22

Src: slideshare.net

Roh Kudus akan melatih kita untuk hidup taat dan mendengarkan suara hati nurani kita yang murni. Semakin kita mentaati suara hati nurani, semakin kuat daya tangkal kita terhadap berbagai godaan atau tipu muslihat iblis yang berupaya menahan pertumbuhan dimensi kemuliaan dalam hidup kita.

Dengan selalu mengkondisikan diri untuk alami pekerjaan Roh dan Firman, serta mengikuti suara hati nurani, maka otomatis kita tidak lagi memberi ruang gerak untuk berbagai keinginan daging. Kita hidup hanya untuk Dia dan penggenapan rencanaNya. Kesukaan dan keinginan hati kita sepenuhnya sudah menyatu dengan keinginan hatiNya.

*1. Ketika hidup kita dipimpin oleh Roh, apakah kita masih bisa mengikuti keinginan daging?*

Mengikuti keinginan daging berarti selalu melakukan apa yang tidak kita inginkan (jatuh bangun, lebih jelasnya lanjut sampai pertanyaan 2).  Itu adalah hidup kita yang lama, yang telah kita tinggalkan. 

Jadi tidak mungkin kita mengikuti keinginan daging (sarx), walaupun sifat daging itu tidak bisa diubah selama kita masih ada dalam tubuh yang fana.

Sekarang, sejak lahir baru kita sudah beralih dan di bawa oleh kepada kehidupan Kristus, yakni KUASA yang bekerja dan SIKLUS HIDUP dari PEMERINTAHAN KERAJAAN SORGA (1 Petrus 2:9). 

_Galatia 5:16-17 (TB)  *Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging*. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki._

Gal 5:16-17 menyatakannya dan ini harus menjadi dasar dari keyakinan dan iman kita. Jika orang masih mengikuti keinginan daging berarti ia belum dilahirkan kembali dan belum dipimpin oleh Roh Kudus. 

Roma 6:11 (TB)  Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.

Paulus menegaskan kita harus MENYIMPULKANNYA (memandangnya) dan menetapkan dalam hati, bahwa kita HIDUP bagi Allah dalam Kristus Yesus. 

Injil ini  menegaskan, telah sekian lamanya orang Kristen lebih percaya kepada  kuasa dosa dan pemerintah maut LEBIH DARIPADA PERCAYA KEPADA KUASA ALLAH DAN PEMERINTAHAN KERAJAAN SORGA. 

Roma 5:17 (TB)  Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus. 

Bukan hanya HIDUP, kita juga memiliki KUASA MENGALAHKAN DOSA DAN MAUT. 




*2. Jelaskan seperti apa hati yang menuduh sehingga kita tidak berani untuk mendekati Allah?*

Itu terjadi jika  orang TIDAK PERCAYA perkataanNya dan tidak menuruti perintah Nya. Hati orang itu sendiri tidak yakin untuk menaruh percayanya kepada-Nya, apalagi di dalam Dia dan di dalam namaNya. Itu *disebabkan suara-suara yang berasal dari pikirannya sendiri* masih sangat kuat dan kesenangannya  hanya berdasarkan perasaan dan keinginan daging / jiwa semata. 

Keyakinannya belum ada di hadapanNya, sebab JIWANYA sendiri MELEMAHKAN NYA. WASPADAI jika masih ada tuduhan-tuduhan ini, sebab itu adalah PEKERJAAN SI JAHAT yang tidak suka kita mendekat kepada Allah. 

Sebab WALAUPUN kita SUDAH mengalami LAHIR BARU, namun posisi kita masih rentan, MASIH JATUH BANGUN. Mengapa? Karena JIWA orang itu BELUM SELURUHNYA DIMENANGKAN bagi Allah, walaupun jiwanya sudah diselamatkan. Ini seperti bangsa Israel yang masih harus menghadapi 7 MUSUH sesudah masuk ke Kanaan yang harus dihalau oleh mereka. Musuh-musuh mereka merepresentasikan  roh intimidasi, sulit percaya firman/percaya hal lahiriah,  angkuh, rendah diri, tidak takut Tuhan, hidup dalam kecemaran/kontaminasi*.

Sebaliknya kita yang PERCAYA AKAN NAMA NYA sudah ada di DALAM DIA dan DIA ADA di dalam kita yakni ROH yang TELAH IA KARUNIAKAN (1 Yohanes 3:23-24.) Ini hidup kita yang dipimpin oleh Roh Kudus. 

*3. Apa sebenarnya yang Roh Kudus inginkan supaya kita doakan?*

Supaya DATANG PEMERINTAHAN ALLAH  di dalam hidup kita dan KEHIDUPAN-NYA mengalir dalam tubuh kita - yakni aliran air hidup itu mengalir,  mulai dari roh, melimpah kepada jiwa dan terus kepada tubuh kita. Sebab Kristus telah datang supaya kita MEMPUNYAI HIDUP dan mempunyainya DALAM SEGALA KELIMPAHAN.  Pemerintahan dan kehidupanNya akan memberikan KEBENARANNYA, DAMAI SEJAHTERA, SUKACITA DAN KEKUATAN kepada roh,  jiwa dan tubuh untuk kita MELAKUKAN KEHENDAK-NYA dan untuk berkarya dalam kehidupan kita sehari-hari. 

*4. Apa yang kita minta pasti akan diberikanNya. Apa yang kita minta?*

*Kita minta hikmat dan pengertian untuk dapat melakukan setiap firman yang mendatangi hidup kita supaya kita makin diubahkan menjadi serupa dengan gambar Nya, yakni karakter Nya.*

Kita tidak harus mencari-cari kesempatan, biarlah kesempatan itu yang mendatangi hidup kita.  Maka, *kita minta supaya tidak lagi melakukan KEBODOHAN DAN PERBUATAN SIA-SIA sehingga mudah bagi-Nya untuk MEMBAWA KITA KEPADA HIDUP YANG KEKAL.*

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman