SAAT TEDUH 4 JULI 2020 - PANGGILAN SAMUEL

Freebiblepics.com



Bacalah terlebih dahulu: 1 Samuel 2:18,19,26

_1 Samuel 2:18-19, 26 (TB)  Adapun Samuel menjadi pelayan di hadapan TUHAN; ia masih anak-anak, yang tubuhnya berlilitkan baju efod dari kain lenan._
_Setiap tahun ibunya membuatkan dia jubah kecil dan membawa jubah itu kepadanya, apabila ia bersama-sama suaminya pergi mempersembahkan korban sembelihan tahunan. Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar dan semakin disukai, baik di hadapan TUHAN maupun di hadapan manusia._

*1. Bagaimana Hana membentuk Samuel menjadi pelayan Tuhan?*

Pertama, Hana membentuk Samuel berdasarkan ikat-janji (nazarnya) dengan Allah.

Kedua, nilai-nilai kekekalan ilahi dari rumah Elkana  juga diwariskan kepada Samuel melalui Hana.

Belajar dari keluarga Elkana, dalam keadaan apapun, kita harus memiliki kerinduan, mengusahakan dan rela berkorban untuk mengalami peningkatan dalam iman dan kehidupan spiritual (ascending / ziarah) kita demi menjawab kebutuhan Tuhan.  Pada waktuNya Tuhan yang melakukan segala sesuatu yang sebenarnya sudah disediakan Nya bagi mereka yang mengasihi Nya (melakukan kehendak Nya). 

*2. Jelaskan siapa yang membentuk Samuel menjadi pribadi yang disukai oleh Tuhan dan manusia, dan bagaimana prosesnya!*

Ketaatan Elkana untuk menyembah dan berkorban (berziarah) setiap tahun membuat kehidupan rohani keluarga ini mengalami "ascending" atau dampak dari arti ziarah itu sendiri.

Selain  terjadi peningkatan iman, juga terjadi pemulihan hubungan keluarga, dari perpecahan (division) menjadi penyatuan (devotion)  penyembahan dan iman. 

Konsentrasi Hana dan juga Elkana menyatu dalam pembentukan karakter Samuel. Dan Hana setiap tahun membuatkan baju efod bagi Samuel, berarti secara khusus memberikan perlindungan supaya Samuel hanya bersandar kepada Allah dan bertindak hati-hati sesuai kehendakNya. Dan melindunginya  dari kecemaran yang dilakukan keluarga imam Eli. 

Imam Eli sendiri berperan mengajar Samuel bagaimana mendengar dan mengenali suara Tuhan dan bagaimana merespon Nya. Semua pelayanan Samuel di rumah Tuhan ada dalam pengawasan dan supervisi imam Eli. 

*3. Apa aplikasi yang bisa kita ambil dari hidup Samuel?*

Tuhan tidak memandang usia. Tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat. Baginya semua tepat, asal kita menyediakan diri dan memiliki sikap mengabdi (devoted to Him, sold to Him) kepada Tuannya. Bagaimana pun kita telah ditebus Nya (roh, jiwa dan tubuh kita) dan harganya telah lunas dibayar dengan darah yang mahal, maka tidak ada lagi hak kita, tidak ada lagi agenda kita.

Apa yang dilakukan Elkana dan Hana dan segala petunjuk dan arahan imam Eli, telah menjadi jalan bagi Samuel untuk meraih karunia-karunia prophetik dan apostolik. 
Suara Tuhan terdengar dari Dan sampai Bersyeba melalui mulut Samuel. Sorga terbuka bagi seluruh Israel.   Dan ketaatan yang dilakukan Samuel menjalani panggilan hidupnya (his devotion) itu telah membuat Allah  mengembalikan bangsa Israel kembali kepada destiny-nya. 


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman