SAAT TEDUH 2 JULI 2020 - DOA HANA

Bacalah terlebih dahulu: 1 Samuel1:1-28
Umat Israel mengalami penurunan secara spiritual, Firman Tuhan jarang, dan penglihatan-penglihatan tidak sering. Bertahun-tahun lamanya Hana berdoa dan bertahun-tahun pula Tuhan mencari tempat bagi Firman. Sampai suatu waktu, Hana menangkap kebutuhan Tuhan dan mengubah doanya. Doa Hana dikabulkan bukan karena intensitas atau banyaknya berdoa, melainkan karena isi doanya menjawab kebutuhan Tuhan. Sebelumnya motivasi Hana salah,tetapi Hana menyelaraskan frekuensinya dengan agenda Tuhan. Ia menyamakan persepsinya dengan Tuhan.



1. Apa yang dilakukan Hana setiap tahun?

Hana ikut bersama suaminya dan madunya Penina serta anak-anaknya Penina melakukan ziarah di Silo. Ziarah ini menurut penjelasan Alkitab (commentary Bible) adalah pada saat perayaan Pondok Daun. Pada setiap kesempatan itu Hana selalu berdoa untuk meminta anak, sebab dia mandul. Dan dia selalu dihina dan diprovokasi oleh Penina, sehingga sangat sedih hatinya. Sedangkan perayaan Pondok Daun itu biasanya berlangsung selama 7 hari.

2. Sebelumnya apa yang menjadi motivasi Hana dalam berdoa? 

Hana berdoa dengan motivasi yang wajar bagi seorang perempuan untuk dapat memiliki anak dan supaya ia tidak di bully terus oleh Penina. 

3. Apa yang menjadi nazar Hana kepada Tuhan?

Masih dengan hati yang sedih, tetapi dengan motivasi yang berbeda, Hana bernazar supaya ia boleh diberikan seorang anak laki-laki yang akan diberikannya kepada Tuhan sebagai nazir Allah. Seorang nazir Allah dikhususkan hidupnya untuk hanya melayani Tuhan. Hana tau apa artinya itu, sebab dari tahun ke tahun ke Silo, dia dapat merasakan kekeringan dan kekosongan Firman Tuhan di Israel, seperti yang dirasakan hatinya. Hana bernazar untuk menjawab kebutuhan Tuhannya.

4. Apakah kita juga masih berdoa untuk Tuhan menjawab setiap kebutuhan kita?

Tidak lagi saya berdoa untuk kebutuhan sendiri,  
sudah beberapa tahun terakhir ini, setelah saya menyadari dan berhasil meyakini diri, bahwa ada hal yang lebih besar dari sekedar kebutuhan kita, yaitu kebutuhan Tuhan. 

Untuk kebutuhan sehari-hari, saya hidup dalam iman dari apa yang ditambah-tambahkan Nya.

Kita rindu menjadi generasi penjawab kebutuhan Tuhan, bagaimana seharusnya kita berdoa?

Kita harus berterimakasih karena boleh mengenalNya bukan hanya karena Dia melakukan sesuatu buat hidup kita. Tapi kita bersyukur karena keberadaanNya, karena rencanaNya yang agung dan mulia, karena Dia adalah KASIH.

Kita hidup KARENA-NYA (salibNya, kematianNya) . Kita hidup OLEH-NYA (anugerah Nya, kuasa kebangkitan-Nya, dan kasih-setiaNya). Dan kita hidupi KEHIDUPAN-NYA (Roh Kristus di dalam kita, seperti pohon di aliran sungai kehidupan, berdasarkan kasih-karuniaNya).

Sebab itu sangatlah wajar apabila kita berdoa untuk kepentinganNya. Kebutuhan Nya menjadi kebutuhan kita juga, agenda Tuhan menjadi agenda kita juga. Takkan kekurangan aku, menjadi I shall not want, sebab kita percaya Kristus membawa kita kepada hidup dan hidup yang berkelimpahan dalam segala hal (roh, jiwa dan tubuh). Amin.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman