SATE 14Juli2020 - TEMPAT RAHASIA

Dalam Matius6:5 dikatakan “Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi.Maka Bapamu yang ada ditempat tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” 


Kata kamar di ayat ini adalah ruangan yang private di mana kita hanya bisa menyenangkan atau memuaskan (impress) Tuhan. Pada masa Yunani kuno, kata ruangan di sini adalah ruangan yang biasa dipakai sebagai ruang penyimpanan untuk menyimpan harta.Selain itu, setiap rumah orang Yahudi. Diatap rumahnya (Matius9:2), selalu ada sebuah tempat rahasia untuk berdoa(devotion).

Bacalah terlebih dahulu: Matius6:5-15, Matius9:2, Markus1:35, Lukas12:24


*1. Di manakah tempat rahasia (secretplace)-mu?*

Ketika setiap pagi kita datang kepada Bapa untuk berdoa, menyembah dan bersekutu dengan-Nya itu adalah hal yang terbaik yang dapat kita lakukan, sebab kita datang kepada yang kita kenal  (Yoh 4:22). karena Yesus sudah menyatakan Bapa kepada kita. 

*Tempat rahasia saya adalah tempat di mana saya bersekutu di mana Dia ada.  Saya datang menjumpai Dia yang bernama "AKU ADALAH", supaya saya dapat mengalami HIDUP yang dikaruniakan Nya  dan menjalani hidupNya itu.*

*Di tempat rahasia itu, Dia MENGUBAHKAN saya dan MELEPASKAN saya dari KE-AKU-AN,dari kebodohan dan menghindarkan saya dari perbuatan yang sia-sia. (bukan melepaskan dari kesulitan secara langsung, karena dengan kekuatan yang Dia berikan, saya harus bisa mengatasi kesulitan saya). 

Di situ hidup saya tetap tersembunyi di dalam hidupNya supaya saya disatukan dalam kasihNya untuk tidak HIDUP dan berfungsi dalam ketakutan, kekhawatiran atau kecemasan.  Tidak juga kita berfungsi karena tugas, atau perasaan bersalah*. 

Dia menyamakan pandangan,  persepsi dan ukuran penilaian menurutNya, bukan menurut pendapat saya. Dia telah memberikan identitas baru kita sebagai putraNya, bukan sebagai orang yang memiliki karunia-karunia atau pengurapan. Dia bahkan sudah mencatatkan nama kita dalam kitab kehidupan (engagement of life) sejak sebelum dunia dijadikan. 


*2. Bagaimana kalian bisa mengetahui secret place-mu?*

Dari pengalaman sehari-hari (bukan dari pengalaman di Alkitab) kita bisa tau, ini adalah tempat pertemuan antara sorga dan bumi. Ketika Dia mengetuk pintu hati saya di pagi hari, saya terbangun,  dan  membukakan pintu; saya datang berdoa dalam bahasa roh dan menyatakan kebenaran firmanNya, maka  mudah bagi Dia membawa saya berada di sana dan masuk ke hadirat-Nya. 


*3. Pada saat kapan kita harus masuk ke ruang rahasia?*

Setiap hari, bukan hanya sesekali atau sekedarnya. Bukan hanya pada saat kita membutuhkan sesuatu dari-NYA.

*Musuh berusaha melucuti setiap orang milik kepunyaan Bapa dari apa yang dia miliki - termasuk otoritas dari kuasa penyembahan dalam roh  dan kebenaran.  Musuh tidak menghendaki kita mendengar SUARA BAPA YANG DIURAPI NYA di tempat yang mahatinggi di alam sorga (proceeding words). Berkat yang bukan dari Tuhan dan kesibukan kita menjauhkan kita dari doa. 

*4. Mengapa kalian harus berdoa di tempat rahasia?*

*Hanya di tempat rahasia kita bisa merasakan dan mendapatkan realitas sorga seperti yang Yesus Kristus katakan: ALAM MAUT TIDAK BERKUASA ATAS HIDUPMU: ROH, JIWA dan juga TUBUH kita terpelihara sampai Yesus datang (1 Tes 5:23).*

Selama kesetiaan dan hati kita ada di sana; kita akan terus mengalami *REALITA SORGAWI sebenarnya: kita akan mendapatkan visi, yang akan mengubahkan pandangan,  mendapati ukuran, dimensi dan persepsi yang berbeda dengan apa yang kita ukur selama ini. Pengertian, hikmat dan kekuatan* kita akan bertambah-tambah sebanyak kelemahan dan kekurangan yang kita serahkan,  karena itu artinya Dia tidak memberikan dasar pijakan kita sendiri selain yang daripada Nya. 

*Semakin sering kita menghadap hadirat Nya semakin kita diperkaya. Kita akan dapat melihat perspektif dari tujuan hidup kita lebih jelas, bagaimana kita bisa sampai masuk ke tempat perhentian-Nya. Kita dapat lebih memahami perspektif dan dimensi-dimensi firman yang mendatangi kita: maksudnya, pengertiannya, kedalamannya, latar belakangnya dan menangkap kekuatan firman itu.  Setiap perkataanNya yang kita kerjakan akan mengokohkan langkah kita dan kita tidak akan menjadi lelah.*

Kita akan melintasi banyak hal, melintasi banyak kesulitan, melintasi banyak pertentangan dan konflik. Angin dan badai pasti datang; tapi *kasih-karuniaNya akan membuat kita banyak belajar dan mengerti akan PENYERTAAN ROH dan PEKERJAAN ALLAH lewat Firman dan Roh-Nya dalam hidup kita. Kita dan Roh akan menjadi teman seperjalanan. Kesatuan itu akan kita dapatkan dalam perjalanan menuju destiny.*

*Mudah bagiNya untuk menjadikan semuanya baik-baik saja, namun kita tidak akan mendapatkan apa yang Dia inginkan bagi kita. Semuanya itu hanya kita temukan di tempat rahasia kita.*

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman