SATE 10Juli2020 - Pengaruh Kuat Kuasa Firman pada Tubuh Kita

Bacalah terlebih dahulu: Efesus6:10-20


Kita sedang mengkondisikan hidup kita untuk selalu dipengaruhi oleh dimensi kehidupan Ilahi yang ada di dalam Firman. Jika seseorang sedang terus dipengaruhi oleh kehidupan Ilahi, otomatis pengaruh kegelapan, pengaruh pekerjaan roh-roh dunia maupun pengaruh dari si jahat sendiri tidak memberi efek apapun kedalam hidup kita. 

Sama seperti seseorang yang memiliki daya tahan tubuh (immune tubuh) yang kuat, maka walau setiap waktu ia berinteraksi dengan berbagai virus, bakteri, dan zat-zat lainnya, ia tidak akan menjadi sakit atau terpengaruh karena kuatnya immune tubuh yang ia miliki.

Demikian pula saat seseorang terus menjalani hidup di bawah pengaruh kuasa Roh dan Firman, kehidupan Ilahi yang dengan kuat mencengkeram hidupnya, maka musuh tidak akan mempengaruhi hidupnya. Seperti Paulus yang terus menyala-nyala karena pekerjaan Roh dan Firman dalam hidupnya, disaat sakit sekalipun itu tidak mempengaruhi hidupnya.

*1. Apa yang menjadi immune tubuh kita menurut Paulus?*

Ada 2 kuasa dari 2 pemerintahan yang bekerja: kuasa dosa dari pemerintahan maut dan kuasa kehidupan dari pemerintahan Kerajaan Sorga. 

Pengaruh dari pekerjaan si jahat melalui kuasa dosa membuat kemerosotan pada tubuh kita. Terlebih lagi, pengaruh dari pekerjaan Roh dan Firman di dalam tubuh kita, akan memberikan HIDUP pada setiap sel tubuh. *Jadi menurut Paulus, di dalam  kekuatan kuasa-Nya itulah yang membuat kita immune terhadap pekerjaan si jahat yang mencoba mempercepat kemerosotan tubuh dengan berbagai cara: makanan, gaya hidup, sakit penyakit, kecelakaan.*

*2. Mengapa efek/pengaruh sijahat tidak dapat lagi masuk dalam hidup kita?*

Yesus berkata Dia datang supaya kita mempunyai HIDUP yang berkelimpahan dalam segala hal (Yoh 10:10) dan itu termasuk juga TUBUH yang sehat dan kuat, sebab Tuhan mempunyai KEPENTINGAN VITAL atas tubuh kita. TUBUH UNTUK TUHAN DAN TUHAN UNTUK TUBUH (1 Kor 6:13). Karena itu Tuhan yang juga memelihara bukan saja roh dan jiwa, tapi juga tubuh (1 Tes 5:23).
Dia yang ada di dalam kita jauh lebih besar dari kuasa atau pemerintahan apapun, sehingga pengaruh dan pekerjaan si jahat melalui dosa dan maut tidak punya efek lagi. 

_1 Korintus 6:13 (TB)  Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi TUBUH bukanlah  untuk percabulan, melainkan UNTUK TUHAN, DAN TUHAN UNTUK TUBUH._

_Yohanes 10:10 (TB)  Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai HIDUP, dan mempunyainya DALAM SEGALA KELIMPAHAN._

_1 Tesalonika 5:23 (TB)  Semoga ALLAH DAMAI SEJAHTERA menguduskan kamu SELURUHNYA dan semoga roh, jiwa DAN TUBUHMU TERPELIHARA SEMPURNA dengan TAK BERCACAT pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita._

*3. Tuliskan komitmen kita setelah mengetahui kebenaran ini?*

Dengan iman dan memercayai firman yang Yesus Kristus dan sumber anugerah lepaskan, saya mau menjagai tubuh ini dari segala kecemaran dosa, kekhawatiran, ketakutan akan maut dan makanan tidak sehat. 

Sebaliknya menguatkan dan menghidupi tubuh saya dengan kuat kuasaNya yang bekerja melalui firman dan Roh Kudus dan menjadikan kebenaran firman, damai sejahtera Nya dan sukacita sebagai ANDALAN menjaga tubuh dari percepatan kemerosotan, sakit penyakit dan perlindungan Nya dari kecelakaan; sehingga saya dapat menyelesaikan pekerjaan dan panggilan saya untuk sampai pada garis akhir. 


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman