SAAT TEDUH 8 Juli 2020 - Hidup Dipimpin Roh

Bacalah terlebih dahulu: Galatia 5:16-18, Amsal 2:1-5

src: sermonslifefaith.com



*1. Apa yang menjadi bukti bahwa seseorang dipimpin oleh Roh?*

*Daging itu mempunyai keinginan yang kuat untuk melakukan perbuatan dosa. Itu karakter daging yang tidak dapat diubah seumur hidup kita, sebab sudah tercemar dosa. Ada kuasa dosa yang bekerja pada daging (sarx). Namun ada juga kuasa yang jauh lebih besar bekerja melawan keinginan daging itu (Efesus 1:19,21).*

Setelah mengalami lahir baru, kita diberikan KUASA untuk MENGALAHKAN KUASA DOSA. ALLAH telah:

1) MEMBAWA kita kepada TERANG NYA yang ajaib, untuk dapat MELIHAT PEMBANDING  yakni YESUS sebagai ORANG NAZARET, BUKAN Kristus sebagai Tuhan.

2) menghidupkan roh kita (hati nurani) membedakan mana yang baik yang sesuai dengan kehendak Allah;

3) mengaruniakan ROH KUDUS yang merupakan KUASA ALLAH, representasi dari Kerajaan Sorga yang MENOLONG kita dalam SEGALA KELEMAHAN (roh, jiwa dan tubuh) kita. 

*Apabila kita dipimpin Roh Kudus maka akan NAMPAK NYATA hasil pekerjaan Nya itu dan DAPAT DILIHAT (penampilannya, perbuatannya), DIDENGAR (tutur katanya, Kebenarannya, reputasinya), DIRASAKAN (damainya, sukacitanya) dan DIALAMI (kebaikannya, pengorbanannya)  ORANG LAIN yang menyaksikan kehidupannya.*

2. Bagaimana sikap kita terhadap perkataan Tuhan melalui sumber anugerah yang dikatakan oleh Amsal?

Supaya kita menerima perkataan sumber anugerah, menyimpan perintah itu dalam hati; memperhatikan hikmat dan pengertian, berusaha memperoleh hikmat dan pengertian, mencarinya seperti mencari harta terpendam. 

3. Apa yang kita dapatkan jika sikap kita benar terhadap perkataan sumber anugerah?

Kita akan memperoleh pengertian apa itu takut akan Tuhan dan beroleh pengenalan akan Tuhan, sehingga kita berhati-hati dalam setiap langkah dan perbuatan kita dan dapat melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan.  Seorang sumber anugerah akan menjadi jalan, bukan hanya menunjukkan jalan  untuk setiap jemaat - yang mencari-Nya dengan haus dan lapar - sampai kepada Bapa. Itu juga yang Yesus sudah lakukan. Bapa itu kekal. Kita akan dibawa kepada hidup yang kekal, bukan ke sorga. 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman