SAAT TEDUH 3 JULI 2020

Bacalah terlebih dahulu: 1 Samuel1:1-28

Setelah Hana hamil dan melahirkan Samuel, Hana tentu mengetahui betapa singkatnya waktu yang Hana miliki bersama Samuel yang lama dinanti-nantikannya. Alkitab tidak mencatat bahwa Hana goyah dalam menepati nazarnya ini. Hana justru mengungkapkan rasa sukacitanya karena Tuhan (ISamuel 2:1).Ada rasa sukacita karena berhasil melakukan sesuatu bagiTuhan. Hana meneguhkan hati untuk menyerahkan Samuel, karena Hana bukan hanya bisa mengetahui kebutuhan Tuhan, namun juga berani untuk memberi yang terbaik. Hana minta1dan ia serahkan1itu untukTuhan (1 Samuel 1:11)

*1. Apakah imam Eli tahu apa yang menjadi kesusahan Hana?*

Imam Eli tidak tau kesusahan yang dialami Hana, malahan ia mengira Hana mabuk. Sebab sangat mungkin pada waktu itu banyak orang yang mabuk-mabukan ketika berziarah di Silo. Itu mengikuti pola kecemaran yang dilakukan oleh anak-anak imam Eli sendiri. Betapa mengerikannya bahwa keadaan rumah Tuhan telah disusupi pengaruh dosa dan iblis sedemikian rusak. 



*Apa yang dikatakan imam Eli kepada Hana?*

1 Samuel 1:17 (TB)  Jawab Eli: "Pergilah dengan selamat, dan Allah Israel akan memberikan kepadamu apa yang engkau minta dari pada-Nya."

Saya percaya imam Eli tidak berbohong atau hanya berceloteh atau bermanis bibir kepada Hana. Allah yang setia telah menjawab doa Hana melalui imam Eli. Oleh sebab itu ia juga memberikan ucapan selamat kepada Hana. 

2. Apa jawaban Hana kepada imam Eli? 

1 Samuel 1:18 (TB)  Sesudah itu berkatalah perempuan itu: "Biarlah hambamu ini mendapat belas kasihan dari padamu." (Find favor in thy sight). Lalu keluarlah perempuan itu, ia mau makan dan mukanya tidak muram lagi.

Dari jawaban Hana kita mengetahui, bahwa ia mendapatkan konfirmasi atas doanya dari imam Eli, sehingga setelah itu ia mau makan dan mukanya tidak muram lagi. 

3. Apa yang membuat Tuhan mengingat dengan kata lain menjawab doanya Hana? 

Karena Hana telah mengalami pergeseran pola pikir dan menyelaraskan frekuensi hidupnya sesuai dengan kehendak Allah. Hana juga telah memohon dengan tepat supaya sesuai dengan kasih sertiaNya, Allah mau menilik penderitaannya dan dengan kasih karunia Nya Allah mau mengingatnya

*Saudaraku, jangan anggap remeh kuasa dari ingat-ingatan. Bila Allah mengingat kita, tanpa meminta pun Dia akan memberikan apa pun yang kita perlukan.* Maka, janganlah lupa untuk selalu datang kepadaNya dan bersekutu denganNya tiap-tiap pagi, dalam roh dan kebenaran. 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman