Apakah fungsi dari roh kita itu?

SATE 7 December 2020

Bacalah terlebih dahulu: Yudas 1:17-19, 1Korintus 2:14-16, Mikha 6:7, Yehezkiel 18:4

 

Roh berasal dari Allah, dan jiwa bukan berasal dari Allah! Hal yang berbahaya adalah terjadi kekacauan di dalam diri manusia, yaitu jiwa yang berpadu dengan roh, sehingga manusia tidak dapat lagi membedakan ini dari jiwa atau ini dari roh di masa yang akan datang, roh manusia kehilangan fungsi dan peranan secara total sehingga manusia tidak dapat bersekutu dengan Allah.

 

Menjelang akhir zaman akan tampil para pengejek yang akan hidup menurut hawa nafsu yang hidup menurut keinginan dunia dan tanpa Roh. Jadi ketika roh kehilangan fungsi untuk bersekutu dan melayani Allah, maka kita akan menjadi pengejek karena kita akan bergerak sesuai dengan jiwa kita, sehingga terlihat roh bersatu dengan jiwa manusia. Mereka akan melihat dan akan memilih firman-firman itu cocok atau tidak sesuai dengan kebutuhan jiwa mereka dan bukan lagi roh. Manusia duniawi tidak dapat menerima apa yang berasal dari roh, karena menurut manusia tersebut mengikuti roh adalah suatu kebodohan karena mereka tidak dapat paham. Jadi poin penting untuk kita adalah jiwa yang melakukan dosa, dan ketika jiwa itu ada di dalam manusia, maka manusia itu disebut berdosa. Dosa berarti kehendak, kemauan dan keputusan (jiwa) yg menyetujui pencobaan.

 

*#1. Apakah fungsi dari roh kita itu?*

 

Fungsi roh untuk dapat berkomunikasi dan bersekekutu dengan Elohim, yang rupa-Nya adalah Roh. Hanya dengan roh kita bisa mengakses alam sorgawi, dan mengakses alam supranatural dengan iman, di dalam roh kita, bukan dengan pancaindera kita. Maka iman itu bisa dikatakan sebagai indera ke-6.

 

Roh yang mati bisa mengakses alam roh, tapi bukan alam sorgawi, ada dosa yang menghalangi menjadi tabir.  Bagi orang fasik dan terus memberontak, melawan Allah dan tidak mau mendengar Allah, akan ada tabir yang digambarkan terbuat dari besi tembaga yang tidak bisa ditembus.  

_Ulangan 28:23 Juga langit yang di atas kepalamu akan menjadi tembaga dan tanah yang di bawahpun menjadi besi._

 

*#2. Bagaimana supaya roh kita itu kembali kepada fungsi seharusnya?*

 

Allah mengambil inisiatif untuk melakukan penebusan dosa dunia ini. Dia mendatangi kita dengan Firman-Nya melalui Yesus Kristus, Firman yang menjadi manusia.   Yesus mengambil RUPA manusia yang BERDOSA, dengan segala keadaannya dan kelemahannya. Ia dicobai oleh iblis, namun Ia tidak berdosa; karena Roh Tuhan ada pada-Nya.

 

Tuhan Allah menawarkan kita bukan hanya penebusan dan keselamatan. Keselamatan adalah jalan untuk membuat roh kita hidup kembali; tapi lebih dari itu panggilan-Nya kepada semua manusia adalah untuk MENJADI SEGAMBAR menurut RUPA Allah.  

 

Dalam panggilan-Nya terkandung KESELAMATAN DAN HIDUP YANG BARU. Hidup yang menggambarkan RUPA Allah dengan KUASA dan KEMULIAAN yang sejak semula ditetapkan-Nya, dalam RENCANA AGUNG dan DESAIN Allah bagi manusia; sejak sebelum dunia dijadikan (Kej 1:26,27). Maka dalam panggilan-Nya terkandung  KEKAYAAN ALLAH yang diperuntukan bagi mereka yang dikuduskan-Nya, dipisahkan dari sisa dunia. Kekayaan yang diberikan untuk hidup yang baru itu:    IMAN ALLAH, PENGURAPAN, KUASA dan KEMULIAAN.

 

_Efesus 1:18-19 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya._

 

 

*#3. Apa yang menyebabkan seseorang itu MEMILIH Firman?*

 

Karena dia SUDAH DITERANGI hatinya, sehingga MAMPU membedakan KEBENARAN, membandingkannya dengan DOSA dan KEJAHATAN yang lampau. Ia merasakan dan sadar akan ketidakmampuan dan ketidakberdayaan karena TEKANAN dan PERHAMBAAN oleh KUASA DOSA dan MAUT. Ketika PENGHARAPAN  dan Pribadi FIRMAN (Yesus Kristus) itu datang  dan ia mau menyambut-Nya, ia masuk ke dalam program dan rencana keselamatan Allah.  

 

Banyak orang terhenti pada tahap “Injil Keselamatan” padahal IA menawarkan lebih dari apa yang kita pikirkan, yaitu KERAJAAN-NYA.   Hanya di dalam Kerjaan Sorga ada siklus kehidupan dan kemenangan, sebab Imam Besar Agung itu ada di dalam Kerajaan Sorga, bukan kerajaan dunia ini.  

 

Jemaat Efesus telah menerima keselamatan dan baptisan pertobatan; namun merasa asing mendengar ROH KUDUS.

 

_Kisah Rasul 19:2 Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: *"Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."*_

_3  Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."_

_4  Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah *pembaptisan orang yang telah bertobat*, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa *MEREKA HARUS PERCAYA KEPADA DIA YANG DATANG KEMUDIAN DARI PADANYA, YAITU YESUS"*_

_5  Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus._

_6  Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, *turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.*_

 

Tujuan kita dipanggil bukan stop sampai kepada keselamatan; tapi harus PERCAYA KEPADA DIA – YAITU YESUS – yang adalah FIRMAN yang MENJADI MANUSIA.

 

_Yohanes 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;_

 

Jika kita MENERIMA DIA, MENERIMA FIRMAN, kita diberikan KUASA – yakni ROH KUDUS – untuk menerima KEHIDUPAN ILAHI dan DIJADIKAN sebagai anak-anak Allah.  Jadi kita harus memilih paket KEHIDUPAN-Nya di dalam Kerajaan Sorga, yakni Firman dan Roh yang akan terus membangun hidup kita dan menjadikan, membentuk kita sebagai anak-anak Allah.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman