Rahasia Hikmat Allah Tersembunyi Bersama Di dalam Kristus

SATE  1 December 2020 – 

Bacalah terlebih dahulu: 1 Tesalonika 5:23, Roma 12:1-2, 2 Kor 10:3-5

 

Keseluruhan bagian dari kehidupan manusia itu terdiri dari roh, jiwa dan tubuh. Tubuh untuk memanifestasikan apa yang ada di dalam roh dan jiwa, hal yang perlu kita ketahui adalah roh berasal dari Allah sedangkan jiwa itu bukan berasal dari Allah. Maka dari itu yang menjadi sasaran musuh di dalam hidup kita adalah dengan menggunakan jiwa kita. Sedangkan jiwa ini terdiri dari pikiran, perasaan dan kehendak. Perasaan memegang peranan yang kecil untuk menggerakan kehendak manusia, maka dari itu musuh menggunakan sisi pikiran manusia dan membangun benteng dan kubu disana sehingga manusia tidak dapat sampai kepada pengenalan akan Tuhan yang seutuhnya.

 

Di dalam Matius 6:25-34 dan Lukas 12:22-26 Yesus menjelaskan tentang pentingnya mencari Kerajaan terlebih dahulu, di ayat-ayat sebelumnya dijelaskan tentang berbagai macam hal kekhawatiran. Di dalam bahasa Inggrisnya kata khawatir ini menggunakan kata “Take no thought” atau “Jangan berpikir!” Artinya adalah kekhawatiran ini adalah hasil dari proses berpikir. Kita akan dibawa si jahat untuk dibawa ke area dimana menjanjikan kemenangan untuk dia yaitu di dalam area pikiran dan membawa kita untuk melakukan apa yang kita inginkan bukan hal yang kita butuhkan!

 

*#1. Bagaimana menghancurkan benteng dan kubu musuh di pikiran kita?*

 

Kita harus membombardir dengan firman, pikiran kita dan jiwa kita, sehingga kita mengalami perobahan pola pikir seperti apa yang Allah katakan kepada Yosua:

_Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung_ (Yos 1:8).

 

Ketika pola pikir kita sudah berobah, maka terhadap segala hal kita tidak lagi melihat secara natural,  tidak hanya melihat fakta-fakta yang ada, keadaan sulit, pandemi, ekonomi lagi sulit; tapi kita ijinkan firman itu menyerbu pikiran kita dengan merenungkannya siang dan malam. Itu akan membuat kita berbuat bertindak selaras dengan firman. Dengan demikian perjalanan kita  akan berhasil dan kita akan beruntung. Kita akan sampai pada garis akhir dengan kuat.

 

*#2. Bagaimana cara kita melawan pemikiran dari dunia ini?*

Hanya jika kita percaya dan memegang firman dan kebenaran-Nya;  kebenaran dan hikmat dunia akan nampak sifat aslinya. Kita akan dapat melihat dalam terang kemuliaan dan api Roh Kudus.  Apa yang dulu dianggap menguntungan dan dianggap mulia itu ternyata merugikan kita semua, mempermalukan  kita, merupakan kebodohan. Paulus menyebut semua yang menjadi kebanggaannya dulu seperti  sampah. Kita menjadi seperti itu setelah kita makin mengenal pribadi Kristus Yesus.

_Filipi 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,_

 

_Yesaya 55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu._

 

Segala perkara, tidak akan lagi menjadi misteri dan rahasia dengan pengertian dan hikmat yang dari Allah di dalam pengenalan-Nya.

_Filipi 4:12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara *tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku*; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan._

 

_1 Korintus 2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita._

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman