Roh Tuhan Sebagai Pelindung

  21 December 2020

 

Bacalah terlebih dahulu: 1 Tesalonika 5:23-24

 

Tingkat rohani yang diharapkan Tuhan adalah ketika roh, jiwa, dan tubuh kita terpelihara sempurna pada saat kedatangan Yesus kedua kalinya.

 

Tubuh kita ini adalah jendela sehingga yang masuk melalui panca indra kita akan diteruskan ke jiwa. Tubuh merekam apa yang kita lihat, dengar, rasakan dari luar dan ditampung oleh jiwa. Hal-hal buruk yang diteruskan ke jiwa bisa membuat jiwa kita sakit. Tetapi karena kita sudah LAHIR BARU, yang tertampung dalam jiwa kita disaring oleh roh. Mulai dari Roh Kudus yang memenuhi roh kita kemudian diteruskan dengan jiwa kita yang dipenuhi dengan FIRMAN TUHAN dan tubuh kita sebagai BAIT ALLAH.

 

Roh Tuhan sebagai pelindung/covering kita sehingga yang masuk dalam jiwa dan tubuh kita hanya yang baik. Karena Tuhan menghendaki roh, jiwa, dan tubuh kita ini terpelihara sempurna.

 

*#1. Bagaimana kita bisa menjaga agar jiwa kita tetap ada dalam kondisi baik?*

 

Kita tidak perlu mendengar  semua hal atau melihat semua tayangan yang disajikan media. Tidak harus membaca semua WA. Kita harus bekerjasama dengan Roh Kudus, menyaring semua hal yang tidak berguna dan tidak patut.

 

Dari siapa kita mendengar itu sangat penting. Semakin kita mengenal Yesus Kristus, semakin kita mendapati bahwa kebanyakan berita dan tayangan di TV  dan media online itu tidak berguna.

Kita bisa menilainya dengan mudah memakai roh kita sendiri. Sebaliknya yang duniawi tidak bisa menilai yang rohani.  

 

_1 Korintus 2:15 (TB)  Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain._

 

 

2. Supaya tidak terjadi kontaminasi di jiwa, hal apa saja yang harus dijaga dalam tubuh kita?

Kita harus bisa menjaga hati. Bukan saja hati itu memancarkan kehidupan, tapi juga fungsi hati secara biologis menyaring racun bekerjasama dengan empedu, dan secara moral, secara rohani, hati menyaring juga sampah yang mencoba masuk dari pancaindera jasmani.

Hati harus konsisten menilai dan memilih mana yang baik, yang benar dan menyenangkan hati Tuhan, bukan untuk memanjakan mata, telinga dan selera mulut. Kita harus menjauhi pencobaan dari keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan.

 

_Yakobus 1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut._

 

_1 Yohanes 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia._

 

 

 

*#3. Bagaimana cara kerja roh dan kaitannya terhadap jiwa dan tubuh kita?*

 

Jadi roh bisa menilai, bisa juga menyaring dan roh bisa bersuara untuk menyatakan kehendaknya. Apa yang berasal dari roh tentunya berasal dari dorongan Roh Kudus.

 

Roh kita yang bekerjasama dengan Roh Kudus akan dapat  termanifestasi kuat, melakukan penetrasi kepada jiwa dan dieksekusi oleh iman melalui tubuh.

 

Maka, supaya roh kita kuat dan berfungsi sebagai mana seharusnya -  -  kita harus mengetahui, memahami dan mengenal setiap dimensi Roh Allah yang dikaruniakanNya kepada kita dan sekarang ada di dalam kita.

 

Yesaya 11:2 (TB)  Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

 

Ada 7 dimensi Roh Tuhan di atas.  Pengenalan akan Tuhan akan semakin dalam dan luas, hanya jika kita bekerjasama dan menuju kesatuan roh dengan Roh Kudus.

 

_1 Korintus 6:17 (TB)  Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia._

 

Maka FT yang mengatakan "Jika Tuhan di pihak kita, siapa lawan kita" tergenapi dalam hidup kita.

 

Paulus menggunakan bahasa yang lain sebagai kesaksian akan hal ini di Fil 4:12-13.

_Filipi 4:12-13 (TB)  Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan._

_Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku._

 

 

 

 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman