SATE 15 Agustus 2020 – HUBUNGAN ROH KUDUS DAN KUASA

Bacalah terlebih dahulu : Kisah Para Rasul 1:8

*Banyak orang berpandangan salah tentang Roh Kudus. Dia bukanlah hanya suatu kuasa yang bekerja dalam hidup kita tetapi Dia adalah satu Pribadi yang sangat nyata.* Ketika Roh Kudus turun maka kita mengalami kuasa di dalamNya. Kuasa tersebut memampukan kita berdampak bagi bangsa-bangsa. Kuasa yang Yesus maksud dalam terjemahan aslinya adalah dunamis, memberikan pengertian sebagai berikut:

a) Inherent power, power residing in a thing by virtue of its nature, or which a person or thing exerts and puts forth (kekuatan yang melekat, kekuatan yang berada dalam sesuatu berdasarkan sifatnya, atau yang diberikan dan diajukan seseorang atau sesuatu).

b) Power for performing miracles (kekuatan untuk membuat mujizat).

c) Moral power and excellence of soul (kekuatan moral dan keunggulan jiwa).

d) Power consisting in or resting upon armies, forces, hosts (kekuatan yang terdiri atau bertumpu pada tentara, pasukan, tuan rumah).

 

*#1. Apa hubungan Roh Kudus dengan kuasa?*

Yesus Kristus adalah Adam yang akhir. Jatidiri Yesus di bumi adalah LIFE GIVING SPIRIT (roh yang menghidupkan) dan bukan hanya menjadi mahkluk yang hidup seperti Adam pertama.  *Tanpa Roh Kudus, roh kita seperti Adam pertama (1 Kor 15:45)*.  Roh Kudus PENOLONG kita, MEMAMPUKAN roh kita, supaya  *dengan menjadi mitra dengan-Nya, KUASA daripada ROH YANG MENGHIDUPKAN  itu memancar dari dalam kita tanpa hambatan.*

-Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup," tetapi Adam yang akhir menjadi ROH YANG MENGHIDUPKAN. (1 Kor 15:45)._

 

*#2. Apa yang terjadi jika kuasa yang dari Roh Kudus turun atas kita?*

_Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, *AKAN MENGHIDUPKAN JUGA TUBUHMU yang fana itu OLEH ROH-NYA, YANG DIAM DI DALAM KAMU*. Roma 8:11_

 

*Jadi, KUASA dari ROH YANG MENGHIDUPKAN itu mulai dari SEKARANG MENGHIDUPI TUBUH KITA*, yang berarti *KUASA itu memancar dari roh kita, mengalir ke  hati (hati nurani, pikiran, perasaan) dan mengalir MENGHIDUPI TUBUH kita* (setiap organ tubuh, anggota tubuh terutama lewat MULUT kita, ke setiap sel tubuh).  ROH itu bekerjasama dengan firman yang kita terima, yang kita hidupi dan menggunakan  semua modal dasar kita (iman, pengharapan dan kasih).

 

*ROH YANG MENGHIDUPKAN itu memancar dan mengalir menjadi nafas hidup kita, menjadi denyut nadi kita, menjadi kekuatan dan kuasa yang bekerja melalui hidup kita, perkataan kita, perbuatan kita.*

 

*#3. Kita disebut saksi Kristus. Jelaskan pengertian dari saksi Kristus!*

 

Oleh ROH YANG MENGHIDUPKAN kita DIMAMPUKAN supaya bisa ME-MANIFESTASI-KAN  dan MENG-EKSPRESI-KAN  kehidupan Kristus yang ada di dalam kita.  Itu artinya menjadi saksi Kristus.

 

_IALAH MEMBUAT KAMI JUGA SANGGUP menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab HUKUM YANG TERTULIS MEMATIKAN, TETAPI ROH MENGHIDUPKAN._  (2 Korintus 3:6).

 

*SEMUA KEBERADAAN KITA MEMANCARKAN HIDUP KRISTUS, karena memercayai dan melakukan firman-Nya tanpai konflik batin lagi, tanpa konflik kepentingan (antara roh, tubuh dan jiwa), semua selaras tanpa hambatan.*

 

*Karena itu juga berarti kita SELALU BERADA di dalam posisi HUKUM ROH atau HUKUM KERJA ALLAH, sehingga kita bisa mengalami mujizat-Nya.*  Jadi, sebenarnya Allah yang bekerja melalui kita menjadi saksi Kristus. Dia yang menyatakan Kristus yang ada di dalam kita. Bukan murni pekerjaan kita sendiri, tapi dalam kemitraan bersama Roh Kudus.

 

Kalau pun kekuatan tubuh kita habis dan kita mati oleh karena tugas kita selesai (mencapai garis akhir), dikatakan itu seperti orang tertidur. Dan tubuh kita akan dibangkitkan kembali , pada waktu nafiri terakhir dibunyikan, sebelum kedatangan Yesus kembali. (1 Kor 15:52); sebab kita sudah berada di dalam HUKUM ROH YANG KEKAL.


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman