SATE 13 Agustus 2020 – ALAM MAUT

Bacalah terlebih dahulu : Matius 16:13-20, Yohanes 14:23-27 

Pengertian gereja yang dimaksud Yesus dalam Matius 16:16, adalah Alam maut tidak akan menguasainya. Dimaksudkan di sini adalah iblis dan semua usaha jahat dunia untuk membinasakan gereja Yesus Kristus. Bagian ayat ini tidak berarti bahwa seorang percaya, gereja lokal, atau persekutuan gereja, atau denominasi tertentu tidak akan pernah terjerumus ke dalam kedursilaan, ajaran sesat atau kemurtadan. Yesus sendiri sudah menubuatkan bahwa banyak orang akan meninggalkan iman, dan Ia mengingatkan gereja-gereja yang sedang meninggalkan iman agar berbalik dari dosa mereka, kalau tidak mereka akan disingkirkan dari kerajaan-Nya (Matius 24:10-11; Wahyu 2:5, 12- 19; 3:1-6,14-16). Yang dimaksudkan oleh Yesus ialah bahwa sekalipun iblis berusaha sekuat-kuatnya untuk menghancurkan gereja, terjadinya kemurtadan antara orang percaya, gereja menjadi suam-suam kuku, dan guru palsu menyusup ke dalam Kerajaan Allah, gereja tidak akan dibinasakan. Dengan kasih karuniaNya, Allah senantiasa akan memiliki sekelompok orang percaya, yang tetap setia kepada Injil Kristus yang asli dan rasul-rasul, dan yang mengalami persekutuanNya, serta kuasa Roh Kudus. Sebagai umat Allah yang sejati, kelompok ini akan menunjukkan kuasa kerajaan dari Roh Kudus melawan iblis, dosa, penyakit, dunia, dan kuasa-kuasa kegelapan.

 

*#1. Jelaskan pengertian dari alam maut dan kuasa maut!*

 

*Walau pun kita sudah lahir baru dan Roh Kudus  ada dan bekerja di dalam kita, namun kita masih tinggal dalam tubuh maut, tubuh yang sementara dan fana. Kuasa dosa dari alam maut masih terus-menerus berusaha mendatangi tubuh maut ini dan bekerja dalam segala aspek kehidupan kita (ekonomi, bisnis, pekerjaan, masalah keluarga, masalah hubungan),  lewat panca-idera dan anggota-anggota tubuh kita (itu sebabnya kita harus menyerahkan anggota-anggota tubuh kita kepada Kristus Rom 6:13). Jalan lainnya adalah lewat makanan dan gaya hidup kita.*  Intinya adalah: *Alam maut bekerja berdasarkan fakta-fakta lahiriah yang kita lihat, dengar dan rasakan. Akan semakin intens serangan alam maut, jika pikiran kita fokus hal lahiriah, membuat kita takut dan khawatir.*  Apa yang sedang terjadi di sekitar kita bisa membuat kita tertekan, terteror dan terintimidasi untuk menjadikan JIWA dan MENTALITAS kita lemah, merasa kecil, merasa terpinggirkan, kesepian dan seterusnya.

 

*#2. Jika Roh Kudus menyertai hidup kita selama-lamanya bahkan alam maut  tidak berkuasa atas hidup kita, masih bolehkah kita hidup kuatir, cemas, takut, sembarangan?*

 TIDAK SAMA SEKALI.  Harus dipahami  dulu bahwa PENYERTAAN TUHAN MELALUI ROH KUDUS *BUKAN untuk membuat kita KEBAL* dari KESUSAHAN, PENDERITAAN, SAKIT PENYAKIT dan berbagai PERISTIWA BURUK sebagai akibat dari PEKERJAAN ALAM MAUT. Mengapa? MAUT telah masuk ke BUMI mengambil supermasi dan kontrol atas hidup orang yang tidak percaya, sejak peristiwa kejatuhan manusia ke dalam dosa  di taman Eden.  

*Meskipun kita telah dibekali Roh Kudus sebagai jaminan keselamatan kita dan kecukupan hidup kita, namun pekerjaan alam maut menjangkau seluruh bumi ini.*  Contohnya adalah:  ketika Tuhan menghukum orang Mesir dengan berbagai tulah,  orang Israel yang tinggal di Gosyen terluput dari 9 tulah. Tapi ketika Tuhan mengirimkan pembinasa yang kesepuluh – yakni kematian anak-anak sulung – Gosyen tidak terluput dari tulah maut itu, kecuali mereka menyapukan darah anak domba Paskah pada  ambang atas dan pada kedua tiang pintu rumah mereka. (KEL 12:21-23). Jadi sebenarnya TUHAN TELAH MENYEDIAKAN JALAN. Itu CARA KITA terhindar dari pekerjaan alam maut, termasuk sakit penyakit, stress dan SELURUH penyediaan Tuhan melalui PEKERJAAN ROH KUDUS di DALAM kita.

 

YANG HARUS JADI PEGANGAN KITA ADALAH: *SEBELUM pembinasa itu menjalani seluruh tanah Mesir, TUHAN TELAH MENYIAPKAN UMAT-NYA LEBIH DULU, sehingga ALAM MAUT TIDAK DIBIARKAN MASUK KE DALAM RUMAH UMAT-NYA UNTUK MENULAHI. *Kita TELAH disiapkan dan diberikan Roh Kudus  untuk dapat menjalani dan beroperasi dengan ROH, maka kita akan terluput.*  

 

*#3. Apa bukti Roh Kudus menyertai hidup kita?*

Banyak orang Kristen salah memahami tujuan Tuhan mengaruniakan Roh Kudus. Dia MERASA TIDAK disertai TUHAN; sebab menganggap Roh Kudus hanya ALATNYA TUHAN. Dia pikir, Roh Kudus adalah KUASA  yang bertujuan HANYA MELAKUKAN MUJIZAT dan hal-hal yang supranatural.  Jadi kalau tidak terjadi mujizat  pada hidupnya, berarti Tuhan tidak menyertainya.  *Padahal Roh Kudus  adalah Pribadi Allah sendiri, yang selalu menyertainya, melindunginya dan meluruskan jalan-jalannya untuk membangun karakter Kristus di dalam dia dan untuk seluruh penyediaan kebutuhan kita (kekuatan, pengertian, hikmat, dlsb).  Jika belum merasakan penyertaan Tuhan, berarti ada sumbatan dari pihak kita.*

 

Jika pikiran kita makin diubahkan dan diselaraskan dengan kehendak Tuhan dan kita bertambah peka untuk semakin hidup dalam kebenaran itu tanda-tanda Roh Kudus menyertai hidup kita. Jika sekarang kita tidak mudah menyerah, padahal keadaan semakin sulit, itu penyertaan Tuhan. Jika kita lebih sabar, lebih rajin, lebih tekun, lebih jujur, lebih hati-hati, lebih menguasai diri; itu penyertaan Tuhan, bukan karena usia meningkat. Jika sekarang lebih memperhatikan perkara-perkara rohani, kita dapat memahami pengertian firman dan mendapatkan kebenaran, itu penyertaan Tuhan.  Jika kita masih ada di jalan Tuhan, terus terdorong melakukan kebenaran, walau pun peristiwa buruk menghantam kita, itu penyertaan Tuhan. Bukan untuk membanggakan integritas kita, tapi untuk lebih menunjukkan kasih kita kepada Tuhan tetap luntur, seperti emas murni. Integritas yang seperti Yusuf miliki sangat penting.

 

Penyertaan Tuhan adalah tersedianya anugerah, kasih-karunia, dan kuasa yang menyebabkan kita bertumbuh ke arah Tuhan dan memenangkan “peperangan” di  dalam dan di luar sana, sehingga kita menjalani hidup sehari-hari dengan kemenangan. Ini sebabnya kita berdoa, untuk tetap dalam aliran sungai air kehidupan, tidak ada sumbatan.

 

Tujuan Roh Kudus MEMIMPIN DAN MENYERTAI hidup kita BUKAN mengambil-alih kehendak bebas kita sebagai manusia, tapi justru *Ia memimpin kita kepada seluruh kebenaran dan MEMERDEKAKAN KITA DARI SISTEM DUNIA DAN PEKERJAAN ALAM MAUT. Roh Kebenaran itu memuliakan Yesus, karena oleh kebenaran kita, kita bisa mengalahkan alam maut yang mendatangi hidup kita dengan iman percaya di dalam Nama Yesus.*

 

Rasul Paulus mengingatkan: tiap-tiap orang harus memperhatikan cara ia membangun. Kita tidak boleh pasif dan pasrah dalam membangun manusia rohani kita. Jangan fokus kita teralihkan kepada hal-hal yang lahiriah. Material kita harus Firman yang murni dan motivasi yang murni, sehingga menjadi bangunan yang  kokoh,  tidak akan goyah.  ALAM MAUT TIDAK BERKUASA ATAS HIDUP KITA. Boleh terjadi goncangan, gempa bumi dahsyat, kebakaran, kebangkrutan, kesakitan bahkan kita mengalami KEMATIAN. Kita AKAN DAPAT MELEWATI semua dan mengatasi WAKTU-WAKTU dan peristiwa itu; TAPI KITA AKAN DIBANGKITKAN DALAM KEKEKALAN. Maut tidak berkuasa atas hidup kita.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman