SATE 2 Agustus 2020 - Gereja Adalah Mitra Tuhan Satu-satunya

Bacalah terlebih dahulu : Lukas 11:9-13 

Di dalam Lukas 11 dijelaskan bahwa ketika kita memiliki berbagai kebutuhan, kita harus memohon kepada Bapa di Sorga untuk memberikannya. Tetapi pertanyaannya, apa yang Bapa di Sorga berikan kepada kita? Bapa memberikan kita Roh Kudus. Dalam bahasa inggrisnya dikatakan bahwa “how much more shall your heavenly Father give the Holy Spirit (good gifts) to them that ask him?”. Apa hal yang lebih baik yang bisa diberikan Bapa selain Roh Kudus? Contohnya, jika seorang anak meminta kepada ayahnya uang 100 ribu, lalu ayahnya berkata, saya tidak akan memberikan 100 ribu tetapi akan kuberikan semua yang kumiliki yang berharga daripada yang lain. Dan seringkali inilah yang terjadi pada kehidupan orang Kristen dalam hal meminta kepada Tuhan untuk kebutuhan yang dilihatnya. 

*1. Apakah wajar bagi seorang anak (UIHOS) untuk meminta segala kebutuhan hidupnya kepada Bapa? Ungkapkan alasanmu!*

TIDAK. Karena seorang anak yang sudah dewasa rohani, seorang PUTRA Allah (huios) harus paham apa yang dimintanya,  apa yang masih kurang padanya. Permintaan kepada Bapa itu harus memiliki dasar yang kuat. Roh Kudus yang dikaruniakan kepada kita dapat melakukan perkara apa pun untuk kebutuhan hidup kita. Sekarang kita pikirkan secara terbalik. Jika kepada anak kita, kita sudah berikan SEMUA dan itu SUDAH termasuk yang PALING BERHARGA yang kita berikan; apakah pantas anak kita meminta yang lain lagi?


*#2. Mengapa Bapa memberikan Roh Kudus untuk menjawab segala kebutuhan anak-anakNya?*
 
Tuhan Yesus telah mengaruniakan dan memberikan SEMUANYA apa yang Bapa berikan kepada-Nya, termasuk Roh Kudus dan kemuliaan-Nya.  Intinya adalah bagaimana kita menggunakan semua yang Tuhan SUDAH berikan: terang-Nya, firman-Nya, kekuatan, pengertian, hikmat, damai sejahtera dan semua anggota  tubuh kita, termasuk kaki, tangan dan mulut kita ditambah  kepintaran, kecerdasan dan lain-lain  untuk kita bisa mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan kita, untuk hidup sehat, menciptakan kekayaan dan lain-lain. Jika kita arahkan semua sesuai dengan bimbingan dan kepemimpinan Roh Kudus, maka semua kebutuhan kita tercukupi dan bahkan melimpah.

*#3. Menurutmu apakah setiap orang yang meminta, kepadanya akan diberikan? Apa dasarnya?*

TERGANTUNG APA YANG KITA MINTA.  Ingat di sini JATIDIRI kita adalah huious, GEREJA yang SUDAH DEWASA. Di hadapan Tuhan  DAN TUJUAN YESUS MEMBANGUN GEREJA-Nya sebagai MITRA KERJA dengan satu tujuan MULIA yaitu untuk MENGENYAHKAN KUASA MAUT. 
Tentu dengan melawan maut dan mengalahkan kuasa maut. Mengapa mitra? DOSA itu yang MENYEBABKAN kita sakit, miskin, selalu kekurangan, khawatir takut dan akhirnya MAUT mendatangi kita.

Manusia diciptakan sebagai mahluk yang MULIA dimana setiap orang bisa menggunakan KEHENDAK BEBAS nya tanpa pengaruh setan atau pengaruh dari Tuhan – namun ketetapan hati kita yang membuat keputusan kita sendiri.  Jika kita menggunakan kehendak bebas itu bagi tujuan Tuhan MELALUI POLA KEMITRAAN, maka kita berada di pihak-Nya dan Tuhan berpihak kepada kita. Maka, berlaku firman Tuhan:  tubuh untuk Tuhan (bukan tujuan lain), Tuhan untuk tubuh (1 Kor 6:13). Tentu saja Tuhan akan  MENAMBAH-NAMBAHKAN  apa yang kita butuhkan untuk tubuh kita dan hidup kita.  

*Bagian kita sebagai mitra-Nya adalah MEMPOSISIKAN diri SELARAS dengan tujuan bersama itu.* Jika kita tidak bisa menghandel kebutuhan hidup  dari apa yang sudah disediakan-Nya, bagaimana kita bisa menjadi mitra-Nya?

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman