SATE 16 Agustus 2020 – GEREJA DALAM KUAT KUASANYA

Bacalah terlebih dahulu : Kisah Para Rasul 1:8, Efesus 6:10-20 


Kuasa ini berasal dari kata dunamai, yang artinya adalah sebagai berikut: a. To be able to do something (untuk dapat melakukan sesuatu). b. To be capable, strong, and powerful (menjadi mampu, kuat, dan berkuasa). Dinamo menggunakan prinsip elektromagnetisme untuk mengubah putaran mekanik menjadi listrik arus bolak-balik. Dinamis adalah penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan, dan sebagainya. Dinamit artinya adalah memberikan ledakan. Kuasa Roh Kudus dalam hidup kita dapat membuat kita dapat bergerak dengan cepat sehingga dapat memberikan ledakan. Gereja yang mengalami perubahan jati diri dari buluh yang terkulai menjadi bongkahan batu karang, yang dibangun di atas Yesus sebagai dasar, maka kita dapat menggunakan seluruh perlengkapan senjata Allah untuk dapat melawan semua skema dan strategi dan tipu daya iblis. Jadi, saudara-saudara, "Hendaklah kita kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya." 



*#1. Mengapa Paulus mengatakan gereja harus kuat?* 


Ef 6:10  Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.



Paulus berpesan: Akhirnya……. Apa pun keadaannya, di mana pun, kapan pun, siapa pun kita, berapa pun usia kita; SEBAGAI GEREJA, saudara dan saya HARUS KUAT.  Oleh KUASA dari Roh Kudus kita biar bagaimana pun dengan iman kita percaya  KEBENARAN dan NUBUAT YANG YESUS LEPASKAN ketika IA bersama para rasul di bumi ini: Di atas DASAR PERKATAAN YANG DISAMPAIKAN DARI BAPA DI SORGA melalui Petrus; AKU AKAN MENDIRIKAN GEREJA-KU dan ALAM MAUT TIDAK DAPAT MENGUASAI-NYA (Mat 16:18).


Kekuatan dan kuasa yang TERSEDIA oleh karena Roh Kudus  dan FIRMAN YANG BEKERJA DI DALAM KITA membuat kita KUAT, sanggup mematahkan segala siasat dan tipu daya iblis. 



*#2. Apa yang membuat gereja kuat?*


Karena Gereja BERSINERGI dengan Roh Kudus dan Firman.  Sinergi ini membuat  gereja bergerak dari kemenangan kepada kemenangan.  Ada JAMINAN dari Allah sendiri mengenai Firman-Nya PASTI BERHASIL.  

 

Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. Yes 55:11



*#3. Gereja kuat itu setiap saat atau sewaktu-waktu? Bagaimana jika suatu saat kita mengalami lemah dan tidak berdaya?*  


*Gereja SELALU KUAT setiap saat selama ia mengenakan jatidiri-nya.* Kodrat dari gereja adalah mitraNYA dan calon mempelai Kristus. Itu jatidiri yang harus dikenakan, bersama dengan jubah Kebenaran.

Karena itu kita harus kuat, jangan goyah dan berdiri teguh di atas dasar batu karang. 


*# Bagaimana jika suatu saat kita mengalami lemah dan tidak berdaya?*  


Kita selalu MEMBUTUHKAN PERSEKUTUAN dengan Roh Kudus, dengan saudara seiman dan dengan seorang sumber anugerah dalam hidup kita. Tidak boleh kita terlepas dari persekutuan.  Lot memisahkan diri dari persekutuan dengan Abraham. Esau melepaskan persekutuan dari Ishak.  Si bungsu yang terhilang, walau pun lari dari rumah, tidak pernah melepaskan persekutuan dengan bapanya. Ada perlindungan dan tudung keselamatan dari seorang sumber anugerah.


_Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam PERSEKUTUAN dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia._ 1 Kor 15:58

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman