SATE 19 Agustus 2020 – PERSIAPAN MENJELANG KEDATANGAN MEMPELAI KRISTUS

Bacalah terlebih dahulu: Matius 25:1-13 

Persiapan setiap orang berbeda-beda tetapi persamaannya kita ada dalam masa anugerah. Kita terus dibukakan pewahyuan tentang gereja yang memerintah, gereja yang dibangun di atas batu karang yang teguh dimana alam maut tidak bertahan atas kita. Tetapi secara real kita belum tahu gereja dimana alam maut tidak bisa bertahan atasnya. Dan mungkin kita ada di posisi menunggu kapan itu tergenapi? Sampai akhirnya kita pun merasa lelah dan tertidur. Apa yang sudah kita siapkan? 5 gadis yang bijaksana adalah orang-orang yang selalu mempersiapkan diri, maka ketika mempelai itu datang, kita bisa menyongsongnya. 5 gadis yang bodoh, mereka baru mempersiapkan diri mereka ketika waktu mempelai itu datang. Ketika mereka telah kembali pintu sudah tertutup. Mereka kehilangan masa anugerah. Bahkan pengantin laki-laki itu menjawab, “Aku tidak mengenal engkau!” Yang namanya kita percaya gereja yang Tuhan bangun maka itu menuntut respon dan aksi kita. Ini yang harus diubah dalam hidup kita. Ketika berbicara tentang masa anugerah dalam double decade of open heaven, maka kita harus menjadi orang yang selalu mempersiapkan diri.

 

*#1. APA YANG DILAKUKAN 5 GADIS BIJAKSANA DAN 5 GADIS BODOH KETIKA MENDENGAR SUARA BAHWA MEMPELAI ITU DATANG?*

Ke-10 gadis itu sama-sama tertidur; tetapi tahukan anda perbedaannya?  5 gadis bodoh tertidur karena lelah menunggu, tapi 5 gadis bijak lelah karena persiapan dan menunggu. Ketika mendengar suara bahwa mempelai datang, mereka bangun dan membereskan atau menyiapkan pelita mereka.

 

Membereskan pelita berarti MENYATAKAN atau MENAMPILKAN  JATIDIRI MEREKA YANG  ADA DI DALAM KRISTUS.  Yang harus ditampilkan adalah karakter Kristus pada wajah (ciri kehidupan Kristus di dalam mereka) mereka. Oleh karena 5 gadis bodoh tidak bisa melihat wajah mereka sendiri dengan jelas  – mereka berkata: pelita kami hampir padam, karena kurang minyak.

 

Sedang pada wajah ke5 gadis bijak itu nampak terang kemuliaan Kristus. Terang itu memancar dari dalam roh mereka, karena api kemuliaan Roh Kudus.  Minyak itu bicara tentang  roh dan kehidupan rohani seseorang yang bersumber dari Roh Kudus.  

 

*#2. MENGAPA SETELAH 5 GADIS YANG BODOH KEMBALI MENCARI MINYAK, PINTU TIDAK DIBUKAKAN BAHKAN DIKATAKAN TUAN TERSEBUT BAHWA IA TIDAK MENGENAL MEREKA?*

Selain mereka terlambat datang dan pintu anugerah sudah ditutup, Tuan tersebut berkata bahwa IA tidak mengenal mereka, sebab tidak nampak ciri karakter Kristus pada wajah-wajah ke5 gadis bodoh yang  mirip dengan karakter Kristus. Dari celah pintu Tuan itu tidak melihat cahaya kemuliaan dari ke5 gadis bodoh itu, walau pun keadaan di luar sana gelap sekali.

_1 Yohanes 3:2 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, TETAPI BELUM NYATA APA KEADAAN KITA KELAK; akan TETAPI kita tahu, bahwa APABILA KRISTUS MENYATAKAN diri-Nya, KITA AKAN MENJADI SAMA SEPERTI DIA, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya._

 

*#3. BAGAIMANA PERSIAPAN YANG HARUS KITA LAKUKAN SAMPAI KITA SIAP SAAT KEDATANGAN-NYA?*

 

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya membayangkan kembali cerita si orang kaya dan Lazarus yang gembel. Dia mendengarkan firman yang disampaikan Lazarus, memperhatikan firman dan percaya firman yang disampaikan, tapi dia tidak mau memakai dan mengaplikasikan firman itu buat hidupnya. Ia kenal bapa Abraham dan tokoh-tokoh Alkitab lainnya. Hanya, ia takut jika sampai menjadi seperti Lazarus yang miskin dan melarat.  Ini membuatnya PASIF dan HANYA MAU MENIKMATI APA YANG MENURUTNYA BAIK. Pasif artinya tidak berusaha meminta Tuhan, mencari dan mengetuk pintu sorga untuk apa yang dibutuhkan bagi perjalanan rohani nya.

 

Jika diadakan survey kepada 100 orang jemaat untuk memilih 1 di antara 2: di posisi mana Anda pilih, apakah mau menjadi Lazarus atau si orang kaya? Pasti terjadi kebingungan, sebab orang terjebak pada LOGIKA pertanyaan itu:  Tidak mau miskin, tapi mau masuk sorga. Mau kaya,  tapi tidak mau masuk neraka.

 

Masalahnya bukan pada logika pertanyaan itu, tapi ini tentang HIDUP YANG KEKAL. Masalahnya adalah MAUKAH KITA MEMPERSIAPKAN DIRI dalam keadaan apa pun. Jangan sampai kita terjebak kekayaan atau kemiskinan.  *Jangan teralihkan oleh keadaan lahiriah kita dan  PATAHKAN KUK INI (kemalasan dan kepasifan).  BERESKAN PELITA kita DALAM MASA ANUGERAH INI dengan menggunakan seluruh perlengkapan yang ada, yang Tuhan telah anugerahkan, terutama Roh Kudus dan Firman-Nya. TERUS ALAMI UPGRADE DAN UPDATE dengan TERHUBUNG kepada ROH dan Firman.  Terus naik dalam pengenalan dan takut akan Tuhan.*

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman