SATE 20 Agustus 2020

Bacalah terlebih dahulu : Lukas 12:35-48 Yesus mengatakan kepada murid-muridNya bahwa pelita mereka tetap menyala. Inilah yang dinamakan “Pekerjaan Roh Kudus dalam hidup kita itu terus menyala.” Kita alami pergeseran karena pekerjaan Roh Kudus yang terus aktif dalam hidup kita. Bagaimana supaya Roh Kudus dapat bergerak sebebas-bebasnya dalam hidup kita? Matikan setiap keinginan daging kita. Marilah kita menjadi orang yang selalu mempersiapkan diri.

 

*#1. JELASKAN HUBUNGAN MINYAK, PERSEDIAAN, DAN ROH KUDUS!*

 

*Minyak diperlukan untuk terus menyalakan API roh kita, supaya tidak padam. Ada kalanya kita mengalami keletihan dalam perjalanan dan hidup kita; namun api itu tidak boleh dibiarkan padam, oleh karena itu kita membutuhkan persediaan minyak ekstra. (1 Tesalonika 5:19, Im 6:12)*.

Melalui kerjasama dengan Roh Kudus kita memperoleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib untuk SEMUA KEBUTUHAN dan PERBEKALAN kita dalam perjalanan rohani.  Roh Kudus memperkuat  dan bekerja sama dengan roh kita (dengan “r” kecil)  supaya roh kita itu berkuasa, menguasai jiwa kita yang terdiri dari kehendak dan pikiran kita. Roh yang berkuasa berarti untuk menyelaraskan pikiran kita dengan kehendak dan keputusan roh kita.

 

*#2. SUPAYA PELITA ITU TETAP MENYALA MAKA HARUS SELALU ADA MINYAK. UNTUK MINYAK SELALU ADA, MAKA: *

*a. Apa yang perlu diubah dalam hidup kita?*

Yang terutama harus diubahkan adalah SIKAP IMAN kita. Iman harus AKTIF, diekpresikan dengan perbuatan.

 

*b. Apa yang masih kurang dalam hidup kita? *

Kita kurang bercermin dan merefleksi  diri kita, sehingga nampak apa yang menjadi kekurangan kita. Daud membuka hatinya dan jiwanya.

Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; Mazmur 139:23

Bagaimana kita merefleksi diri? Dengan selalu mengaitkan firman dan kebenarannya dengan diri kita, apa yang ada dalam pikiran dan hati kita; supaya kita koreksi dan perbaiki serta menyelaraskan diri dengan kebenaran-Nya itu.

 

*c. Apa yang perlu ditingkatkan?*

Yang perlu ditingkatkan adalah KEGAIRAHAN, KETEKUNAN dan KEGIGIHAN kita dalam mendapatkan KASIH KARUNIA OLEH PENGENALAN KITA AKAN YESUS KRISTUS lewat firman-Nya, sebab ini menyangkut seluruh HIDUP kita dan hari-hari yang kita lalui.  

_2 Pet 3:18  Tetapi BERTUMBUHLAH DALAM KASIH KARUNIA DAN DALAM PENGENALAN AKAN TUHAN DAN JURUSELAMAT KITA, YESUS KRISTUS. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya._

 

KASIH KARUNIA dan PENGENALAN AKAN TUHAN, itu berguna, mengandung KUASA dan KEMULIAAN; supaya hidup kita terpelihara seluruhnya:  ROH, JIWA DAN TUBUH kita; sampai pada garis akhir dan sampai kedatangan Yesus Kristus.

1. *Untuk hidup yang saleh, yaitu dengan roh dan iman kita mengekspresikan kehidupan ZOE kita, bukan lagi memanifestasikan kehidupan Bios dan Psuche. Dan ini harus dilatih terus.*

KARENA KUASA ILAHI-NYA TELAH MENGANUGERAHKAN KEPADA KITA SEGALA SESUATU YANG BERGUNA UNTUK HIDUP YANG SALEH OLEH PENGENALAN KITA AKAN DIA, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.  (2 Pet 1:3).

 

2. *Untuk mendapatkan pertolongan pada saat kita lemah dan sangat membutuhkan.*

_Ibr 4:16  Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian MENGHAMPIRI TAKHTA KASIH KARUNIA, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia UNTUK MENDAPAT PERTOLONGAN KITA PADA WAKTUNYA._

Di musim kering dan kelaparan karena perkataan Elia sendiri supaya tidak turun hujan bertahun-tahun, dia juga mengalami kelaparan, sedangkan dia harus menempuh perjalanan jauh. Namun Allah mengirimkan daging dan roti  “go food”  yang dikirim lewat “drone” burung gagak. Daging dan roti adalah makanan yang diambil dari rumah Bapa.  

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman