SATE 3 Agustus 2020 – PENGHARAPAN AKAN KEMERDEKAAN DARI KESIA-SIAAN

Bacalah terlebih dahulu : Lukas 11:9-13 dan Yohanes 14:12-17, Yohanes 15:26, Yohane 16:7 
*Ketika Bapa memberikan kita Yesus, Dia memberikan kepada kita hal yang terbaik (best of the best). Dan ketika Bapa memberikan kepada kita Roh Kudus, Bapa memberikan kita sisanya untuk menyempurkan apa hal terbaik yang pernah Bapa berikan yaitu Yesus*. Jadi ROH KUDUS ADALAH JAWABAN DARI SEGALA KEBUTUHAN KITA, Roh Kudus adalah jawaban dari segala doa-doa kita, kita tidak perlu lagi mencari jawaban di luar sana karena Roh Kuduslah jawabannya! Jadi jika kalian mau menerima janji-janji Tuhan dan ingin mujizat terjadi dalam hidup kita, kita WAJIB mengetahui bagaimana bermitra (partnership) dengan Roh Kudus. 

*#1. Peran Roh Kudus dalam Yohanes 14:16 adalah sebagai Penolong (Comforter, Parakletos). Siapakah yang meminta supaya Bapa memberikan Roh Kudus kepada kita? dan mengapa Yesus harus sampai memintanya kepada Bapa?*

Yesus meminta kepada Bapa, supaya orang-orang percaya diberikan Roh Kudus sebagai Penolong. Mengapa? Karena Yesus tau betul apa yang PALING DIBUTUHKAN untuk PEKERJAAN BAPA; yaitu:

BAPA melalui ROH KUDUS TERUS bekerja DI DALAM kita untuk MEMBANGUN. Pertama yang dibangun adalah MANUSIA ROH kita, supaya BERKUASA dan MEMERINTAH. Urutan komando pada unsur-unsur harus dikembalikan menurut roh(yang sudah dilahirkan baru),  jiwa (ketetapan dan keteguhan hati) dan tubuh.  Kedua: JATIDIRI di dalam JIWA kita harus dikembalikan sesuai TUJUAN penciptaan yakni SEGAMBAR dan SERUPA Allah. Ini adalah jatidiri ilahi sebagai tanda manusia adalah ciptaan yang paling mulia dari seluruh mahkluk yang lain. Ketiga: TUBUH dikembalikan perananNya untuk bekerja bagi TUJUAN Tuhan. Inilah arti MEMPERSEMBAHKAN TUBUH UNTUK TUHAN. Pada titik inilah TUHAN juga akan memelihara TUBUH KITA dan MENCUKUPI SEGALA MAKANAN dan KEBUTUHAN KITA, bahkan berlimpah; karena itu juga untuk kepentingan-Nya dan menjadi kehendak-Nya tanpa kita harus berdoa dan meminta lagi (1 Kor 6:13, Lukas 12:30). 


Kita dipimpin dan diarahkan ROH KUDUS supaya kita dapat MENJADI MITRA KERJA ALLAH DI BUMI, yang selaras dengan KEHENDAK BAPA. Inilah yang menjadi PANGGILAN-NYA bagi kita SEMUA. Dia BEKERJA melalui KITA untuk MENJALANI KEHIDUPAN YANG KEKAL di BUMI seperti di sorga.  Berjalan bersama Yesus Kristus, menikmati hari-hari seperti di taman Eden di bumi ini, bukan di sorga. "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." Kej 1:28. Inilah arti MEMERINTAH BERSAMA TUHAN DI BUMI. Masih ada perkawinan, masih ada anak-anak dilahirkan, sambil menikmati semua berkat-Nya, damai-sejahtera dan sukacita dalam kemenangan. Tidak ada kematian, tidak ada sakit dan dukacita. Tidak ada lagi dosa dan maut.

*#2. Yesus meminta supaya Roh Kudus itu dapat tinggal selamanya dalam hidup kita (secara permanen). Lalu mengapa dunia tidak bisa menerimaNya?*

DUNIA tidak bisa menerima-Nya karena tidak mengenal-Nya. Arti tidak MENGENAL banyak sekali, sehingga kita dapat menyimpulkan sendiri, tapi yang terutama adalah:

DUNIA TIDAK MENGENAL SIAPA JATIDIRI-nya SENDIRI karena TIRAI masih MENUTUP mata rohani dan hati nurani mereka. Jadi mereka terus mencari dengan meraba-raba seperti orang buta dan memakai PENGERTIAN SENDIRI untuk BERTAHAN HIDUP. Bertahan DARI DOSA DAN MAUT, juga bertahan dari KEMEROSOTAN sebab seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan (kebalikan dari hidup kekal, baca Roma 8:19,20).

DUNIA TIDAK TAU ASAL-USUL-nya sendiri darimana ia berasal; tidak tau TUJUAN HIDUP-nya; dan tidak tau apa yang sedang dilakukan-nya atau apa yang sebenaranya SEDANG DIHADAPI, sehingga tanpa tujuan dia berputar-putar pada soal kebutuhan hidup dan mencoba bertahan dari maut dengan segala usahanya yang sia-sia.

Meski pun 2 hal buruk tadi, secara naluri DUNIA ADA DALAM PENGHARAPAN KEMERDEKAAN. _19 Sebab dengan sangat rindu SELURUH MAKHLUK MENANTIKAN saat anak-anak Allah dinyatakan. 21  tetapi DALAM PENGHARAPAN, karena makhluk itu sendiri juga AKAN DIMERDEKAKAN DARI PERBUDAKAN KEBINASAAN DAN MASUK KE DALAM KEMERDEKAAN KEMULIAAN anak-anak Allah. (Roma 8:19,21). Secara insting dunia tau, kemuliaan itu telah hilang dari dirinya dan harus ada penolong yang lain, yakni ANAK-ANAK ALLAH (GEREJA) supaya mereka juga dimerdekakan dari KESIA-SIAAN dan dibawa kepada KEMULIAAN. Amin.


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman