SATE 6 Agustus 2020 - DOUBLE DECADES UNTUK MEMASUKI ZAMAN BARU

Bacalah terlebih dahulu : Kis 1:8, Kis 7:8-10, Lukas 1:35, dan Lukas 1:26-30

Beberapa hari ke depan kita akan melihat tahapan-tahapan Roh Kudus. 

Orang yang dikuasai oleh Roh adalah orang yang dipakai Tuhan di dalam agenda demi agendaNya ke depan. Dan untuk sampai ke level itu maka ada beberapa tahapan yang kita harus lewati, diantaranya adalah:
ROH KUDUS DATANG. (Kisah Para Rasul 1:8) Roh Kudus itu turun ke atas para murid, di dalam bahasa aslinya  dikatakan ‘eperchomai’, hal ini berbeda dari Roh Kudus turun atas Yesus, ditulis dalam bahasa aslinya digunakan kata ‘katabaino’, dan ini merupakan dasar kata yang berbeda total. Sedangkan dalam Lukas 1:35, Maria mengalami hal yang sama, yaitu dikatakan Roh Kudus datang atas dirinya, ini, hal ini sangat penting karena ini seperti proses no 0 dari proses dari Roh Kudus di atas, ini adalah porsi dari Allah untuk membuat Roh Kudus ini datang, ini tahapan yang penting karena tanpa tahapan ini maka tidak ada lagi tahapan-tahapan berikutnya. 

*#1. Apa yang menyebabkan Roh Kudus mendatangi hidup manusia?*
Roh Kudus dikaruniakan kepada orang percaya dan orang yang dipercaya dan berkenan kepada Allah yang menyediakan dirinya sebagai mitra Allah demi tujuan Allah dan agenda Nya di bumi. 

*#2. Roh Kudus tidak datang kepada setiap orang tetapi hanya kepada orang yang mendapatkan “charis” di hadapanNya. Bagaimana Maria bisa mendapatkan “charis” di hadapanNya?*

Maria hidup benar, memiliki hati dan motivasi yang murni dan menerima perkenanan (favor) Allah. 

*#3. Bagaimana Abraham bisa memperanak (begot) Ishak, Ishak begot Yakub dan Yakub begot kedua belas suku Israel?*
Abraham telah dipanggil Allah KELUAR dari negerinya, dari sanak saudaranya dan dari rumah bapa jasmaninya, supaya DIPISAHKAN, dikuduskan KELUAR DARI FAKTOR LAHIRIAH (JIWANI, menurut kemauan sendiri, pengertian sendiri saja, kehidupan yang SELF-CENTERED). Jadi dari DALAM TUBUH ABRAHAM bisa MELAHIRKAN KETURUNAN (BEGOT) YANG ROHANI. 

Lalu di rumah rohaninya Abraham diterapkan pola pembapaan  di mana ada ikat-janji (covenant) dalam hubungan bapa-anak, sehingga janji-janji Allah kepada Abraham bisa dipenuhi pada keturunannya juga untuk menerima berkat-berkatNya, benih ilahi dan benih Kerajaan. 

Ishak dididik dan disiapkan dengan pola rumah (pola keluarga rohani), sehingga Ishak terbangun menjadi putra yang taat dan mau berkorban. Begitulah Abraham begot Ishak. 

Ishak membangun Yakub menurut pola rumah, pola pembapaan (mentoring), sehingga Yakub bisa MEWARISI apa yang terbangun di dalam Ishak dan apa yang diterimanya dari Abraham. Ishak mempunyai panggilan menyiapkan Yakub harus disiapkan Ishak untuk dapat *MELAHIRKAN SATU BANGSA yang sudah dipilihNya dan ditetapkanNya  sendiri (elect)*. Demikianlah Ishak begot Yakub. 
*Allah selalu menyertai Yakub dan ALLAH terus meluruskan jalannya selama 20 tahun di bawah sorga terbuka (double decade of open heaven)* - karena sejak dari kandungan sudah tumbuh benih "Esau" yang bertolak belakang dengan benihnya Allah. Yakub memperoleh 12 keturunan yang menjadi 12 suku bangsa Israel.  Demikianlah Yakub begot 12suku Israel.
Dan dari 12 benih, hanya 1 benih yang menerima karunia untuk melahirkan Messias - yaitu Yehuda. 

*Sekarang Perhatikan AGENDA TUHAN: butuh 3 masa (Abraham, Ishak, Yakub) untuk melahirkan Israel. Kita telah melewati 3 masa juga (Perjanjian Lama, PB dan zaman Gereja).* Sekarang kita sedang menjalani double decades of open heaven, KITA TELAH TERPILIH (elected seperti Yakub) MENJADI BANGSA YANG KUDUS, IMAMAT YANG RAJANI, MILIK KEPUNYAAN ALLAH SENDIRI (1 Pet 2:9). INILAH JATIDIRI KITA SEBENARNYA DI DALAM KRISTUS. *Moga-moga kita semua dapat mencapai garis akhir, mendapatkan favor untuk beralih dan memasuki zaman yang baru, zaman Kerajaan (zaman Kebenaran, damai sejahtera dan sukacita OLEH ROH KUDUS). Amin.*



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman