SATE 18 Agutus 2020 - JANGAN BIARKAN SAMPAI ROHMU PADAM

Bacalah terlebih dahulu : Matius 25:1-13

Kita dibawa Roh Kudus untuk mengalami pergeseran atau “come up”. Papa dan Mum selalu mengupgrade hidup kita untuk terus mendengar Firman dengan benar, merenungkannya dan menjadi pelaku Firman. Ada perubahan sikap yang jelas terlihat. Harus terukur dan jelas waktunya. Apakah kita merasakan hal tersebut? Tahun ini adalah masa anugerah dalam hidup kita. Berbicara “masa” berarti ini berbicara tentang "waktu." Berbicara tentang waktu maka itu berbicara tentang “persiapan”. Hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. Jadi ini adalah perumpaan tentang 5 gadis-gadis yang bijaksana dan 5 gadisgadis yang bodoh.

 

*#1. Tuliskan persamaan dari 10 gadis tersebut!*

Mereka adalah sama-sama anak Tuhan. Sudah mengalami lahir baru.  Sudah mengalami kasih-setia Tuhan. Dapat membedakan yang benar dan yang salah. Tau bagaimana berdoa, memuji dan menyembah Tuhan.  Tidak kurangnya pengetahuan akan firman kebenaran. Sama-sama menantikan kedatang Yesus.  Sama-sama beribadah di gereja.

 

*#2. TULISKAN PERBEDAAN DARI 10 GADIS TERSEBUT!*

 

*Ada perbedaan mendasar dari gadis bijak dan bodoh; yaitu DASAR dari BANGUNAN dan CARA MEMBANGUN diri mereka. Ada 2 macam SPIRIT yang nyaris mirip, spirit Kristus dan spirit kekristenan.*  Sejak Yohanes Pembaptis HINGGA SEKARANG KERAJAAN SORGA DISERONG orang  dan banyak yang coba untuk mengagahinya demi kepentingan si jahat dan dirinya sendiri (Mat 11:12, Luk 16:16).  

 

Dari Anti-okhia lah orang-orang percaya disebut atau dinamakan oleh orang-orang di sana sebagai orang Kristen. Ada spirit yang tidak benar bekerja di jemaat Antiokhia yang mencoba menghidupkan *ajaran Yudaisme (ajaran lama, hidup yang lama, hidup lahiriah) dan mencampurkannya dengan ajaran Kristus menjadi spirit kekristenan.* Mereka orang-orang Yahudi golongan Yakobus yang menjadi orang percaya, mencoba menerapkan pengajaran lama memaksakan SUNAT LAHIRIAH.  Spirit itu bekerja luarbiasa menimbulkan KEMUNAFIKAN.  Kenapa luarbiasa? Karena spirit itu berhasil memerangkap Kefas atau rasul Petrus ke dalam kebingungan.  Sebab itu rasul Paulus terang-terangan menentang Kefas, sebab ia salah (Gal 2:11-14).  Barnabas pun ikut terseret dalam kemunafikan itu. Sejak itu rasul Paulus tidak lagi lagi SEJALAN dengan Barnabas.

1. *Gadis-gadis bijak dibangun dan membangun diri di atas dasar PENGAJARAN PARA RASUL(Kis 2:42) dengan  satu topik: INJIL KERAJAAN.  Gadis-gadis bodoh dibangun dan membangun diri di atas dasar pengajaran spirit kekristenan, dengan banyak topik: Injil Keselamatan, Injil Berkat, Injil koinonia dan lain-lain.*

 

2. *Gadis-gadis bijak  membangun dirinya dengan mengandalkan ROH KUDUS dan Firman Injil Kerajaan;  gadis-gadis bodoh mengandalkan firman injil-injil yang mereka percaya dan kurang (membatasi) atau tidak mengandalkan Roh Kudus. Karena itu yang menjadi topik utama di sini adalah kurangnya persediaan MINYAK.*

 

Kalau saudara pelajari benar-benar, banyak sekali catatan buruk mengenai kekristenan di Anti-okhia: orang-orang Yahudi itu menghasut mereka yang takut akan Allah, lalu menganiaya Paulus dan Barnabas (Kis 13:50); para penyesat datang dari Yudea (Kis 15:1); perselisihan Paulus dan Barnabas (Kis 15:35)

*Banyak nabi,rasul dan para pengajar berkumpul dan pernah tinggal di jemaat Antiokhia;  banyak kejadian di sana, tetapi* jemaat Antiokhia tidak ada disebutkan dalam kitab Wahyu. Antiokhia tidak termasuk bilangan ketujuh jemaat dalam Wahyu 1:11. *Antiokhia tidak diakui Tuhan Yesus sebagai jemaat-Nya. Antiokhia tidak pernah dimenangkan oleh karena pemikiran dan kebenaran mereka sendiri.*

 

Kalau kita pelajari lebih jauh, spirit ini terkait erat dengan spirit Amon dan Moab, yang adalah keturunan Lot dari anak-anaknya sendiri. Mereka disebut entah anak Lot, entah cucu Lot karena dilahirkan dari hubungan incest (perkawinan sedarah). Inilah spirit kebingungan dan kemunafikan. Amon dan Moab menjadi musuh Tuhan. Kita harus dapat MEMATAHKAN KUK ini seperti Rut yang berasal dari suku Moab.

 

Nikolaus yang tercatat di Kis 6:5  berasal dari Antiokhia, tetapi *pengajarannya dan perbuatan pengikuti-pengikutnya kemudian secara khusus disebutkan di Wahyu 2:6 dan Wahyu 2:15 telah menjadi musuh Tuhan yang dibenci oleh-Nya.* Nikolaus ini rupanya juga pernah melayani jemaat Efesus dan jemaat Pergamus.

 

*#3. BAGAIMANA SUPAYA MINYAK DALAM HIDUP KITA ITU SELALU ADA?*

 

*Minyak  tidak lain berbicara mengenai ROH KUDUS dan roh kita. Jika sampai PELITA roh kita padam, artinya Roh Kudus undur dari kita seperti dari raja Saul. Tidak lain kita harus bergaul karib dengan Roh Kudus dan mengandalkan Roh Kudus sebagai Roh Kebenaran; bukan dari pemikiran dan kebenaran kita sendiri.*

_Imamat 6:13  Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam._

Jangan ada hal-hal  lain yang “terbaik” mengalihkan kita. Ketika Adam-Hawa jatuh dalam dosa, mereka mengalami hal-hal yang paling baik dalam kehidupan ragawi-jiwani mereka (soulish living). Mereka seperti orang kaya dengan Lazarus; di mana si kaya selalu menikmati hidup yang terbaik. Jadilah Maria yang mengambil posisi di kaki Yesus, daripada Marta yang sibuk terus melayani Tuhan, karena sebenarnya Marta melayani “aku”-nya (Luk 10:4). 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman