SATE 7 Agustus 2020 ROH KUDUS TURUN (katabaino)

Bacalah terlebih dahulu : Lukas 3:21-22 dan Markus 1:9 ROH KUDUS TURUN (Lukas 3:21-22)


Ketika Yesus selesai dibaptis maka dikatakan terbukalah langit dan dikatakan Roh Kudus turun (katabaino)  atas Yesus. Mengapa Roh Kudus turun kepada Yesus? Markus 1:9 membahas lebih jelas dikatakan “..Yesus dari Nazaret di tanah Galilea...” Yesus yang tinggal, hidup dan sudah dibentuk dari dalam rumah oleh didikan Yusuf dan Maria dapat membuat Roh Kudus itu turun atasNya. Arti dari Roh Kudus turun ini artinya jalan  sudah terbentuk dan Roh Kudus sudah menemukan tempat mendarat dalam diri seseorang. Setelah Roh Kudus turun atas diri Yesus, setelahnya terdengar firman yang dikatakan oleh Bapa, artinya Roh ini selalu bersama-sama dengan firman dan Roh ini sudah mendapatkan tempat artinya Yesus mendapatkan perkenanan karena Dia sudah terbukti dan siap karena sudah dibentuk secara penuh di  dalam rumah rohani. Tanpa pembentukan dari dalam rumah secara utuh, dan hidup tunduk di bawah otoritas sumber anugerah maka Roh Kudus tidak turun (katabaino)  atas hidup kita. 


*#1. Apakah yang dimaksud dengan pembetukan dalam rumah?*


Seseorang dibentuk dalam rumah rohani dengan ikat-janji (covenant) dengan seorang bapa rohani (mentor) yang menjadi sumber anugerahnya dimaksud untuk dipersiapkan, didisiplinkan, ditegur, diarahkan, mengikuti teladannya untuk bertumbuh dalam pengenalan penuh akan Tuhan dan naik terus posisi rohaninya (stature, bukan naik status / jabatan) supaya mendapatkan perkenanan Allah dan manusia, menjadi BERGUNA BAGI KERAJAAN-NYA. 


*#2. Apakah seseorang bisa mengalami pembetukan di luar rumah?*


TIDAK MUNGKIN. Karena dalam rumah yang besar banyak terdapat perabot, untuk dipakai bagi tujuan yang mulia dan kurang mulia. Jadi hanya orang yang dalam rumah saja yang bisa dibentuk menjadi alatNya TUHAN. 


Tongkat Kerajaan dan lambang pemerintahan Allah terbentuk di bumi ini di dalam kemah (rumah rohani) Yehuda. Yesus Kristus adalah Singa dari suku Yehuda. Tahta Daud menjadi Tahta Allah (pujian dan penyembahan Daud) di Sion. Samuel lah yang menjadi sumber anugerahnya Daud. Itulah rumah rohani. 


_2 Timotius 2:20 (TB)  Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia._


*#3. Apakah sikap yang harus dimiliki ketika kalian sadar bahwa sedang dibentuk dalam rumah?*


Kita harus bersikap taat, namun bukan berarti pasrah. Harus tetap aktif. Ketika melihat tempat yang ada air, sida-sida Ethiopia itu minta dibaptis oleh Filipus setelah ia mendapatkan pengertian akan kehendak Tuhan. Yesus bersikap progresif mengerjakan pekerjaan Bapa dan aggresif untuk melawan kuasa dosa dan maut yang bekerja pada orang banyak. 

Mengapa Yesus aktif dan progresif? Karena Dia hidup secara profetik untuk menggenapkan semua kehendak Bapa yang pernah dinubuatkan para nabi tentang Dia. 


Kita yang ada dalam rumah harus juga aktif BERSIKAP PROFETIK (menjadi generasi PENGGENAP firman) DAN APOSTOLIK (menerapkan pengajaran para rasul). 


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman