SATE - 17 Agustus 2020 BERSEPAKAT DENGAN PENGHARAPAN DAN KEHENDAK BAPA

Bacalah terlebih dahulu : Efesus 3:14-21

Roh Kudus adalah satu Pribadi yang diutus Bapa untuk menolong kita dalam segala kelemahan yang kita miliki. Karena kita tidak dapat menuruti segala perintah Tuhan tanpa bantuan Roh Kudus.

a) Kekudusan yang sejati selalu dihasilkan oleh Roh Kudus

b) Pertumbuhan yang sejati selalu terjadi oleh Roh Kudus

c) Kasih yang sejati selalu dikerjakan oleh Roh Kudus

d) Doa yang sejati selalu diprakarsai oleh Roh Kudus

e) Penyembahan yang sejati selalu terjadi melalui Roh Kudus.

Allah Bapa dan Tuhan Yesus tidak ada dalam dunia, tetapi Roh Kudus masih tinggal di dalam dunia bersama-sama gereja Tuhan. Kehadiran Roh Kudus menyatakan hadirat Allah yang Maha Kuasa. Kehadiran Roh Kudus selalu membawa perubahan yang positif dalam hidup kita. Ketika kita lemah, kehadiranNya menguatkan kita. Ketika kita sakit, kehadiranNya menyembuhkan kita. Ketika kita berbeban berat atau terikat, kehadiranNya membebaskan kita. Ketika kita berputus asa, kehadiranNya memberikan harapan baru. Sungguh luar biasa kuasa yang bekerja dalam hidup kita yang menguatkan, meneguhkan, membuat iman kita terus bertumbuh sehingga kita dapat memahami kasih Kristus.

 

*#1. Jelaskan seberapa besar peranan Roh Kudus dalam hidup kita yang dijelaskan Paulus?*

 

*Di sini, Paulus menjelaskan kita adalah keturunan – putra dan putri-Nya yang menerima namanya (nama yang diberikan Bapa). Kita dinamakan – diberi identitas baru sebagai putra-putri Allah (Ef 3:15).*

Dinamakan bukan sekedar mencantumkan dalam akta kelahiran, tapi ada spirit yang menyertai nama itu. Maka kita memberi nama kepada anak-anak kita disertai harapan dan doa.  Sebenarnya kita melepaskan spirit kita juga yang menyertai nama anak itu, supaya harapan kita terjadi kepadanya. Demikian juga Bapa memberikan spirit-Nya Kristus (Roh Kudus), harapan-Nya dan kasih-karuniaNya (tiap-tiap orang dalam Kristus diberikan kasih-karunia-Nya berbeda-beda), supaya kita menjadi saudara-saudara dari Yesus; memiliki karakter yang serupa dengan Kristus. Mengapa? Karena Dia telah melihat bukti bahwa manusia Yesus itu yang diutus-Nya ke bumi, telah menang dari dosa dan maut.  Ini seperti doa Allah Bapa buat kita.

 

*TIDAK ADA JAMINAN KITA SEMUA AKAN BERHASIL seperti yang diharapkan Bapa! Kenapa?* Yesus katakan, Gereja yang dibangunNya memang tidak dikuasai alam maut. Itu JAMINAN  DARI-NYA KEPADA GEREJA SECARA KORPORAT.

 

Tapi, IA JUGA TELAH MEMBERIKAN KUNCI-KUNCI KERAJAAN SORGA di TANGAN KITA – SECARA PRIBADI (sekali lagi ini adalah kasih-karuniaNya). Artinya DIA TIDAK LAGI MEMEGANG KUNCI ITU. Jika oleh perusahaan  (corporat) seseorang sudah diserahkan KUNCI, DIA YANG BERTANGGUNG-JAWAB atas KUNCI itu apa pun yang dilakukannya. Peranan Roh Kudus supaya kita dapat MEMEGANG DAN MEMAKAI KUNCI itu. Selanjutnya adalah KEPUTUSAN ADA PADA DIRI MASING-MASING.

 

_Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. Mat 16:19._

 

Ini yang Paulus doakan, supaya KITA memahami lebar, panjang dan tingginya KASIH KRISTUS. Kita yang  harus MEMAHAMI, harus aktif, sampai MENGENAL dan MENGALAMI DIMENSI KASIH KRISTUS itu. DIA DAPAT MELAKUKAN SEGALANYA MELAMPAUI PENGETAHUAN, PIKIRAN DAN DOA KITA.  HIDANGAN ITU SEMUA SUDAH TERSEDIA di ATAS MEJA. Maukah kita AMBIL dan MEMAKANNYA?  Maukah kita MEMAKAI KUNCI ITU  MEMBUKA PINTU BAGI-NYA DAN MAKAN BERSAMA DIA?

 

Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; *JIKALAU ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.* Wah 3:20

 

Ternyata, peranan Roh Kudus kita (ORANG) yang batasi seberapa jauh Ia masuk. Ruang-ruang di HATI (batin, ay 16) itu harus kita buka seluruhnya bagi Roh Kudus, sehingga Dia bisa bekerja sebebas-bebasnya di dalam kita, sehingga kita mengalami pertumbuhan ke arah Kristus. Itu satu-satunya cara menggunakan kunci sorga yang ada di tangan kita. Kalo kita simpan saja, kunci itu tidak akan berguna. Kita harus melatih otot roh kita, menjadi kuat dan perkasa, supaya ada kekuatan dan keteguhan hati memegang dan memakai kunci itu.

 

*#2. Bagaimana bentuk ucapan syukur kita atas "Penolong" yang diutus Bapa dalam hidup kita?*

*Kita bersyukur dengan sujud di hadapan Bapa sorgawi; dan kita mengakui, menghormati keberadaan Bapa yang telah mengakui kita, mengadopsi kita sebagai keturunanNya* – putra dan putri-Nya.  Kita *bersyukur dan bersukacita atas nama yang diberikan Bapa* kepada kita. Nama kita tercatat dalam kitab kehidupan. *Kita SEPAKAT DENGAN BAPA, berjanji akan mengenakan terus identitas kita yang baru, sebagai CIPTAAN BARU.* Kita mau selalu dengar-dengaran apa yang dikatakan Roh sebagai Penolong hidup kita dan menetapkan hati dan pikiran kita untuk mengambil langkah-langkah untuk menyelaraskan diri dengan kehendak Bapa, sebagai anakNya.

 

Kita mau memenuhi pengharapan Bapa bagi kita dengan identitas baru itu untuk membawa dan *MENJADI PENGHARAPAN AKAN KEMULIAAN yang dinantikan seluruh mahluk untuk turut mengalami kemerdekaan dari perbudakan dosa dan kebinasaan ketika jatidiri kita dinyatakan* (Rom 8:19,20); oleh karena *kita mau dibentuk dan dijadikan oleh Roh Kudus dan Firman untuk memiliki karakter dan kepribadian Kristus. Itu menjadi kemuliaan dalam jemaat, yang disebut gerejaNya.* (ayat 21; Kol 1:27).

 

_Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan MENGAKU NAMANYA di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya._ Wah 3:5

 

_Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya TERTULIS NAMA BARU, yang tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya._ Wah 2:17.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman